kumparan
16 Feb 2019 19:16 WIB

Tips Mengatur Pola Makan agar Tubuh Tetap Hangat di Musim Hujan

Ilustrasi oatmel. Foto: thinkstockphotos
Musim penghujan sudah tiba. Biasanya, saat hujan sedang sering-seringnya turun, udara menjadi lebih dingin, apalagi bila disertai dengan angin kencang.
ADVERTISEMENT
Hawa dingin ini tak hanya bisa dihalau dengan memakai sweater atau jaket tebal, tapi juga bisa dengan cara mengkonsumsi beberapa makanan tertentu. Ya, beberapa makanan dapat meningkatkan panas tubuh kita, sehingga berguna bagi mereka yang kurang tahan terhadap udara dingin, atau imun tubuh yang lemah.
Karenanya, cobalah untuk menerapkan beberapa pola makan dengan menu tertentu untuk menjaga tubuh tetap hangat selama musim hujan. Bagaimana caranya? Berikut ulasan lengkapnya:
1. Perbanyak mengkonsumsi buah kering
Hindari konsumsi buah-buahan kering Foto: thinkstock
Mengkonsumsi jenis buah-buahan kering bisa membantu tubuh kita tetap hangat selama musim hujan. Misalnya, buah tin, atau buah kurma, yang bisa disantap dengan cara dicampurkan bersama susu hangat.
Keduanya memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang tinggi sehingga berfungsi menjaga kehangatan tubuh. Selain itu, buah tin dan kurma juga dapat meningkatkan energi dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
2. Konsumsi lebih banyak umbi-umbian
Wortel. Foto: Pexels
Dilansir Food NDTV, disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak umbi-umbian seperti wortel, lobak, bawang putih, dan bawang merah. Jenis sayuran ini dicerna lebih lama oleh tubuh, sehingga akan menghasilkan lebih banyak panas tubuh. Tambahkan sayuran tersebut ke dalam menu sehari-hari untuk tetap merasa hangat saat musim hujan.
3. Tambahkan madu ke dalam minuman hangatmu
Ilustrasi Madu Foto: Pixabay
Saat hendak membuat minuman hangat-- teh, atau kopi, misalnya, gantilah gula pasir dengan madu. Tak hanya berfungsi sebagai pemanis alami, madu juga dapat menghangatkan tubuh dengan natural.
Bahkan, makanan ini juga bisa dicampurkan sebagai dressing salad. Meski demikian, sebaiknya para pengidap diabetes tetap memperhatikan takaran madu yang dikonsumsi selama cuaca dingin.
ADVERTISEMENT
4. Campurkan rempah-rempah ke dalam masakan
Rempah-rempah Foto: Thinkstock
Sepertinya sudah jadi rahasia umum bila rempah-rempah berperan untuk menghangatkan tubuh secara alami. Campurkan berbagai jenis rempah seperti jahe, kayu manis, kembang lawang, merica, jinten, dan lainnya ke dalam masakanmu.
Tak hanya menghangatkan, berbagai rempah ini juga akan membuat cita rasa masakan semakin nikmat. Bahkan, kamu juga bisa mencampurkan beberapa rempah-rempah ke dalam teh atau kopi hangatmu untuk mendapatkan lebih banyak sensasi hangat.
5. Konsumsi oatmeal
Oatmeal Porridge Foto: Youtube.com
Butuh menu makanan yang praktis namun tetap dapat menjaga tubuh agar tetap hangat? Cobalah untuk mengkonsumsi oatmeal. Olahan gandum yang satu ini kaya akan kandungan serat dan protein yang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama.
ADVERTISEMENT
Kamu juga bisa menambahkan buah-buahan seperti beri, apel, kurma, atau kismis sebagai campuran untuk memperkaya nutrisi dari hidangan tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan