Pencarian populer

5 Fakta Terkait Viralnya Video Salmafina Sunan

Salmafina Sunan Foto: Instagram @salmafinasunan

Nama Salmafina Sunan kini tengah menjadi sorotan. Sebabnya, video yang memperlihatkan selebgram berusia 19 tahun itu seperti berada di bawah pengaruh alkohol, viral di media sosial.

Video tersebut direkam oleh salah seorang teman Salmafina. Sontak, video tersebut langsung menuai kritik dan beragam komentar pedas yang menyudutkan Salmafina

Apalagi, video itu viral setelah Salmafina memutuskan untuk melepas hijabnya.

Berikut fakta-fakta viralnya video Salmafina yang telah dirangkum kumparan.

1. Video Salmafina viral karena diduga mabuk

Video Salmafina yang viral itu berawal dari unggahan IG Story salah seorang temannya yang bernama Maulida.

Dalam video berdurasi singkat itu, Salmafina Sunan terlihat duduk bersila di sebuah sofa yang diduga berada di kelab malam dan mengenakan busana merah.

Ia menggelengkan kepalanya mengikuti irama musik yang berputar di kelab tersebut. Meski pakaian dalamnya nyaris terlihat, Salmafina Sunan tampak tidak peduli lantaran kondisinya seperti setengah sadar.

Video tersebut kembali membuat mantan istri Taqy Malik itu kembali dibully netizen. Mengingat sebelumnya ia telah memutuskan untuk melepas hijab yang selama ini ia kenakan.

Salma pun memberikan bantahannya melalui Instagram story yang ia unggah. Ia menegaskan bahwa saat itu dirinya tidak dalam keadaan mabuk.

"Jumat malam saya berada di salah satu tempat untuk menikmati DJ, menari dan bernyanyi bersama mengikuti alunan musik, dan saya tidak mabuk, tetapi saya ceroboh," katanya.

Salmafina Sunan klarifikasi soal videonya yang viral di dunia maya. Foto: instagram/salmafinasunan

Namun, Salmafina Sunan tidak memungkiri tingkah lakunya itu tidak pantas dilakukan terlebih statusnya sebagai seorang figur publik.

"Itu tetap salah dan tidak pantas. Saya sadar sekarang bahwa perilaku saya tidak patut dicontoh dan untuk itu saya minta maaf," lanjut Salma.

2. Salmafina dan Ayahnya klarifikasi video tersebut lewat vlog

Setelah sempat bungkam dari kejaran awak media, Salmafina dan ayahnya, Sunan Kalijaga pun akhirnya memberikan klarifikasi.

Salah satu klarifikasi yang menegaskan dirinya tidak lah mabuk itu adalah melalui vlog yang diunggah sang ayah di channel Youtubenya, Sunan Kalijaga.

“Sumpah (enggak mabuk),” kata Salmafina kepada sang ayah dalam video bertajuk ‘Klarifikasi Salma tentang videonya yang viral!!’.

Ia juga membantah video tersebut direkam saat ia berada dalam kelab malam.

Ketika kejadian itu, Salma sedang berkumpul dengan teman-temannya di sebuah lounge. Salma mengaku saat itu berada dalam kondisi galau.

Akan tetapi, caranya mengekapresikan kegalauannya itu ternyata salah. Sehingga, ia tampak seperti dalam keadaan mabuk.

“Menurut aku itu kesalahan saja. Udah jelas enggak mabuk, tapi aku bergaya kayak gitu. Emang kesalahan aku,” ucap Salma.

Salma mengaku terkejut ketika temannya tersebut merekam seluruh tubuhnya. Padahal, biasanya ia merekam video teman-temannya hanya di bagian wajah saja.

“Kalau lagi pakai seksi enggak aku upload. Yang aku kecewa, yang ambil video itu suka pakai-pakaian seksi. Aku kira dia akan melakukan yang sama, cuma ambil muka aku,” tutur Salma.

Salmafina ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (14/8). Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan

Sementara itu, Sunan mengatakan bahwa ia tidak pernah melarang Salma untuk berkumpul dengan teman-temannya. Namun, Sunan tetap mengawal buah hatinya tersebut. Ia juga mengingatkan agar tidak ada alkohol ketika Salma sedang bersama temannya.

"Jadi, saya dalam mendidik Salma itu, saya enggak ingin dia ngumpet-ngumpet kok. Dia mau ke klab, ketemu teman-temannya, ulang tahun, ayo aku anterin, ayah anterin. Lalu di sana ayah ketemu teman-temannya, udah kamu have fun di sana, ayah duduk tungguin dia," ucap Sunan.

3. Sunan Kalijaga sempat pukul Salmafina.

Pengacara Sunan Kalijaga selama ini tampak sangat membela putrinya yang tengah jadi sasaran bully netizen.

