kumparan
27 Jun 2019 13:47 WIB

Talenan Plastik dan Kayu, Mana yang Lebih Sehat?

Talenan Foto: Shutter Stock
Talenan adalah salah satu alat masak yang hampir selalu ada di dapur. Peralatan dapur dari lempengan kayu ini kerap digunakan untuk memotong bahan makanan. Mulai dari sayur, buah, hingga daging-dagingan.
ADVERTISEMENT
Ada juga talenan dari bahan plastik. Bentuknya yang lebih bervariasi ditambah bisa dibersihkan dengan mudah jadi kelebihan talenan plastik. Bahkan, talenan plastik diyakini lebih higienis dibandingkan talenan kayu tradisional.
Lalu, benarkah menggunakan talenan plastik lebih baik bagi kesehatan dibanding talenan kayu?
Hal tersebut ternyata tak sepenuhnya tepat. Memang benar, bahwa pori-pori di permukaan kayu bisa jadi tempat bakteri berkembangbiak. Namun, berdasarkan jurnal Decontamination of Plastic and Wooden Cutting Boards for Kitchen Use, talenan kayu justru mengandung lebih sedikit bakteri, terutama salmonella dan E.Colli.
Bakteri yang ada di permukaan talenan kayu, lama-kelamaan akan terjebak di dalam pori-pori kayu dan mati. Sedangkan untuk talenan plastik, meskipun mudah dibersihkan, tapi bakteri yang masih terjebak di permukaannya akan lebih mudah berkembang.
ADVERTISEMENT
Umumnya, talenan kayu juga menggunakan bahan yang keras dibandingkan plastik. Hal ini membuat pisau lebih sulit menembus permukaan talenan saat proses pengirisan makanan.
Tapi bukan berarti talenan plastik tidak aman digunakan, lho. Asal dibersihkan secara tepat dan disimpan di tempat yang kering, baik talenan kayu maupun plastik sama-sama aman digunakan.
USDA (US Department of Agriculture) menganjurkan untuk langsung membersihkan talenan menggunakan sabun antibakteri, dan air panas sesaat setelah dipakai. Setelah itu, keringkan dengan lap atau tisu bersih agar airnya terserap.
Ilustrasi membersihkan talenan Foto: Shutterstock
Bisa juga, menggunakan bahan-bahan alami yang punya sifat antibakteri untuk membersihkan permukaan talenan. Misalnya, dengan air lemon atau baking soda. Selain membunuh bakteri, kedua bahan tersebut juga berfungsi membersihkan noda dan menghilangkan bau tak sedap.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan jurnal dari NC State University yang diterbitkan tahun 2014, dua jenis talenan ini juga mempunyai fungsi yang berbeda. Talenan plastik cocok digunakan untuk memotong daging segar atau seafood. Sedangkan, talenan kayu sebaiknya digunakan untuk memotong makanan yang lebih tahan terhadap bakteri; seperti sayur, buah, roti, atau keju.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·