Pencarian populer

Throwback : 7 Makanan Kekinian yang Naik Daun di 2017

7 Makanan Kekinian Terpopuler 2017 (Foto: Instagram @eatlahjkt @lensakuliner @bobipong_)

Tahun 2017 memang menjadi tahun dimana banyak inovasi makanan kekinian nan unik yang bermunculan. Tidak hanya makanan berat, beragam snack hadir untuk memanjakan perut para pemburu makanan hits.

Setelah bermacam-macam dessert yang berbahan dasar matcha atau teh hijau Jepang sangat populer. Tidak perlu waktu lama, jajanan unik lain mulai mengikuti jejak kudapan nikmat berwarna hijau tersebut dan mendapat sambutan yang sangat positif dari konsumen. Bahkan menjadi tren yang tidak boleh terlewatkan untuk dicicipi.

Selain dessert berbahan matcha, apa saja sih kudapan ringan yang sangat populer di tahun 2017? Ini dia 7 kudapan kekinian 2017 yang sangat sayang untuk dilewatkan.

1. Chicken Salted Egg

Loading Instagram...

Salted egg chicken sebenarnya sudah lama menjadi makanan kekinian yang sangat populer di Negara tetangga kita Singapura. Namun kepopuleran salted egg chicken mulai merambah Indonesia pada tahun 2017 dengan mulai bermunculannya gerai-gerai yang menyajikan makanan yang pertama kali dijajakan di Taiwan ini.

Menu ini terdiri dari potongan ayam goreng tepung yang disiram dengan saus telur asin yang gurih dan creamy. Biasanya disajikan dengan nasi dan telur mata sapi. Penyajiannya pun sangat kekinian dengan box yang sangat Instagramable.

Dibanderol seharga Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribuan, salted egg dapat ditemui di gerai-gerai kekinian seperti Eatlah, Salt Inc, Salted Egg Factory, Sunny Fat Day dan masih banyak lainnya.

2. Cheesetart

Loading Instagram...

Walaupun cheesetart bukan pendatang baru di dunia kuliner. Namun perkembangan makanan berbahan dasar keju ini meningkat pesat di tahun 2017 dengan bermunculannya banyak toko roti yang menjajakan cheesecake dengan tampilan kekinian.

Cheesetart dengan tekstur kulit renyah namun lumer pada bagian isinya membuat banyak orang rela mengantri berjam-jam hanya untuk menikmati kudapan yang sebelumnya sangat populer di Jepang ini.

Untuk menambah variasi cheesetart agar semakin diminati, kue keju ini berinovasi dengan beragam bahan makanan yang sedang digandrungi seperti matcha dan cokelat dengan topping yang juga tidak kalah menggiurkan.

Untuk menikmati cheesetart yang lumer di mulut ini, rata-rata dijual seharga Rp 25 ribuan untuk cheesetart ukuran kecil atau egg cheesetart dan Rp 160 ribu sampai Rp 350 ribuan untuk ukuran premium.

3. Bola-bola Ubi

Loading Instagram...

Tidak hanya makanan asal luar negeri saja yang sangat populer pada tahun 2017. Salah satu jajanan khas Indonesia yang dulunya banyak ditemukan di kaki lima pun ikut meramaikan daftar makanan kekinian yang populer.

Bola-bola ubi yang dulu dijajakan oleh para penjual gorengan di pinggir jalan pada tahun 2017 mendadak naik pamornya menjadi makanan kekinian yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Bola-bola ubi yang pertama kali populer di Bandung ini disajikan dengan bentuk bulat dan kopong atau kosong di bagian dalamnya. Rasanya yang manis dengan tampilan yang warna-warni membuat bola-bola ubi sangat digandrungi oleh banyak orang. Selain rasa original, kini kudapan berbahan ubi ini juga divariasikan dengan berbagai topping seperti gula halus, cokelat, hingga keju.

4. Banana Nugget

Loading Instagram...