Meskipun membela sang anak karena viralnya video tersebut, namun bukan berarti Sunan tidak menghukum Salmafina.

Sesaat setelah video tersebut viral, Sunan sempat 'memukul' tangan putri sulungnya itu. Tujuannya untuk mengagetkan Salmafina.

"Saya marahin, saya kenakan sanksi, bahkan saya pukul pakai tangan saya akibat ini semua. Jadi jangan bilang kalau saya melindungi anak saya membela anak lahir tanpa memberikan efek jera kepada dia," kata Sunan baru-baru ini.

Sunan Kalijaga. Foto: Giovanni/kumparan

"(Pukulan itu) Membuat dia kaget lebih kepada menunjukkan bahwa saya orang tua bukan bermaksud untuk melukai atau meninggalkan bekas. Sehingga pada saat itu dia betul-betul terhentak 'wah ayah saya marah sekali," lanjut Sunan.

4. Sunan Kalijaga laporkan teman Salmafina ke Polisi

Viralnya video Salmafina di media sosial membuat Sunan Kalijaga sebagai ayah murka. Ia merasa video tersebut telah mencoreng nama keluarganya.

Sunan juga telah melaporkan teman putri sulungnya itu ke polisi. Meskipun, teman Salmafina telah menyampaikan permintaan maaf.

Tetapi, Sunan punya alasan yang sangat kuat mengapa ia ingin memperkarakan hal tersebut. "Orang bilang kenapa saya menyalahkan orang lain, bukan anak saya? Satu, peristiwa ini menjadi viral akibat perbuatan nona N," ujar Sunan Kalijaga.

"Jadi kalau dia memang seorang teman yang baik, harusnya dia tidak mengupload," ujarnya. Jika memang tetap ingin mengunggah, Sunan menilai teman Salmafina bisa melakukan edit atau sensor bagian-bagian yang tidak pantas terlihat.

Salmafina ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (14/8). Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan

"Atau sebelum dia rekam, dia bilang ke Salma, 'Salma duduknya yang bener dong', itu yang namanya temen baik," kata Sunan. Tambah lagi, alasan teman Salmafina mengunggah video tersebut terdengar cukup konyol.

"Saya tanya apa maksud dan tujuan kamu? 'Biar keren aja om'. Biar kerennya dia, naik followersnya tapi dengan cara mempermalukan kami. Harusnya kan bisa dengan cara-cara yang positif...Enggak perlu dia melakukan sesuatu yang istilahnya nginjek kepala keluarga kami untuk terkenal atau hebatnya dia dilihat orang gitu," katanya.

5. Salmafina unfollow sejumlah temannya di Instagram

Viralnya video tersebut ternyata berbuntut panjang. Tak hanya dibawa ke jalur hukum oleh Sunan Kalijaga, Salmafina juga ambil tindakan soal videonya tersebut.

Salmafina memutuskan menghapus pertemanan dengan sekitar 50 orang di media sosial yang dianggapnya pengkhianat, dan tidak memiliki kedekatan khusus dengannya.

"Unfollowed 50 pengkhianatku dan teman yang sekadar kenal aja," ungkap mantan istri Taqy Malik itu di fitur Instagram Story-nya, Rabu (20/3).

Salmafina Sunan menghapus pertemanannya dengan beberapa orang setelah heboh video dirinya diduga tengah berada di kelab malam. Foto: instagram/salmafinasunan

Dari masalah ini, Salma juga belajar agar lebih berhati-hati dalam bergaul. Keputusannya menghapus pertemanan dengan 50 orang itu, juga lantaran ia tak mau lagi tertipu.

"Orang-orang yang merasa kamu mudah tertipu, balas menusukmu dan berpura-pura seolah semuanya baik-baik saja. Tapi, begitu kamu tahu kejahatan mereka, hilangkan mereka dari kehidupanmu. Jangan beri mereka kesempatan lagi untuk menipumu," tulis Salmafina.

Salma mengaku kapok karena terlalu mudah percaya pada orang lain hingga akhirnya merasakan dikhianati. Banyak orang yang menurutnya di luar terlihat manis, ternyata berbanding terbalik dengan kenyataannya.

Salmafina Sunan buka suara soal keputusannya mengurangi jumlah temannya. Foto: instagram/salmafinasunan

Namun, Salma mengaku tidak ingin membalas kejahatan yang sudah dilakukan temannya. Ia lebih memilih untuk menunjukkan kebahagiaan kepada orang yang sudah menyakitinya.

"Kebahagiaan adalah balas dendam terbaik untuk semua kesalahan yang dilakukan padamu. Aku tidak akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk merencanakan balas dendam yang sempurna," tegasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61