kumparan
14 Sep 2019 11:00 WIB

Sering Dijadikan Pengganti Nasi, Ini 5 Manfaat Jagung Manis

Ilustrasi jagung manis Foto: dok.shutterstock
Jagung kerap dianggap sebagai sayuran atau biji-bijian dengan rasa yang mudah diterima di lidah. Apalagi, orang Indonesia sudah sejak dahulu menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Ya, sebut saja nasi jagung.
ADVERTISEMENT
Mengutip Healthline, jagung sebenarnya berasal dari Meksiko. Bahkan jagung sudah dikenal sejak 9.000 tahun yang lalu. Di Amerika, penduduknya menanam dan memanen jagung juga untuk dijadikan sumber pangan utama. Enggak heran, jagung kerap hadir diberbagai jenis makanan mulai dari; pembuka hingga penutup.
Nah, jika kamu salah satu yang sering makan jagung, sudah tahu belum manfaat yang terkandung di dalamnya? Kalau belum, yuk simak ulasannya berikut ini.
1. Baik untuk kesehatan mata
Ilustrasi mata sehat Foto: dok.pixabay.com
Jagung tinggi akan lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang dapat mencegah katarak dan degenerasi makula terkait usia (AMD).
Melansir dari Journal of the American Medical Association, menemukan orang dewasa dengan asupan karotenoid tinggi memiliki peluang 43 persen lebih rendah terkena AMD daripada yang tidak sama sekali.
ADVERTISEMENT
2. Mencegah Divertikular dan Masalah Pencernaan Lainnya
Ilustrasi pop corn Foto: dok.shutterstock
Sayuran kuning ini juga kaya akan serat. Masih dalam jurnal yang sama, juga menemukan bahwa jagung dapat melindungi kita dari masalah pencernaan; seperti penyakit divertikular, yang ditandai oleh peradangan pada saluran pencernaan.
Sementara studi lainnya dengan jumlah responden terbatas, menemukan makan jagung atau popcorn bisa meningkatkan kesehatan usus serta mencegah penyakit pencernaan lainnya. Namun, studi ini masih perlu diteliti lebih lanjut.
3. Makanan diet
Ilustrasi makan jagung Foto: Shutter Stock
Jagung bisa menjadi pilihan makanan diet. Alih-alih takut makan nasi karena tak ingin berat badan meningkat, kamu bisa mengganti asupan karbohidratmu dengan jagung.
Dalam secangkir jagung (164 gram) mengandung 41 gram karbohidrat dan 177 kalori. Jika, kamu merasa kalorinya terlalu tinggi, kamu bisa menjadikan jagung sebagai makanan campuran dalam semangkuk salad buatanmu.
ADVERTISEMENT
4. Kaya vitamin
Ilustrasi jagung Foto: dok.shutterstock
Selain kaya akan karbohidrat, jagung juga mengandung banyak vitamin; seperti B3, B5, B6, dan B9. Misalnya saja, menurut salah satu jurnal PubMed, kandungan vitamin B9 atau asam folatnya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar janinnya tumbuh dengan sehat.
5. Menjaga kesehatan jantung
Ilustrasi penyakit jantung. Foto: Thinkstock
Banyak penelitian mengungkapkan bahwa makanan tinggi serat, protein, dan rendah lemak seperti jagung bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Dalam penelitian tersebut juga mengamati, orang yang rutin mengonsumsi jagung atau kacang-kacangan sebagai pengganti nasi, memiliki risiko lebih rendah terserang penyakit jantung.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·