• 1

Sambut HUT ke-73 RI, Sailendra Restaurant Hadirkan Cita Rasa Nusantara

Sambut HUT ke-73 RI, Sailendra Restaurant Hadirkan Cita Rasa Nusantara


Menu Nusantara Sailendra Restaurant

Menu Nusantara Sailendra Restaurant (Foto: Dok. JW Marriott)
Momen HUT ke-73 RI tentu menjadi sesuatu yang tak boleh dilewatkan. Hari kemerdekaan Indonesia tersebut dirayakan oleh berbagai pihak, tak terkecuali restoran dan hotel. Ya, berbagai hotel dan restoran telah meluncurkan promo-promo khusus untuk memeriahkannya.
Salah satunya adalah Sailendra Restaurant. Berlokasi di area lobi hotel JW Marriot Jakarta, Sailendra Restaurant menawarkan berbagai macam menu buffet atau prasmanan yang berupa menu masakan Western dan Asia. Dan, untuk menyambut kemeriahan hari jadi Indonesia tersebut, mereka menyuguhkan sebuah ‘perjalanan rasa’ yang akan ditampilkan melalui ragam kuliner khas Nusantara.

Klepon

Klepon (Foto: Safira Maharani/ kumparan)
Bertajuk ‘AYO MAKAN - Indonesian Culinary 2018’, berbagai menu kuliner khas Nusantara yang berbeda akan disajikan setiap minggunya. Tim kuliner Sailendra Restaurant sendiri akan mengajak para tamu untuk ‘berkeliling’ mencicipi aneka makanan yang berasal dari Sumatera, Jawa, Bali dan Lombok, Kalimantan, serta Sulawesi. Tak kalah istimewa, sang Executive Sous Chef, Heri Purnama, juga akan menghidangkan kreasi spesial yang terinspirasi dari kampung halamannya, seperti ikan bakar sirasang, gecok daging dan ebatan campur.

Ebatan campur

Ebatan campur (Foto: Safira Maharani/ kumparan)
Menariknya, beberapa hidangan disajikan kerap kita temui di warung-warung makan sederhana. Bukan itu saja, nasi putihnya pun dihidangkan di dalam bakul, lengkap dengan lembaran daun pisang untuk semakin memperkuat kesan khas Nusantara.
Semarak HUT RI ke-73 juga dapat kita rasakan lewat menu jus spesial yang memiliki tampilan layaknya bendera merah putih. Terbuat dari campuran jus stroberi dan soda, tak hanya tampilannya saja yang menarik, namun cita rasanya juga sangat menyegarkan.

Jus stroberi dan soda

Jus stroberi dan soda (Foto: Safira Maharani/ kumparan)
Salah satu hidangan spesial yang kumparanFOOD cicipi adalah gecok daging yang berasal dari Sumbawa. Bila biasanya gecok terbuat dari campuran daging dan jeroan sapi, pada menu ini, hanya bagian dagingnya saja yang digunakan. Bercita rasa pedas gurih, bumbu dan rempah-rempah yang digunakan sangat meresap hingga ke serat daging.

Gecok daging

Gecok daging (Foto: Safira Maharani/ kumparan)
Kemudian ada hidangan sate padang yang terdiri dari daging empuk dengan siraman saus kuningnya yang kental dan kaya rempah. Rasa rempahnya memang lebih ringan bila dibandingkan dengan sajian sate padang aslinya, mengingat menu tersebut sudah disesuaikan dengan lidah para pengunjung hotel yang sebagian besar adalah warga negara asing. Namun, bumbu rempahnya masih tetap terasa, dengan cecapan gurih yang dominan.
Berbeda lagi dengan menu ayam taliwang khas Lombok yang cita rasanya sangat kuat. Sensasi pedas dari saus yang digunakan terasa mendominasi hidangan yang satu ini, disertai dengan rasa gurih dan tekstur sedikit kesat dari olesan minyak.
Hidangan selanjutnya yang kami cicipi adalah gulai tunjang. Makanan yang berasal dari Padang ini disajikan dalam dua jenis, yakni menggunakan kikilnya saja, dan satu lagi dihidangkan lengkap bersama tulang lunak sapi.
Layaknya hidangan khas Padang, cita rasa rempahnya sangat terasa, bercampur dengan sedikit sentuhan pedas nan segar. Tulangnya pun begitu empuk, sehingga tak sulit untuk menyantapnya.Yummy!

Gulai tunjang kikil

Gulai tunjang kikil (Foto: Safira Maharani/ kumparan)
Selain berbagai hidangan di atas, pengunjung juga bisa mencicipi lebih dari 20 varian menu lainnya. Promo kuliner khas Nusantara dari Sailendra Restaurant dapat dinikmati setiap hari Sabtu saat makan malam dan hari Minggu pada waktu brunch, mulai dari tanggal 8 Agustus 2018 hingga 9 September 2018.
Selama lima minggu, pengunjung dapat mencicipi hidangan khas Nusantara yang temanya berganti setiap minggunya. Di minggu pertama, pengunjung akan disuguhkan menu spesial dari Sumatera, sedangkan di minggu kedua, kita akan dimanjakan dengan hidangan khas Jawa.

Menu Nusantara Sailendra Restaurant

Menu Nusantara Sailendra Restaurant (Foto: Dok. JW Marriott)
Lalu, di minggu ketiga ada masakan khas Bali dan Lombok, kemudian minggu keempat adalah menu khusus bakaran dari Kalimantan. Dan, di minggu terakhir, menu yang akan disuguhkan adalah hidangan khas Sulawesi.
Tertarik mencicipinya? Dengan merogoh kocek sebesar Rp 475 ribu per orang, kamu sudah bisa merayakan HUT ke-73 RI sambil menyantap hidangan buffet khas Nusantara di Sailendra Restaurant hingga puas.

KulinerREVIEWHUT ke-73 RI RestoranMakanan Daerah

presentation
500

Baca Lainnya