Pencarian populer

Sate Buntel hingga Tengkleng, Ini 5 Olahan Kambing di Berbagai Daerah

Olahan Kambing dari Berbagai Daerah di Indonesia. (Foto: Instgaram/@solodelicious & @susie.agung)
Daging kambing memang identik dengan perayaan Idul Adha. Biasanya, daging ini diolah dengan cara di sate hingga di gulai. Meski begitu, olahan dari daging yang memiliki bau khas ini tak hanya 'dilirik' saat perayaan Idul Adha saja, melainkan telah menjadi primadona di setiap daerah. Bahkan saking populernya, olahan daging kambing ini memiliki penggemar hingga ke mancanegara.
ADVERTISEMENT
Ingin tahu apa saja? Yuk, simak lima olahan kambing dari berbagai daerah di Indonesia berikut ini:
1. Tengkleng
Loading Instagram...
Hidangangan yang mirip dengan gulai ini berasal dari Solo. Berbeda dengan gulai, kuah yang ada pada Tengkleng cenderung lebih encer. Tak hanya itu, hidangan ini juga biasanya berisi tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel.
Loading Instagram...
Nah, jika kamu sedang berada di Solo, kamu wajib mencicipi kedai tengkleng yang bernama Tengkleng Klewer "Bu Edi". Sebab, kedai yang telah ada sejak 1971 ini menyajikan Tengkleng di atas daun pisang. Dengan begitu, pembeli bisa menyeruput kuahnya yang gurih dan kental langsung dari pincuk.
2. Sate Buntel
Loading Instagram...
Masih dari Solo, olahan yang terdiri dari daging kambing cincang halus yang disatukan (dibuntel) ini menjadi salah satu hidangan yang patut kamu coba. Nah, salah satu rumah makan sate buntel yang sangat populer di Solo adalah Sate Buntel Haji Bejo. Bahkan saking populernya, rumah makan sate ini menjadi langganan Presiden Jokowi.
ADVERTISEMENT
Ternyata, ada rahasia kenapa sate tersebut memiliki cita rasa gurih rempah yang sangat kuat. Salah satunya karena daging kambing itu direndam berkali-kali dalam bumbu, baik sesuah dijadikan sate maupun saat masih dicincang. Kamu juga tidak perlu khawatir kalau dagingnya masih alot, sebab sate ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan bau prengus juga sangat tipis sekali.
3. Sate kambing
Loading Instagram...
Sate kambing memang mudah ditemui di mana saja. Namun, salah satu sate kambing yang memiliki rasa yang istimewa adalah Sate Kambing Pak Bagong. Kedai sate yang berdiri sejak 1966 ini menawarkan olahan daging kambing yang berukuran besar dan empuk. Tak hanya itu, salah satu keistimewaan sate ini datang dari bumbu kecap yang pedas yang berasal dari bumbu rempah seperti merica dan jahe.
ADVERTISEMENT
4. Sego Pliket
Loading Instagram...
Olahan selanjutnya adalah Sego Pliket. Sego Pliket merupakan salah satu menu spesial yang ada di Warung Sate Kambing Pak Dakir, Yogyakarta. Sebenarnya, hidangan ini adalah nasi goreng kambing yang disajikan bersama sumsum tulang belakang. Nah, sumsum itulah yang membuat nasi gorengnya terlihat lebih lengket (pliket) dan juga lebih gurih. Tak hanya itu, hidangan ini juga semakin menggoda karena diberi tambahan kuah gulai serta irisan daging kambing.
5. Gulai Bustaman
Loading Instagram...
Gulai bustaman adalah salah satu kuliner legendaris Semarang. Olahan daging kambing dengan bumbu rempah-rempah ini bahkan telah populer di banyak daerah. Sama seperti gulai pada umumnya, hidangan ini terdiri dari daging kambing dengan bumbu rempah yang sangat mencolok. Sementara rasa gurih, pedas, dan hangat menjadi rasa khasnya.
ADVERTISEMENT
Nah, kalau kamu sedang berada di Semarang, cobalah kunjungi warung makan di jalan Matraman, Semarang, yaitu Warung Qomariyah. Sebab, warung makan yang telah berdiri sejak belasan tahun itu menawarkan gulai bustaman yang sangat lezat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86