kumparan
5 Jun 2018 15:01 WIB

5 Musisi Muslim yang Sukses di Skena Musik Hip Hop AS

Musisi-musisi Muslim di Hollywood (Foto: AFP, Instagram @frenchmontana @daveeast_side)
Tidak banyak para pelaku seni industri musik hip hop yang beragama Islam, terutama mereka yang berkarier di industri musik di Amerika Serikat. Alasannya, budaya dan gaya hidup musisi hip hop di Negeri Paman Sam cukup bertentangan dengan nilai-nilai ajaran islam.
ADVERTISEMENT
Tetapi tak sedikit musisi muslim yang memilih karier di genre hip hop karena passion dan bakat mereka. Berikut ini adalah lima musisi Islam yang sukses di skena hip hop AS versi kumparan.
1. Akon
Akon (Foto: Instagram @akon)
Pria bernama lengkap Aliaume Damala Badara Akon Thiam ini sudah tak asing lagi di industri musik RnB dan hip hop Amerika Serikat. Hingga kini, Akon telah berkolaborasinya dengan berbagai musisi, dengan Gwen Stefani di lagu ‘Sweet Escape’, Snoop Dogg dan Eminem di lagu ‘Smack That’, serta Lil Wayne di lagu ‘I’m So Paid’. Lagu-lagu tersebut pun masih ramai diperdengarkan di radio dari berbagai belahan dunia.
Meski kariernya bersinar, Akon tak pernah malu mengakui dirinya sebagai seorang Muslim. Meski banyak perdebatan yang mengatakan bahwa Islam mengharamkan musik--dilansir dari koran The National Abu Dhabi, Arab, Akon justru menganggap kepiawaiannya dalam bermusik datang dari kebiasaannya mengumandangkan ayat-ayat suci Alquran.
ADVERTISEMENT
“Aku lahir sebagai seorang Muslim. Setiap beribadah, umat Islam melantunkan ayat-ayatnya. Azan di belahan dunia mana pun juga dilantunkan dalam melodi. Jadi, jangan bilang padaku Islam mengharamkan musik,” kata Akon.
Lewat karya berupa musik yang telah dilakoninya selama lebih dari satu setengah dekade, kini Akon makin bangga menunjukkan identitas keyakinannya di mata dunia. Pada 5 Maret lalu, Akon dengan mengunggah foto dirinya yang mengenakan baju koko putih di tengah dua pria dengan dua ras berbeda.
Tak heran rasanya jika tahun lalu, Tap Magazine menobatkan Akon sebagai orang paling berpengaruh di Afrika. Bermodalkan inspirasinya terhadap anak-anak muda di sana, wajah Akon akhirnya bisa terpampang apik di halaman muka majalah tersebut.
ADVERTISEMENT
Tapi, ada beberapa kontroversi yang dibuat Akon selama berkarier sebagai penyanyi. Pada 2011,The Lonely Island menggandeng Akon untuk berkolaborasi di lagu 'I Just Had Sex'.
Namun, Akon juga merupakan seorang yang peduli pada sesama. Saat ini, pelantun 'Lonely' itu sedang menjalani program kemanusiaan 'Akon Lighting' yang melibatkan 25 negara di dunia termasuk Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk memberikan akses listrik dan penerangan ke pemukiman suku anak dalam, orang rimba, serta suku-suku yang hidup di daerah pedalaman dan terpencil lainnya. Di Indonesia, Akon bekerja sama dengan Kementerian Sosial dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
2. Dave East
Dave East (Foto: Instagram @daveeast)
Karier East di industri hip hop mulai menanjak sejak dia menarik perhatian Nas, rapper senior asal New York, AS, pada 2014. Nas kemudian mengajaknya untuk bergabung sebagai salah satu artis di label rekamannya, Mass Appeal Records.
ADVERTISEMENT
Sebelum sukses menjadi rapper, ternyata pria berusia 30 tahun itu memiliki masa lalu yang kelam. Terlalu banyak dikekang oleh sang ayah yang menginginkannya menjadi seorang pemain basket profesional, East justru terjerumus dan menjadi pengedar narkoba saat duduk di bangku kuliah.
Dilansir XXL Magazine, setelah tertangkap polisi dan dipenjara selama 6 bulan, East mulai menata kembali hidupnya. Pada 2013, dia memutuskan untuk menjadi mualaf dan mendalami agama Islam, tepatnya saat dirinya masih berada di penjara.
"Islam membuat hidupku lebih disiplin. Dahulu, aku selalu memiliki sifat yang pamrih, tapi kau tak bisa hidup seperti itu. Hidup adalah tentang kebaikan yang bisa kau berikan pada orang lain, bukan sebaliknya,” kata East.
