Pencarian populer

Tips Agar Es Batu Tidak Mudah Mencair

Es batu (Foto: Thinkstock)

Saat musim panas tiba, menyesap minuman dingin dengan tambahan es batu tentu terasa sangat menyegarkan. Tak hanya itu, es batu juga kerap dimanfaatkan untuk menyimpan makanan atau minuman saat sedang mengadakan kegiatan di luar ruangan, misalnya seperti piknik. Es batu tersebut tak hanya dapat menjaga suhu dari makanan atau minuman agar tetap dingin, namun juga agar teksturnya tak berubah.

Namun, saking panasnya, pancaran sinar matahari kerap membuat es batu cepat meleleh. Sehingga es mudah mencair dan menciptakan kubangan air dalam kotak penyimpanan, serta membuat makanan yang tersimpan di dalamnya menjadi basah kuyup.

Nah, kamu bisa menerapkan trik khusus ini agar es batu yang disimpan tak cepat mencair meski diletakkan di luar ruangan.

Es batu (Foto: Thinkstock)

Dilansir Red UK, membalut wadah penyimpanan es batu dengan aluminium foil dapat menjaga es agar tak meleleh selama kurang lebih empat jam. Cukup tempelkan lembaran kertas aluminium foil hingga membalut bagian luar kotak penyimpanan, lalu ganjal bagian dalam kotak dengan busa untuk mencegah suhu dingin keluar dari wadah penyimpanan tersebut.

Material tebal dari busa akan mencegah suhu dingin sehingga lelehan es tidak akan merembes keluar dari wadah. Selain itu, juga akan menjaga suhu bagian dalam kotak tetap sama dengan suhu es batu dengan jangka waktu yang lama. Sifat reflektif dari aluminium foil akan mencegah panas dan cahaya menembus kotak penyimpanan, serta membantu menjaga es batu tetap aman.

Selain itu, perlu diingat pula untuk menjaga kotak agar tidak berhadapan langsung dengan sinar matahari, karena dapat meningkatkan suhu udara di dalam kotak.

es batu bermanfaat untuk kecantikan (Foto: Thinkstock)

Namun bila kamu tidak memiliki kotak plastik untuk menyimpan es batu, kamu juga dapat menyimpan es batu di dalam tas dan membalut bagian luarnya dengan aluminium foil sebelum meletakkannya di dalam kulkas. Cara sederhana ini dapat mencegah es batu agar tak cepat meleleh, meski tak seefektif metode sebelumnya.

Kini, kamu tetap dapat menikmati minuman dingin walau tak memiliki freezer untuk menyimpannya. Dan, tak perlu khawatir lagi untuk dapat menikmati segarnya es batu meski sedang piknik di luar, mudah bukan?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: