kumparan
22 Agu 2018 9:14 WIB

Tak Hanya Sate, 7 Olahan Kambing yang Pas untuk Menu Idul Adha

Gulai kambing (Foto: Thinkstock)
Idul Adha memang identik dengan aneka menu berbahan daging, terutama daging kambing. Ya, di Indonesia sendiri, belum lengkap rasanya bila tak menyantap olahan daging kambing sambil berkumpul dengan keluarga di momen 'Lebaran Haji' tersebut.
ADVERTISEMENT
Biasanya, daging kambing lebih sering diolah menjadi sate lengkap dengan saus kecap atau saus kacang yang lembut. Namun proses pembuatan sate kambing yang cukup lama dan banyaknya alat yang dibutuhkan, seperti wajan pembakar hingga arang, seringkali membuat kita kerepotan, bukan?
Namun tak perlu khawatir, ternyata daging kambing juga cocok diolah menjadi berbagai sajian lain yang praktis dan pastinya tak kalah nikmat, lho. Mulai dari tongseng dengan kuah gurihnya yang lezat hingga nasi goreng kambing nan mengenyangkan.
Nah, bagi kamu yang ingin menyajikan menu berbeda saat Idul Adha, berikut kumparanFOOD rekomendasikan tujuh menu serba kambing yang tak kalah lezatnya.
1. Tongseng
Loading Instagram...
Tongseng merupakan salah satu olahan populer dari daging kambing yang bisa kamu sajikan saat Idul Adha. Terbuat dari potongan daging hingga tengkleng atau tulang kambing yang dimasak dengan santan, kecap, dan bermacam-macam rempah, tongseng kambing memiliki cita rasa gurih agak manis dengan aroma yang membuat siapa pun ketagihan.
ADVERTISEMENT
Ditambah potongan kol dan tomat, tongseng terasa lebih segar dan tidak menimbulkan rasa eneg saat disantap. Untuk sajian Idul Adha, kamu dapat menyajikan tongseng yang nikmat ini bersama nasi hangat atau potongan lontong yang lembut.
2. Gulai kambing
Loading Instagram...
Bagi kamu penggemar sajian berkuah santan, gulai kambing bisa menjadi pilihan tepat. Perpaduan santan kuningnya yang gurih berpadu potongan daging kambing sangat cocok disajikan bersama lontong atau ketupat saat Idul Adha.
Selain daging kambing, tak jarang pula gulai kambing dibuat dari bagian kambing lainnya seperti tengkleng, kikil, hingga jeroan yang dimasak hingga empuk dan tidak prengus. Bila suka, kamu juga dapat menambahkan beberapa buah cabai rawit utuh ke dalam rebusan gulai agar rasanya lebih pedas dan segar.
ADVERTISEMENT
3. Semur daging kambing
Loading Instagram...
Untuk kamu yang ingin membuat olahan kambing namun kurang suka dengan aroma dagingnya yang cukup menyengat, semur daging kambing dapat menjadi alternatifnya. Sebab, perpaduan bermacam-macam bumbu dan rempah seperti daun salam, cengkeh, pala, kayu manis hingga kecap yang cukup melimpah ampuh menyamarkan aroma daging kambing yang prengus.
Selain itu, proses pemasakan yang cukup lama juga akan membuat tekstur daging lebih lembut saat disantap. Dijamin cocok untuk sajian makan siang sambil menikmati suasana liburan Idul Adha bersama keluarga tercinta.
4. Iga kambing bakar madu
Loading Instagram...
Tak hanya terbuat dari iga sapi, ternyata iga kambing juga cocok diolah menjadi menu bakaran yang nikmat dan menggugah selera. Ditambah olesan saus madu nan legit, iga kambing dapat menjadi pengganti sajian sate yang tak kalah lezatnya.
ADVERTISEMENT
Agar hasil jadinya lebih empuk dan lembut, sebaiknya rebus terlebih dahulu iga kambing bersama bumbu rempah hingga benar-benar matang sebelum dibakar kembali. Selain lebih lembut, dijamin rasa gurihnya iga bakar madu ini akan terasa hingga ke bagian dalam daging. Sedap!
5. Nasi goreng kambing
Loading Instagram...
Tak ingin repot menyiapkan olahan daging kambing? Buat saja nasi goreng kambing yang praktis dan dapat dibuat dalam waktu cepat.
Hanya bermodalkan potongan daging kambing, bumbu dasar nasi goreng, kecap, dan tentunya nasi, sajian nasi goreng kambing sudah bisa kamu sajikan untuk keluarga tercinta di rumah. Meski mudah dibuat, tambahan daging kambing yang lembut dijamin akan membuat nasi goreng buatanmu terasa lebih istimewa.
Tips untuk kamu yang ingin membuat sajian ini, sebaiknya tumis terlebih dahulu daging kambing bersama bumbu hingga benar-benar matang sebelum ditambah dengan nasi. Hal ini akan membuat nasi goreng buatanmu lebih lembut dan bebas bau amis khas daging kambing.
ADVERTISEMENT
6. Tumis Kambing kecap
Loading Instagram...
Tumis daging kambing juga dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ogah repot saat menyiapkan sajian Idul Adha. Sesuai namanya, untuk membuat tumis kambing kecap ini, tumis potongan daging kambing bersama bawang dan cabai rawit hingga harum lalu bubuhkan kecap dan masak hingga daging empuk.
Sebagai penambah aroma, kamu juga dapat menambahkan daun jeruk, serai, dan lengkuas saat memasaknya. Agar lebih lezat, sajikan tumis kambing kecap bersama taburan daun bawang dan bawang goreng renyah.
7. Rica-rica daging kambing
Loading Instagram...
Ini dia sajian kambing yang cocok bagi kamu pecinta kuliner bercita rasa pedas. Perpaduan lembutnya daging kambing dan bumbu rica yang pedas sangat cocok disajikan sebagai menu makan siang saat Idul Adha.
ADVERTISEMENT
Cara membuatnya, tumis bumbu uleg yang terdiri dari bawang, cabai merah, kunyit, dan jahe lalu tambahkan potongan daging kambing kemudian masak hingga daging empuk. Sebagai penambah aroma, tambahkan daun jeruk dan serai yang telah dimemarkan ke dalam tumisan daging.
Selamat mencoba olahan serba daging kambing untuk Idul Adha ini!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·