Satu lagi makanan pinggir jalan yang naik daun menjadi salah satu kudapan kekinian yang wajib untuk dicicipi. Pisang goreng yang dulu hanya dijual di pinggir jalan atau warung, kini bernovasi menjadi lebih modern dengan cara diolah menjadi nugget.

Banana nugget sebenarnya hampir sama dengan pisang goreng, hanya saja adonan pisang dihaluskan terlebih dahulu sebelum digoreng. Rasanya garing di kulitnya namun sangat lembut pada bagian isi. Apalagi ditambahkan aneka topping melimpah seperti matcha, cokelat, keju, dan oreo membuat kudapan ini semakin menggugah selera.

dibanderol mulai harga Rp 15 ribuan sampai dengan Rp 30 ribuan, banana nugget ini sangat nikmat disantap selagi hangat bersama dengan teman dan keluarga.

5. Martabak Kekinian

Loading Instagram...

Martabak memang telah menjadi favorit masyarakat Indonesia sejak dahulu. Rasanya yang manis menjadi kudapan favorit pada malam hari sambil minum kopi dan teh.

Namun pada tahun 2017 mulai muncul inovasi martabak yang membuatnya masuk ke dalam daftar makanan kekinian yang wajib untuk dicoba. Martabak yang dulu hanya diisi dengan cokelat, kacang, atau keju kini tampil lebih modern dengan aneka topping yang sedang hits sekarang.

Martabak modern hadir dengan pilihan rasa seperti matcha, Oreo, Nutella, Ovomaltine, red velvet, bahkan es krim. Yang unik adalah satu martabak dapat diisi sampai dengan delapan rasa yang berbeda. Tampilannya pun dibuat sedikit berbeda daripada martabak biasa yang telah lama beredar di Indonesia.

Disantap seperti cara menyantap pizza, martabak kekinian ini menjadi favorit camilan saat sedang berkumpul bersama keluarga maupun teman terdekat.

6. Sate Taichan

Loading Instagram...

Meski populer sebagai makanan kekinian pada tahun 2016, kepopuleran sate 'putih' ini mencapai puncaknya pada awal sampai dengan pertengahan tahun 2017. Terlihat dari semakin banyaknya penjual sate taichan mulai dari kaki lima sampai dengan cafe kekinian.

Sate taichan sendiri adalah adalah sate yang dibakar tanpa menggunakan kecap maupun bumbu kacang sehingga warnanya cenderung putih dan pucat. Disajikan dengan sambal dan jeruk nipis, walaupun tampilannya tampak hambar namun ternyata setelah dicicipi ternyata rasanya sangat gurih dan nikmat.

Dijual dengan harga rata-rata Rp 2.500 per tusuk, sate yang kini sering dikombinasikan dengan keju mozzarella ini dapat menjadi pilihan menu makan malam untuk kamu yang kurang suka dengan sate dengan siraman bumbu yang pekat.

7. Crispy Giant Squid

Loading Instagram...

Awalnya jajanan ini adalah salah satu street food khas Taiwan yang memang sudah populer dari dulu di negara asalnya. Crispy giant squid adalah cumi ukuran besar yang digoreng dengan tepung hingga garing dan disajikan dengan aneka bumbu taburan.

Walaupun digoreng hingga garing, tekstur cumi tidak berubah alot namun tetap lembut dan pastinya sangat gurih. Yang unik adalah ukuran cumi-cumi yang dapat mencapai ukuran wajah manusia. Dijamin kamu akan puas menikmati camilan bertekstur krispi ini.

Selain aneka taburan, cumi krispi ini juga dapat diitambahkan dengan aneka topping hits lainnya salah satunya adalah keju mozzarella. Cumi yang telah digoreng kemudian ditaburi keju mozzarella yang dibakar diatas cumi hingga meleleh.

Dibanderol mulai Rp 35 ribuan sampai Rp 50 ribuan, cumi ini pasti akan membuatmu ketagihan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.38