ADVERTISEMENT
Cintanya pada Islam pun tak main-main. East mengatakan dengan tegas bahwa dia kesal dengan perspektif negatif orang-orang terhadap Islam, terutama bagi mereka yang menyebut Islam adalah agama para teroris.
"Islam dipandang negatif di dunia ini, berdasarkan apa yang media coba tunjukkan. Islam tidak menunjukkan kedamaian. Jauh di lubuk hatiku, tentang apa yang kulihat dan aku alami, tidak ada yang lebih baik dari Islam," ujar pria yang merilis album terbarunya, 'P2', pada 16 Januari lalu. Album tersebut juga menampilkan Tory Lanez dan T.I sebagai kawan kolaborasinya.
3. Busta Rhymes
Busta Rhymes (Foto: Instagram @bustarhymes)
Meski single ‘Arab Money’ sempat dicekal oleh banyak pihak karena menggunakan kalimat syahadat sebagai bagian dari liriknya, Rhymes pada dasarnya merupakan salah seorang rapper asli AS yang taat menganut Islam.
ADVERTISEMENT
Pada 2007, Hollywood TV sempat mewawancarai Rhymes dan mempertanyakan kepercayaan yang dianutnya. Dengan bangga, pria bernama asli Trevor George Smith Jr. ini menyatakan diri sebagai seorang muslim.
“Aku percaya, tiada Tuhan selain Allah. Segala puji bagi Allah, pencipta dunia, yang terhebat, murah hati, dan pemaaf. Kujalani hidupku sesuai ajaran Islam,” ungkap pria yang bersahabat dengan P Diddy dan Jay Z itu.
Pria yang pernah berkolaborasi dengan Chris Brown di lagu ‘Look At Me Now’ tersebut juga mengimbau agar para umat muslim di Negeri Paman Sam tidak malu untuk mengakui agama yang turun-temurun dianut oleh keluarganya. Selain taat beragama, Rhymes juga dikenal sebagai pribadi yang sayang terhadap orang tuanya.
ADVERTISEMENT
4. French Montana
French Montana (Foto: Instagram @frenchmontana)
Tahun 2017 merupakan tahun paling cemerlang bagi French Montana, tepatnya setelah single ‘Unforgettable’ ciptaannya ditonton lebih dari 690 juta kali di YouTube. Tak heran rasanya jika dia kemudian mendapat banyak berkah dan bisa hidup glamor layaknya musisi-musisi sukses AS lainnya.
Montana merupakan penganut Islam yang taat. Dilansir XXL Magazine, dia pernah marah mendengar perkataan Presiden Trump yang seolah mengecilkan Islam dengan mengaitkannya pada organisasi teroris ISIS.
“Jika kau menjadi bagian dari ISIS, 80 persen kejahatan yang mereka buat bertentangan dengan umat Muslim. Sepertinya tak banyak orang yang mengerti itu. Banyak orang yang sepertinya tidak mempelajari budaya Muslim dengan baik, mempelajari siapa ISIS yang sebenarnya. Mereka organisasi korup,” katanya.
ADVERTISEMENT
Kecintaan Montana pada Islam tak sampai di situ. Tahun lalu, Montana merekam dirinya dan temannya, Vin Diesel, menggunakan ponselnya di sebuah kolam renang. Dalam video tersebut, Diesel memuji Montana yang menjalani ibadah di bulan Ramadan dengan tekun dan taat.
5. DJ Khaled
DJ Khaled (Foto: REUTERS/Steve Marcus)
Saat ini, DJ Khaled sedang berada di puncak kariernya. Bagaimana tidak? Berbagai musisi mulai dari Drake, Justin Bieber, Lil Wayne, sampai Nicki Minaj, pernah diproduseri oleh pria berdarah Palestina tersebut.
Gaya hidup ayah anak satu ini tak pernah lepas dari kesan mewah. Tahun lalu, pria yang populer dengan kalimat ‘We the best’ dan ‘Another one’ ini bahkan membeli rumah mewah yang dahulu dimiliki oleh Robbie Williams di kawasan Los Angeles, California, Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Meski hidup mewah, pria berusia 42 tahun dan bernama asli Khaled Mohamed Khaled ini ternyata tidak pernah lupa dengan ajaran Islam yang dianutnya. Dalam sebuah video yang tersebar di YouTube, Khaled diperlihatkan tengah memperdengarkan lantunan azan pada Asahd Tuck Khaled, anak pertamanya yang lahir pada 23 Oktober 2016, saat masih bayi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan