Pencarian populer

5 Lagu dengan Sentuhan Yockie Suryo Prayogo

Yockie Suryo Prayogo. (Foto: Instagram @yockie_suryo_prayogo)

Seumur hidupnya, Yockie Suryo Prayogo telah menyumbangkan banyak ide, gagasan, serta karya bagi perkembangan indusri musik Tanah Air. Sumbangsihnya tersebut membuat kita mampu menikmati musik dengan kualitas yang luar biasa.

Kini, Yockie telah tiada. Dia mengembuskan napas terakhirnya di usia 63 tahun pada hari Senin (5/2), setelah berjuang melawan penyakit komplikasi yang dideritanya. Meski begitu, rentetan karyanya tetap dapat kita nikmati.

Karya Yockie sampai saat ini masih banyak disukai. Bahkan, beberapa lagu yang mendapat sentuhan Yockie ini tetap dapat diterima di kalangan anak muda.

Yockie Suryo Prayogo (Foto: Munady)

Sentuhan tangan dingin Yockie terhadap musik juga dapat dinikmati lewat lagu-lagu hasil 'Lomba Cipta Lagu Remaja' di era '70-an hingga '80-an. Dalam album kompilasi tersebut, Yockie lebih sering terlibat sebagai arranger.

Dian Pramana Putra, musisi senior Tanah Air bahkan menyebut Yockie sebagai seorang musisi, komposer, hingga arranger yang jenius. Menurutnya, Yockie mampu menyimpan instrumen dalam kepalanya.

"Yockie adalah musisi yang brilian. Musisi yang menyimpan semua data-data arrangement di kepalanya, menyimpan semua data-data lirik lagi di kepalanya, menyimpan semua data-data melodi di kepalanya," kata Dian ketika ditemui beberapa waktu lalu di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta.

Berikut lima lagu pilihan kumparan (kumparan.com) yang mendapat sentuhan Yockie di dalamnya.

1. 'Pelangi'

Lagu yang dinyanyikan Chrisye ini masuk dalam album 'Badai Pasti Berlalu'. Suara Chrisye seolah melebur dengan lirik dan alunan nada yang sulit dilupakan. Album ini dirilis pada tahun 1977.

2. 'Sabda Alam'

Lagu ini masuk kedalam album Chrisye dengan judul yang sama, 'Sabda Alam'. D'Masiv juga pernah membuat cover lagu ini.

Hal ini membuktikan bahwa sentuhan Yockie mampu membuat lagu ini dapat diterima oleh seluruh kalangan masyarakat.

3. 'Juwita'

Tak perlu menunggu bagian reff untuk ikut bernyanyi bersama dalam lagu yang masuk dalam album 'Sabda Alam' ini. Karena pada intro 'Juwita', Yockie menyelipkan alunan nada yang bisa membuat kita bersenandung bersama.

4. 'Angin Malam'

Alunan nada yang syahdu memaksa kita untuk turut masuk dalam lirik yang indah di lagu ini. Lewat lagu yang masuk ke dalam album 'Badai Pasti Berlalu' ini, Yockie dan Chrisye seolah mengajak kita untuk menyegarkan pikiran.

5. 'Dalam Kelembutan Pagi'

Lagu ini merupakan salah satu lagu terbaik dalam 'Lomba Cipta Lagu Remaja' Tahun 1977. Vokal Yockie membaur indah dengan vokal Dhenok Wahyudi. Lewat lagu ini, Yockie dan Dhenok mengembangkan kembali bunga asmara para pendengarnya.

Dari beberapa lagu pilihan kumparan, Chrisye mendominasi daftar yang telah kami buat. Tidak dapat dipungkiri bahwa kolaborasi Yockie dan mantan bassist 'Gipsy Band' itu memang selalu menjadi hits.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: