Pencarian populer

Resep Hari Ini: Nasi Goreng Nanas Khas Thailand

Nasi goreng nanas khas Thailand (Foto: Instagram @on_ja13 & @annisarahmasuri)

Di antara banyaknya makanan Indonesia, nasi goreng adalah salah satu yang paling sering dibuat oleh sebagian besar keluarga Indonesia. Bahan-bahan yang mudah didapatkan serta waktu pembuatannya yang cepat membuat nasi goreng cocok dibuat di sela-sela waktu yang terbatas.

Meski bahan-bahannya sederhana, makanan yang cocok disantap saat sarapan atau makan malam ini memiliki citarasa yang luar biasa. Bahkan nasi goreng Indonesia dapat mengalahkan makanan lain seperti sushi, tom yam, lasagna, hingga pizza sebagai makanan terenak di dunia pada 2017 lalu.

Tidak hanya lezat, nasi goreng yang ditambahkan dengan aneka sayur, telur, atau daging dapat mengembalikan energi serta mencukupi kebutuhan nutrisi harian, seperti karbohidrat dan protein sehingga tubuh tidak gampang lemas.

Jika bosan dengan kreasi nasi goreng yang itu-itu saja, yuk, buat kreasi nasi goreng unik yang dicampur dengan nanas segar. Nasi goreng nanas ini merupakan kudapan khas Thailand yang selain mengenyangkan, juga sangat segar karena adanya tambahan nanas dan jeruk nipis.

Penasaran bagaimana membuatnya? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum resep nasi goreng nanas gurih khas Thailand yang akan membuat lidah bergoyang, seperti dilansir Tastemade.

Video

Bahan-bahan:

1 buah nanas

500 gram nasi dingin

200 gram daging ayam tanpa tulang, potong dadu

2 butir telur ayam, dikocok lepas

3 batang daun bawang, iris tipis

1 buah tomat ukuran besar dipotong dadu

1 sdm bawah putih cincang

2 buah cabai merah, cincang halus

60 gram kacang mete

1 buah jeruk nipis

1 sdt kecap ikan

1 sdt saus tiram

Minyak goreng secukupnya

Gula dan merica secukupnya

Cara membuat:

1. Belah nanas menjadi dua bagian dan ambil dagingnya. Potong-potong daging nanas seukuran dadu lalu sisihkan.

2. Tumis bawang putih, cabai, dan daun bawang menggunakan sedikit minyak goreng sampai baunya harum. Jika ingin nasi goreng bercitarasa pedas, dapat ditambahkan sedikit cabai bubuk atau cabai rawit yang diiris tipis.

3. Masukkan ayam ke dalam tumisan bawang dan cabai, lalu aduk hingga ayam matang serta berubah warna menjadi lebih pucat. Campur dengan telur yang telah dikocok lepas, kacang mete, dan tomat, kemudian orak-arik hingga telur matang. Setelah itu masukkan nasi dingin, kemudian aduk sampai rata dan nasi tidak menggumpal.

5. Tambahkan bumbu seperti gula, merica, kecap ikan, dan saus tiram untuk menambah rasa. Nasi goreng tidak perlu ditambahkan garam karena rasa asin sudah didapatkan dari campuran kecap ikan serta saus tiram.

6. Terakhir, masukkan potongan nanas dan aduk selama 4-5 menit, agar nanas tidak terlalu lembek. Jika suka, nasi goreng dapat ditambahkan dengan perasan jeruk nipis sehingga rasanya semakin segar.

7. Sajikan hangat di atas piring yang terbuat dari kulit nanas.

Agar lebih nikmat, nasi goreng nanas khas Thailand ini dapat dipadukan dengan seafood, kacang polong, atau sayuran. Atau kamu juga bisa berkreasi membuat nasi goreng nanas yang dipadukan dengan bahan makanan favorit di rumah. Selamat mencoba!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57