Pencarian populer

5 Film Hollywood yang Mengadaptasi Drama Korea

Listicle Film Hollywood yang mengadaptasi Drama Korea. Foto: Infografik: Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan.

Miles Film mengadaptasi film drama Korea Selatan bertajuk 'Sunny'. Untuk versi Indonesianya, film itu diberi judul 'Bebas' dan dibintangi banyak artis papan atas, seperti Marsha Timothy, Baim Wong, dan Sheryl Sheinafia.

Nyatanya, ada banyak film Hollywood yang juga mengadaptasi film atau serial drama Korea Selatan. Apa saja film-film itu dan bagaimana kesuksesannya di pasaran?

1. The Lake House

Film drama 'The Lake House' diadaptasi dari film Korea berjudul 'Il Mare' yang rilis pada tahun 2000 lalu. Untuk versi Koreanya, film 'Il Mare' dibintangi oleh Jun Ji-hyun dan Lee Jung jae.

Sedangkan untuk versi Hollywood, film 'The Lake House' dibintangi oleh Sandra Bullock sebagai Kate, dan Keanu Reeves sebagai Alex.

Dalam film ini diceritakan bahwa Alex adalah seorang dokter yang jatuh cinta pada Kate, seorang arsitek. Keduanya pun kerap bertukar surat.

Namun, mereka sebenarnya tinggal di dua tahun yang berbeda, Kate pertama kali mengirim surat pada 2006, sedangkan Alex pertama kali mengirim surat pada 2004.

Film 'The Lake House' sukses besar dan memperoleh keuntungan hingga Rp 1,6 triliun. Padahal, jalan ceritanya tidak banyak berbeda dari versi drama Korea-nya.

2. Mirrors

Film 'Mirrors' yang dibintangi Kiefer Sutherland merupakan adaptasi dari film horor Korea Selatan bertajuk 'Into The Mirror'. Film 'Into The Mirror' rilis pada 2003, sedangkan 'Mirrors' rilis pada 2008.

Tokoh utama di film ini sama-sama berprofesi sebagai petugas keamanan.

Dari segi cerita, sutradara Alexandre Aja tidak mengadaptasi penuh film 'Into The Mirror'. Namun, jalan cerita film 'Mirrors' jauh lebih kompleks, rumit, dan membuat siapa saja yang menontonnya berpikir.

Entah karena jalan cerita yang terlalu rumit atau 'Into The Mirror' sudah terlalu populer, film 'Mirrors' tidak berhasil mendapat keuntungan yang besar. Film ini hanya mendulang keuntungan sebesar Rp 1,1 triliun dengan modal Rp 500 miliar.

3. My Sassy Girl

Serial drama Korea 'My Sassy Girl' juga turut diadaptasi menjadi film Hollywood dengan judul yang sama pada 2001. Yann Samuel menjadi sutradara di film adaptasinya, sedangkan Elisha Cuuthbert dan Jesse Bradford dipercaya menjadi pemeran utama.

Serial drama Korea 'My Sassy Girl' terkenal sebagai salah satu serial romantis terbaik di era 90-an. Mengangkat kisah cinta antara perempuan kaya raya dan pria biasa, serial ini mendulang banyak fans di seluruh dunia.

Ketika diadaptasi menjadi film oleh Hollywood, alur ceritanya tidak banyak berubah. Hanya saja, aktor yang berperan kurang tenar. Akhirnya 'My Sassy Girl' versi Hollywood, tak meraup banyak keuntungan.

4. Possession

'Possesion' adalah film tahun 2008 yang diadaptasi dari film Korea bertajuk 'Addicted'. Film ini dibintangi oleh Sarah Michelle Gellar, aktris yang terkenal berkat perannya di 'Buffy the Vampire Slayer', dan Lee Pace, pemeran Ronan the Accuser di film 'Guardians of the Galaxy' dan 'Captain Marvel'.

Film 'Possession' dan 'Addiction' punya alur cerita yang hampir mirip. Dalam film 'Possesion' dua mobil saudara yang berseteru, Ryan (Michael Landes) dan Roman (Lee Pace) bertabrakan.

Kemudian keduanya koma dan bangun dengan jiwa yang tertukar, sedangkan dalam film 'Addicted' dua saudara Dae-jun (Lee Byung hun) dan Ho-jun (Lee Eol) sama-sama mengalami kecelakaan di waktu bersamaan, namun di tempat berbeda.

Dengan kisah supranatural dan drama romantis, film 'Possesion' berhasil meraup keuntungan yang cukup besar. Film ini pun sukses menyamai kesuksesan film 'Addiction' yang rilis 7 tahun lebih awal.

5. Oldboy

Film Hollywood bertajuk 'Oldboy' merupakan adaptasi dari film Korea yang berjudul sama dan tayang di tahun 2003. Untuk versi Hollywoodnya, Spike Lee terpilih menjadi sutradara dan tayang pada 2013.

Film ini menceritakan tentang seorang cowok yang diculik dan disekap selama bertahun-tahun tanpa tahu kesalahannya. Ini adalah salah satu film Hollywood dengan twist ending yang sangat mengejutkan.

Josh Brolin, pemeran Thanos, dan Samuel L. Jackson, pemeran Nick Fury, sama-sama berperan di film ini. Jadi, kalau mau melihat Thanos dan Fury berteman, silakan saksikan sendiri film 'Oldboy'.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33