Pencarian populer

100 Hari Ditinggal Istri, Indro 'Warkop' Belajar Jadi Ayah dan Ibu

Indro 'Warkop'. (Foto: Mustika Sari/kumparan)

Indro 'Warkop' menggelar acara tahlilan 100 hari kepergian sang istri tercinta, Nita Octobijanthy, pada Sabtu (19/1) malam. Acara tersebut dilaksanakan di kediamannya yang bertempat di kawasan Kayu Putih, Jakarta Timur.

Acara pengajian tersebut dihadiri sejumlah orang terdekat Indro 'Warkop' dan Nita. Sebuah tenda putih besar didirikan di depan rumahnya. Selain itu, kursi-kursi juga tersusun rapi untuk para tamu yang hadir.

Hada, anak kedua Indro 'Warkop'. (Foto: Mustika Sari/kumparan)

Doa dan tahlil dimulai sekitar pukul 20.15 dan berakhir pada 21.30 WIB. Dijumpai usai acara pengajian, Indro 'Warkop' dan anak keduanya, Hada, menceritakan tentang kehidupan mereka sejak ditinggal oleh Nita.

"100 hari semakin berat, tapi bukan berarti kami enggak bisa ngapa-ngapain, tapi kami sekeluarga berusaha untuk membuat ini semua berjalan dengan baik. Kami tahu kalau peran mami itu berarti banget," kata Hada.

Semenjak ditinggal oleh sang istri, pria berusia 60 tahun itu kembali beradaptasi untuk menjadi orang tua. Kini Indro 'Warkop' harus menjadi ayah sekaligus ibu bagi anak-anaknya.

"Saya makin belajar, diibilang enggak berat, enggak berat, tapi kan harus berjalan. Dulu saya enggak merhatiin anak, tapi melalui istri saya, punya cara sendiri untuk meng-handle," jelas Indro.

"Tugas untuk menjelaskan terus-menerus dijalani," imbuhnya.

Indro 'Warkop' rayakan ulang tahun istri (Foto: IG @indrowarkop_asli)

Mata Indro 'Warkop' kemudian menerawang. Ia mengingat-ingat kesalahan apa yang pernah dilakukannya pada sang istri dulu. Seandainya memiliki kesempatan, pemain film 'Warkop DKI Reborrn' ini ingin mengutarakan permintaan maaf atas segala kesalahan yang pernah terjadi.

"Aku tuh kayak keluarga yang biasa, suka marahan, kasar. Tapi ya itu, istriku sabar banget. Kalau salah ucap, aku mau minta maaf lagi, ada hal-hal yang sulit diucapkan, tapi aku waktu itu enggak kepikiran," tutur Indro.

Saat ini, hal terbaik yang bisa dilakukan Indro untuk istrinya hanyalah berdoa. Selain itu, dia juga rutin mengurus makam istrinya agar selalu terlihat bersih terawat.

"Dia orang yang enggak suka lihat kuburan enggak dirawat. Dia enggak suka kalau ada kuburan yang sampai banyak alang-alangnya gitu," tandas Indro 'Warkop'.

Nita mengembuskan napas terakhir pada 9 Oktober 2018. Ia meninggal dunia karena penyakit kanker paru-paru.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: