kumparan
10 Des 2018 15:06 WIB

3 Selebriti yang Fobia Ruang Sempit

Selebriti yang fobia ruang sempit. (Foto: Infografik Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan)
Hampir setiap manusia memiliki ketakutan terhadap sesuatu alias fobia. Terkadang, fobia juga dapat muncul secara tiba-tiba dan mengganggu aktivitas yang tengah mereka jalani. Seperti beberapa selebriti di bawah ini.
ADVERTISEMENT
Mereka ternyata memiliki ketakutan terhadap ruang sempit atau biasa disebut claustrophobia. Hal tersebut rupanya bisa menimbulkan sejumlah sugesti kepada orang yang mengidapnya, seperti khawatir sulit bernapas, kehabisan oksigen, dan takut tak bisa bergerak karena terbatasnya ruang. Berikut ulasannya.
1. Dwi Sasono
Dwi Sasono (Foto: Munady)
Aktor Dwi Sasono fobia terhadap ruang sempit. Hal tersebut baru disadari oleh suami dari Widi Mulia itu ketika dirinya tengah menjalani tes medis MRI (magnetic resonance imaging) di sebuah rumah sakit. Kala itu, ia pun harus berbaring dan masuk ke sebuah ruangan sempit. Dwi pun langsung panik dan keringat dingin.
Hal tersebut ternyata juga dirasakan pemain film 'Mengejar Mas-mas' itu ketika tengah berada di pesawat. Dwi merasa panik saat pesawat tersebut ditunda keberangkatannya lantaran mengalami permasalahan teknis. Sementara, pintu pesawat sudah ditutup dan ia duduk di kursi penumpang di bagian tengah.
ADVERTISEMENT
"Saya langsung nanya pramugarinya, 'Mbak, ini kita harus nunggu 40 menit?' 'Iya mas'. Saya nanya, 'Enggak dibuka pintunya? Gue cuma butuh udara saja gitu', tapi enggak bisa dibuka kan," kata Dwi Sasono dalam wawancaranya kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Kemudian, Dwi pun menceritakan fobianya itu kepada pramugari tersebut. Hingga pada akhirnya, ia dipindahkan tempat duduknya dekat pintu darurat.
2. Monita Tahalea
Monita Tahalea saat diwawancara di kumparan. (Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan)
Penyanyi Monita Tahalea juga mengungkapkan bahwa dirinya memiliki rasa takut terhadap ruang sempit. Fobia tersebut bisa muncul ketika dirinya tengah berada di lift.
"Jadi, suka hilang fokus gitu di tengah-tengah terus panik. Kalau masuk lift kan sempit ya. Itu bisa biasa, tapi pas di tengah-tengah, 'duh... Kayak...' panik sendiri. Enggak jelas banget sih pokoknya," kata Monita Tahalea dalam sesi trivia di kumparan beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Tak hanya panik saat berada di ruang sempit, istri dari Bayu Risa itu juga mengaku kerap mendadak panik saat tengah mempersiapkan diri untuk manggung.
"Panik tiba-tiba gitu. Jadi, kayak sudah siap terus tahu-tahu waduh liriknya lupa. Suka blank tiba-tiba dan enggak jelas gitulah," imbuh pelantun 'Kekasih Sejati' itu.
3. Giring Ganesha 'Nidji'
Giring Ganesha. (Foto: Munady Widjaja)
Vokalis grup musik Nidji, Giring Ganesha, juga mengidap claustrophobia. Ketakutan tersebut bermula saat ia hampir pingsan di dalam sebuah peti. Hal tersebut terjadi ketika Giring bersama para personel Nidji lainnya tengah mengisi sebuah acara salah satu televisi swasta.
Sebelum tampil bersama Nidji, Giring harus masuk ke dalam peti. Ia juga mengaku tak paham mengapa saat itu dirinya harus masuk ke dalam peti.
ADVERTISEMENT
"Waktu latihan, petinya enggak ditutup, jadi santai saja. Waktu geladi resik, aman. Tapi, waktu live, ternyata ditutup," kata Giring Ganesha.
Peristiwa yang terjadi sekitar tahun 2007--2008 itu membuat Giring cemas dan hingga kini masih membekas dalam benaknya. Pelantun 'Laskar Pelangi' itu masih merasa takut jika berada di ruang sempit dan gelap. Sebab, hal itu membuat dirinya sulit untuk bernapas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan