Pencarian populer
Selain Indonesia, 7 Negara Ini Juga Punya 'Nasi Goreng' yang Nikmat
10 Januari 2018 15:57 WIB
0
0
Nasi goreng lezat berbagai negara. (Foto: Instagram @wiredgypsy @cuminandcurryleaf)
Selain keindahan alamnya yang mempesona, Indonesia juga terkenal dengan aneka sajian khas yang menggugah selera. Salah satu yang paling terkenal tentu saja nasi goreng.
Terkenal dengan kelezatannya yang membuat orang ketagihan, nasi goreng bahkan menempati peringkat ke-2 sebagai makanan paling lezat di dunia, mengalahkan sushi, tomyam, hingga lasagna khas Italia. Tak hanya itu, mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama, juga pernah menyebutkan nasi goreng dalam salah satu pidato kenegaraannya.
Meski telah terkenal sebagai makanan khas Indonesia, beberapa negara lainnya juga memiliki sajian 'nasi goreng' yang tidak kalah menarik untuk dicicipi. Berikut ini kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh 'nasi goreng' dari berbagai negara, dengan rasa dan tampilan yang menggugah selera.

1. Hokkien Fried Rice
Nasi goreng Hokkien merupakan menu olahan nasi berbalut bumbu yang banyak ditemukan di restoran-restoran khusus menyajikan makanan khas China. Tidak seperti nasi goreng Indonesia yang bertekstur lebih kering, olahan yang juga dikenal dengan nama Fujian fried rice ini disajikan dengan siraman udang yang dimasak bersama saus kental. Nasinya sendiri lebih kering, karena hanya ditumis menggunakan minyak dan telur saja.

2. Kimchi Fried Rice
Penggemar makanan Korea Selatan pasti sangat familiar dengan kudapan yang satu ini. Kimchi fried rice atau kimchi bokkeumbap adalah sajian nasi yang ditumis bersama bawang bombai, gochujang atau pasta cabai, dan kimchi.
Warna kimchi bokkeumbap ini lebih merah dan seringkali ditambahkan dengan taburan rumput laut, wijen, telur mata sapi, hingga keju yang meleleh.

3. Chitranna
Selain nasi biryani yang terkenal, India memiliki sajian Chitranna yang tidak kalah nikmat. Chitranna atau lemon rice yang banyak ditemukan di India Selatan terbuat dari beragam bumbu, seperti bawang, cabai, mustard, bubuk kari, dan jus lemon yang asam.
Bahannya yang sehat dengan kandungan minyak sedikit membuat nasi goreng ini banyak dikonsumsi sebagai menu diet sehat di India.

4. Paella
Paella merupakan hidangan yang telah ada sejak zaman dahulu di Spanyol, berisi nasi campur dan aneka seafood yang melimpah. Sesuai dengan namanya, paella yang dalam bahasa lokal artinya adalah panci logam, diolah sekaligus disajikan di atas panci datar berukuran besar.
Tambahan seafood berukuran besar dengan jumlah melimpah menjadi daya tarik tersendiri untuk olahan nasi berwarna merah terang ini.

5. Pattaya Fried Rice
Meski bernama Pattaya fried rice, nasi goreng ini bukan berasal dari Thailand, melainkan merupakan nasi goreng khas Malaysia.
Cara pengolahannya tidak jauh berbeda dengan nasi goreng Indonesia pada umumnya. Namun yang membuat Pattaya fried rice unik adalah tampilannya yang dibalut telur dadar dengan siraman saus, sehingga terlihat seperti omelet berisi nasi.

6. Kabuli Palaw
Timur Tengah terkenal dengan aneka makanannya yang kaya bumbu dan rempah-rempah. Salah satunya adalah sajian nasi bernama kabuli palaw asal Afganistan.
Kabuli palaw atau Qabli sendiri adalah basmati atau beras Timur Tengah berukuran panjang yang dimasak dengan aneka rempah khas, kacang-kacangan, serta daging domba, daging sapi, atau ayam. Kemudian disajikan bersama irisan wortel, kismis, dan pistachio atau almond.
Selain di Afganistan, kabuli palaw juga terkenal di Arab Saudi dan sering disajikan saat acara keluarga.

7. Jollof Rice
Disebut juga sebagai Benachin, Jollof Rice adalah nasi goreng khas yang sering disajikan pada acara-acara besar di Ghana, Afrika.
Jollof rice sendiri dibuat dari nasi yang ditumis dengan bawang, cabai, pala, jahe, jinten, dan pasta tomat. Beberapa varian jollof rice juga dapat ditambahkan dengan sayuran atau daging untuk meningkatkan citarasa.
Tidak hanya di Ghana, kudapan lezat ini juga sering ditemui di negara-negara Afrika Barat, seperti Nigeria, Ghana, Senegal, Gambia, dan beberapa negara lainnya.

Tertarik mencobanya?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: