kumparan
19 Des 2017 11:02 WIB

Throwback: 5 Minuman Kekinian yang Paling Populer di Tahun 2017

Minuman terpopuler 2017 (Foto: Instagram @dumdumthaidrinks.palu @kingmangoindonesia @dk_chang)
Tak bisa dipungkiri jika tren kuliner terus berkembang. Bahkan, setiap tahunnya selalu ada makanan dan minuman baru yang banyak bermunculan dan disambut baik oleh masyarakat.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia sendiri, beberapa inovasi minuman baru telah banyak menghiasi dunia kuliner Tanah Air. Sebut saja, es kopi susu yang nampaknya meraih popularitas tertinggi di kalangan masyarakat. Saking populernya, mereka yang tak suka kopi pun juga turut menyukai minuman berbahan dasar kopi, susu, dan gula ini.
Tak hanya kopi susu, minuman lain seperti es Thai Tea dan jus mangga nyatanya juga berhasil mencuri perhatian. Pengaruh budaya luar rupanya juga menjadi salah satu faktor pendukung kenapa inovasi minuman terbaru selalu berhasil disukai masyarakat.
Dan, selama 2017 ini, sedikitnya ada lima minuman terpopuler yang hits di kalangan para foodies. Bagi yang penasaran, kumparan (kumparan.com) telah merangkum kelima minuman tersebut. Yuk, simak ulasannya:
ADVERTISEMENT
1. Kopi susu
Loading Instagram...
Yang pertama ada kopi susu. Mungkin minuman ini bukanlah hal yang baru di Indonesia. Namun, penyajiannya yang berbeda membuat minuman ini menjadi sajian yang spesial.
Umumnya terbuat dari kopi, susu dan gula merah, kopi susu mulai ramai diperkenalkan di awal tahun 2017. Dan hingga saat ini, setidaknya ada puluhan kedai kopi yang menjual menu es kopi susu. Toko Kopi Tuku, Animo, Sagaleh, Di Bawah Tangga, Kopi Sana, hingga yang teranyar Dua Kopi.
2. Thai Tea
Loading Instagram...
Lalu, ada Thai Tea, minuman asal negeri Gajah Putih ini sebenarnya telah lama masuk menembus pasar kuliner Indonesia sejak tahun 2016. Namun kepopulerannya baru terasa sejak awal tahun 2017.
ADVERTISEMENT
Thai Tea ala Thailand dibuat dari seduhan daun teh asli yang kemudian dicampur dengan susu evaporasi dan gula, sehingga menghasilkan rasa legit, manis, dan creamy. Dua penjual Thai Tea yang populer saat ini adalah Dum Dum dan Chapayom dengan rasanya yang khas.
3. Unicorn Frappuccino Starbucks
Loading Instagram...
Berkembangnya tren unicorn pada pertengahan tahun lalu membuat hampir seluruh gerai makanan di dunia, berlomba-lomba membuat makanan dan minuman dengan tema unicorn yang penuh warna.
Tak ketinggalan, kedai kopi terbesar di dunia, Starbucks yang turut menciptakan minuman bertema unicorn. Adalah Unicorn Frappuccino, yang terbuat dari kombinasi warna biru, tua, biru muda, ungu, dan merah muda bernama Unicorn Dust.
Namun, kehadirannya tak luput dari kontroversi, karena kandungan gula yang tinggi membuat minuman ini disebut-sebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan.
ADVERTISEMENT
4. Jus Mangga
Loading Instagram...
Selanjutnya ada Jus Mangga yang populer karena pengaruh dari tren kuliner di Thailand. Jus mangga ini tentu bukan jus buah biasa pada umumnya, karena yang kini beredar terbuat dari satu buah mangga utuh yang dihaluskan tanpa pemanis buatan.
Disajikan dengan krim berwarna putih dan potongan buah mangga, minuman ini menjadi salah satu minuman terpopuler hingga saat ini. King Mango nampaknya menjadi yang pertama yang membawa minuman ini di Indonesia, lalu dikuti oleh Mango Bomb, Ice City, Mango Mango, dan lainnya.
5. Manual Brew Coffee
Loading Instagram...
Jika dulunya kopi hanya dinikmati oleh kalangan tertentu saja, maka saat ini secangkir kopi bisa dinikmati oleh semua kalangan. Meningkatnya kepopuleran kopi membuat hampir semua kedai kopi menyediakan menu manual brew coffee. Bahkan, kini Starbucks Indonesia pun telah menghadirkan menu yang satu ini.
ADVERTISEMENT
Menu ini sebenarnya adalah secangkir kopi hitam yang diproses melalui teknik manual brewing, dengan menggunakan alat brewing tradisional seperti V60 hingga modern dengan alat khusus. Rasa original kopi akan tercecap dari setiap tetesannya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan