Pencarian populer
17 Februari 2019 17:02 WIB
..
..

Tips Membersihkan Noda Kopi yang Menempel di Dasar Mug

Ilustrasi mug kopi. Foto: Shutter Stock

Para penggemar kopi tentu sudah sering mendapati mug favorit mereka yang bagian dalamnya berubah warna jadi kecoklatan karena terlalu banyak digunakan untuk menyesap minuman tersebut. Ya, senyawa aktif pada kopi rupanya tak hanya bisa membuat permukaan gigi menjadi kuning, tapi juga meninggalkan noda yang membandel pada mug atau cangkir. Apalagi, jika kita tak bergegas mencucinya, dan membiarkan ampas kopi mengendap terlalu lama di dalamnya.

Meski sudah beberapa kali dicuci —bahkan sampai digosok berulang kali-- noda kopi tersebut masih saja tak mau hilang. Tenang, jangan buru-buru membuangnya dan membeli mug yang baru, noda kopi tersebut bisa dibersihkan dengan bantuan beberapa bahan alami, kok.

Bagaimana caranya? Berikut kumparanFOOD rangkum tips membersihkan noda kopi yang membandel di dasar cangkir:

1. Taburi dengan baking soda

Ilustrasi baking soda. Foto: Thinkstock

Dilansir The Kitchn, salah satu cara paling mudah dan praktis dalam membersihkan noda kopi adalah dengan baking soda. Taburkan sejumput baking soda ke dalam dasar mug atau cangkir, lalu tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Setelahnya, gosok bagian dasar mug hingga bersih.

Sifat abrasif dari baking soda akan membantu mengikis noda kopi hanya dalam beberapa menit. Bila noda kopi sudah terlihat memudar, bilas mug atau cangkir hingga bersih, lalu cuci kembali menggunakan sabun.

2. Rendam dengan air lemon

Air Perasan Lemon Foto: thinkstock

Sama seperti baking soda, lemon juga bisa membantu membersihkan noda kopi yang membandel. Caranya, peras air lemon ke bagian mug atau cangkir yang terkena noda. Usahakan air lemon tersebut menutupi seluruh bagian yang kotor karena noda kopi.

Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu gosok mug menggunakan lap. Setelahnya, bilas dengan air hingga bersih. Bila noda kopi yang menempel masih sangat membandel, campurkan sedikit taburan garam ke dalam air lemon sebelum menggosok mug.

3. Gosok dengan garam

Garam Foto: Pixabay

Ternyata, garam tak hanya berfungsi sebagai penambah cita rasa masakan saja, tapi juga bisa membantu membersihkan noda yang membandel pada cangkir, lho.

Kamu hanya perlu membasahi bagian dalam cangkir atau mug, lalu tambahkan sesendok makan garam, dan gosok mug menggunakan lap hingga noda kopi memudar. Bila dirasa nodanya sudah menghilang, bilas mug dengan air hingga bersih.

4. Rendam dengan cuka

Cuka Foto: Doc. Pexels

Cuka adalah salah satu bumbu dapur yang efektif membersihkan noda yang menempel pada peralatan makan, tak terkecuali noda kopi. Agar mug kesayanganmu kembali bersinar, tuang cuka yang telah dipanaskan di microwave selama kurang lebih dua menit, dan diamkan selama tiga hingga empat jam (atau bahkan semalaman).

Setelahnya, bilas mug yang berisi cuka dengan air bersih. Noda kopi yang menempel akan luruh bersama cuka tersebut.

Kamu pun tak perlu lagi was-was menyesap kopi dengan mug favoritmu. Mug kesayanganmu pun jadi bersih kembali dan terlihat seperti baru. Bye-bye noda bandel!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: