Pencarian populer

Rekomendasi Sate Ayam Legendaris di Jakarta untuk Santap Malam

Ilustrasi sate ayam (Foto: Instagram/ @saterspp_pondokkelapa)

Terdiri dari potongan daging yang ditusuk lalu dibakar hingga matang, sajian sate menjadi salah satu jenis makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Bisa dibilang, makanan yang sudah ada sejak abad ke-19 itu telah menjadi hidangan Nusantara, walau asal usul sebenarnya pun masih belum diketahui dengan jelas.

Di Indonesia sendiri, hidangan sate terdiri dari banyak jenis, mulai dari sate ayam, sate kambing, sate sapi, hingga sate babi. Dan, di antara sekian banyak varian sate, sate ayam lah yang paling banyak disukai.

Ya, dibanding dengan jenis sate lainnya, sate ayam memang cenderung bisa diterima oleh siapa saja, dan kerap jadi alternatif bagi mereka yang kurang menyukai daging sapi atau kambing. Disajikan bersama siraman saus kacang dan potongan lontong nan lembut, hidangan ini dapat disantap kapan saja, untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Nah, bila sedang ingin menyantap hidangan sate ayam nan lezat, kamu bisa menyambangi warung sate ayam legendaris yang cita rasanya sudah tak diragukan lagi. Yuk, simak lima rekomendasi warung sate ayam legendaris yang ada di Jakarta yang telah kumparanFOOD rangkum berikut ini:

1. Sate Sabang Pak Heri

Loading Instagram...

Bila ingin menyambangi warung sate legendaris yang berlokasi di kawasan Menteng ini, bersiap-siaplah untuk antre panjang. Saus kacang dengan tekstur yang sedikit kasar namun bercita rasa gurih menjadi ciri khas dari sajian sate tersebut.

Tak hanya itu, bumbu satenya pun meresap hingga ke serat daging, sehingga sangat terasa saat pertama tercecap di lidah. Dan, bila bertandang kemari, jangan lupa untuk memesan sate kulit ayamnya yang juga jadi favorit.

Sate Sabang Pak Heri Jl. H. Agus Salim (Sabang), Central Jakarta Jam buka: 17.00 - 02.00 WIB

2. Sate Sambas

Loading Instagram...

Tak cuma menyajikan sate ayam nan empuk, Sate Sambas juga menawarkan aneka menu lain seperti jeroan, telur muda, dan dada ayam. Pilihan menunya yang beragam membuatnya banyak digemari orang. Selain itu, para pegiat makanan sehat dan olahragawan juga kerap berkunjung kemari untuk menyantap sate dada ayamnya yang disebut-sebut rendah kalori dan kaya protein.

Sate Sambas Jl. Sungai Sambas, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Jam buka: 17.00 - 00.00 WIB

3. Sate Apjay

Loading Instagram...

Telah berdiri sejak tahun 1971, Sate Apjay tak hanya dikenal dengan cita rasanya yang melegenda, namun juga harga sajiannya yang murah meriah. Ya, seporsi sate ayam di warung ini bisa kamu nikmati dengan harga Rp 26 ribu. Meski dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, namun tekstur daging ayamnya sangat padat.

Nah, bila tertarik ingin mencicipi sajian satenya yang khas, cermati terlebih dahulu kios yang akan kamu tuju karena banyak warung sate yang menggunakan embel-embel ‘Apjay’, sehingga tak sedikit yang terkecoh karenanya. Lokasi Sate Apjay yang orisinal terletak di seberang Apotek Century, dengan spanduk kuning bertuliskan Sate Apjay Pak H. Asmat.

Sate Apjay Jl. Panglima Polim IX No. 22, Dharmawangsa, Jakarta Jam buka: 17.00 - 01.00

4. Sate Ayam Kambing RSPP

Loading Instagram...

Berlokasi di depan RS Pusat Pertamina, warung sate yang satu ini sudah ada sejak tahun 1960-an dan tak pernah sepi pengunjung. Ciri khas pada Sate Ayam Kambing RSPP terletak pada potongan daging ayam tebal yang ditusuk selang seling bersama kulit ayam, sehingga membuatnya terasa gurih.

Selain itu, proses membakar satenya pun masih tradisional, yakni menggunakan kipas dan arang, sehingga bumbunya lebih meresap dan tingkat kematangannya lebih merata. Untuk dapat menikmati 10 tusuk sate ayam plus lontong, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 36 ribu.

Sate Ayam Kambing RSPP Jl. Kyai Maja No.21, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Jam buka: 10.00 - 22.00 WIB

5. Sate Lamongan Jaya Agung

Loading Instagram...

Racikan bumbu kacangnya yang begitu khas membuat antrean pengunjung di warung Sate Lamongan Jaya Agung tak pernah berhenti mengular. Apalagi, usaha warung sate tersebut memang sudah dirintis sejak tahun 1970, dan kepopulerannya sudah tersebar luas.

Menggunakan daging ayam tanpa campuran kulit atau lemak, tekstur dari hidangan sate ayamnya begitu empuk dan lembut. Disajikan bersama bumbu kacang, menghasilkan perpaduan rasa manis gurih yang nikmat. Selain sajian sate ayamnya yang melegenda, Sate Lamongan Jaya Agung juga menyediakan hidangan sate kambing, gulai, dan soto lamongan yang tak kalah tersohor.

Sate Lamongan Jaya Agung Jl. Wahid Hasyim No.56C, Jakarta Jam buka: 10.00 - 22.00

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60