Pencarian populer
12 Desember 2017 16:07 WIB
..
..

Resep Hari Ini: Kreasi Gingerbread House ala Hansel and Gretel

Kreasi rumah kue jahe ala Hansel and Gretel. (Foto: Pixabay)

Gingerbread atau kue jahe menjadi salah satu jenis kue kering yang tidak dapat dilewatkan saat Natal. Rasanya yang manis dan hangat di tenggorokan sangat cocok disantap saat udara dingin terutama di benua asal kue jahe, Eropa. Eropa dan dan Amerika telah lama menjadikan sajian kue jahe sebagai bagian dari tradisi menyambut hari Natal yang juga datang tepat saat musim dingin tiba.

Seiring berjalannya waktu, sekarang kue jahe telah mengalami banyak perubahan. Baik dari segi rasa maupun bentuk yang semakin bervariasi. Salah satu inovasi kue jahe yang banyak dibuat adalah rumah kue jahe.

Rumah kue terinspirasi dari dongeng anak-anak yang berasal dari Jerman berjudul Hansel and Gretel. Dongeng ini berkisah tentang sepasang kakak beradik bernama Hansel dan Gretel yang menemukan rumah yang terbuat dari kue jahe dan aneka permen milik seorang penyihir.

Loading Instagram...

Natal yang semakin dekat membuat banyak toko kue berlomba-lomba membuat kue jahe yang dibentuk seperti rumah untuk menarik pembeli. Namun kebanyakan kreasi rumah jahe dibanderol dengan harga yang lumayan menguras kantong. Sehingga kadang untuk membeli kue jahe berbentuk rumah tersebut harus berfikir dua kali.

Daripada membelinya, yuk buat kreasi rumah kue jahe sendiri di rumah. Meskipun kelihatannya rumit, ternyata membuat kreasi rumah kue jahe tidak terlalu susah, lho. Yang kamu butuhkan adalah beberapa alat sederhana dan kreativitas agar terbentuk rumah jahe dengan dekorasi menarik bak rumah di dongeng karya Grimm bersaudara tersebut.

Selain lezat, rumah kue jahe ini juga dapat mempercantik dekorasi pada perayaan Natal. Ini dia kreasi rumah kue jahe dilansir dari Everyday Food.

Bahan-bahan:

60 gram mentega tawar

60 gram gula merah

120 ml molases

1 butir telur ayam

1 sdt ekstrak vanila

3 cup atau sekitar 350 gram tepung terigu

1/2 sdt baking powder

3/4 sdt baking soda

1/4 sdt garam

2 sdt jahe bubuk

1 sdt kayu manis bubuk

1/2 sdt cengkeh bubuk

Icing Sugar untuk menghias dan merekatkan bagian kue kering.

Whipped cream hijau untuk sebagai hiasan

Aneka permen warna warni

Cara Membuat:

1. Campur mentega dan gula merah kemudian kocok sekitar satu menit atau sampai adonan menjadi lebih lembut. Setelah itu tambahkan molases, telur, dan vanilla kemudian Kocok kembali hingga rata. Molases adalah bahan kue yang terbuat dari sari pati tebu berwarna cokelat tua dengan tekstur yang sangat kental. Molases berfungsi untuk membuat kue terasa lebih chewy.

2. Di wadah terpisah, campur tepung terigu, baking powder, baking soda, garam, dan rempah-rempah bubuk. Aduk hingga semua adonan kering tercampur rata. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada tepung atau bahan lainnya yang menggumpal.

3. Campur semua bahan basah dan kering kemudian uleni sampai adonan benar-benar kalis. Untuk hasil yang benar-benar kalis, adonan dapat diaduk langsung menggunakan tangan.

3. Masukkan adonan yang telah kalis ke dalam lemari pendingin selama 1 jam. Pastikan adonan tidak terkena air dengan cara membungkusnya menggunakan plastic kedap udara. Fungsinya agar adonan lebih mudah dibentuk nantinya.

4. Giling adonan yang telah didinginkan. Agar tidak lengket, taburkan sedikit tepung terigu pada permukaan adonan. Jangan terlalu banyak menaburkan tepung supaya tekstur kue tidak berubah.

5. Buat cetakan kue sederhana menggunakan kertas yang tebal. Bentuk menyerupai bagian tembok, pagar, dan genteng rumah jahe. Pastikan cetakan yang digunakan benar-benar bersih. Potong adonan yang telah digiling menggunakan pemotong pizza sesuai dengan bentuk cetakan. Agar lebih mirip dengan rumah kue jahe, berikan tekstur-tekstur seperti kayu pada permukaan adonan yang telah dicetak.

6. Panggang selama 8 sampai 10 menit dengan suhu 180°C.

7. Setelah kue matang, lapisi permukaan kue dengan cokelat leleh agar warna kue lebih menarik.

8. Susun fondasi kue membentuk rumah seperti pada video. Rekatkan menggunakan icing sugar. Icing sugar juga dapat diganti menggunakan cokelat putih yang dilelehkan.

9. Hias dengan aneka permen sebagai dekorasi rumah jahe.

10. Agar lebih menarik dan menambah ramai dekorasi rumah jahe, buat pohon Natal dengan menggunakan cone es krim yang dihias dengan krim warna hijau dan permen mutiara warna-warni. Anda juga dapat berkreasi sesuka hati untuk mendekorasi rumah jahe agar terlihat lebih cantik dan menarik.

Rumah kue jahe siap disajikan untuk memeriahkan perayaan Natal keluarga.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: