Pencarian populer

Tak Hanya untuk Dikonsumsi, Ini Dia 7 Kegunaan Lain dari Selai Kacang

Selai kacang bisa perkuat rambut? (Foto: Thinkstock)

Bagi sebagian orang, selai kacang menjadi salah satu makanan pendamping roti favorit. Rasanya yang tidak terlalu manis dan asin membuatnya sangat cocok dipadukan dengan roti yang lembut.

Namun, alih-alih hanya nikmat untuk dikonsumsi, ternyata selai kacang juga bermanfaat untuk hal lainnya, lho. Apa saja?

Dilansir Delish, berikut tujuh manfaat selai kacang, selain untuk dikonsumsi:

1. Untuk Menghilangkan Bekas Sticker

Pernahkah kamu merasa kesal karena saat melepaskan sticker pada sebuah barang, namun sticker tersebut tak lepas secara sempurna dan malah membuat lengket?

Nah, selai kacang bisa menjadi cara ampuh untuk menghilangkan lengket, juga sisa-sisa dari sticker yang masih menempel. Caranya mudah, kamu hanya perlu menaruh beberapa selai kepada produk itu dan digosok secara berkala.

2. Sebagai Shaving Cream

Dalam situasi darurat seperti camping yang membuatmu lupa untuk membawa shaving cream, selai kacang bisa menjadi alternatif yang ampuh. Oleskan selai pada bagian yang akan kamu cukur dan hasilnya sama seperti kamu menggunakan shaving cream.

3. Penyamar Obat

Selai kacang bisa menjadi alat penyamar yang baik untuk memberikan obat kepada binatang peliharaanmu, seperti anjing.

Anjing diketahui sangat menyukai selai kacang dan membenci obat berbentuk pil. Sehingga, selai kacang ini bisa kamu jadikan sebagai alat penyamar. Caranya, kamu hanya perlu memasukan obat tersebut ke dalam selai kacang dan biarkan anjingmu mengkonsumsinya.

Arachibutyrophobia, fobia selai kacang. (Foto: Thinkstock)

4. Menghilangkan Lengket Bekas Permen Karet

Sama seperti menghilangkan bekas dari lengket stiker, selai kacang juga baik untuk menghilangkan lengket yang diakibatkan oleh permen karet. Termasuk, saat permen karet menyangkut di rambutmu. Alih-alih langsung memotongnya, kamu bisa menempelkan permen karet di bagian rambut, lalu perlahan menggosoknya sampai permen karet menghilang.

5. Penangkal Tikus

Tikus memiliki ketertarikan kepada selai kacang layaknya keju. Kamu bisa gunakan beberapa sendok selai kacang dan tempatkan di alat penangkal tikus.

Ilustrasi selai kacang. (Foto: Pexels)

6. Penangkis bau tak sedap

Setelah kamu memasak makanan yang bisa menimbulkan bau, seperti ikan, udang dan bahan amis lainnya, maka selai kacang bisa menjadi ‘parfum’ untuk menghikangkan bau-bau tersebut.

Setelah kamu memasak makanan yang bisa menimbulkan bau, seperti ikan dan udang, maka selai kacang bisa menjadi 'parfum' untuk menghilangkan bau-bau tersebut. Kamu cukup ambil beberapa sendok selai kacang dan masukan ke dalam panci kosong, lalu panaskan selama dua menit. Bau dari selai kacang akan menyerap bau amis sebelumnya.

7. Membenarkan Kayu

Minyak alami yang terdapat dalam kandungan kacang sangat berguna untuk menghaluskan goresan pada kayu. Oleskan pada goresan tersebut, biarkan selama satu jam dan gosok secara perlahan, lalu bilas dengan kain atau tissue.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63