kumparan
10 Jul 2019 12:02 WIB

5 Penyanyi Indonesia yang Ganti Nama Panggung

Penyangi Indonesia yang mengganti nama panggung. Foto: Graphic: Putri Sarah Arifira/kumparan
Sebagian besar penyanyi lebih dikenal dengan nama panggungnya daripada nama asli. Akan tetapi, ada beberapa di antara mereka yang memilih untuk mengganti nama panggung setelah terkenal.
ADVERTISEMENT
Mereka melakukan hal itu karena berbagai alasan. Ada yang menggantinya karena kurang cocok dengan nama tersebut, namun ada juga yang mengganti nama karena sering sakit.
  1. Rich Brian
Rich Brian Foto: Facebook/Rich Brian
Sebelum dikenal sebagai Rich Brian, dia memiliki nama panggung Rich Chigga. Cowok berumur 19 tahun ini mengganti nama panggungnya pada Januari 2018. Hal tersebut diumumkan olehnya lewat tulisan yang diunggah ke Twitter-nya.
Dalam tulisan itu, pelantun lagu ‘Yellow’ ini mengatakan jika ia sudah merencanakan untuk mengganti nama panggungnya sejak lama. Brian pun merasa senang karena bisa mewujudkan keinginannya.
Ya, sekarang saya menggunakan ‘Brian’. Saya sudah merencanakan ini sejak lama dan saya sangat senang akhirnya melakukan hal ini. Saya dulu naif dan membuat sebuah kesalahan. Tahun baru, awal baru, selamat tahun baru,” tulis pelantun lagu 'Glow Like Dat' itu.
ADVERTISEMENT
  1. Dita Anggraeni
Dita Mey Chan Foto: Munady
Mey Chan yang merupakan mantan anggota Duo Maia, mengganti nama panggungnya menjadi Dita Anggraeni. Dia menggunakan nama tersebut yang merupakan nama aslinya.
“Sudah tua kalau pakai (nama) Mey Chan. Dan mama lagi sakit, dia manggilnya ‘Dita, Dita, Dita.’ Jadi, pengin balik dengan nama sesuai akta kelahiran, sesuai nama pemberian orang tua,” tutur Dita saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.
Saat memutuskan mengganti nama panggungnya, perempuan kelahiran Malang, Jawa Timur ini sempat berkonsultasi dengan Maia. Dia pun mendapat masukan dari pelantun lagu ‘Sang Penggoda’ itu.
“Bunda cuma bilang, ‘risikonya kalau balik nama asli, kamu balik dari nol, mengenalkan diri lagi ke orang.’ Cuma aku mikir, ya sudah lah, yang penting kekuatan di lagu. Bunda sempat bilang, ‘Aku bingung nih, manggil kamu apa karena sudah kebiasaan Mey Chan’,” katanya.
ADVERTISEMENT
  1. Sarwendah
Sarwendah. Foto: Munady
Wenda Tan merupakan nama panggung yang digunakan oleh Sarwendah, sebelum dia memakai nama asli sekaligus menjadi nama panggungnya. Namun, dia tak menyisipkan marga Tan di belakang nama panggungnya.
Dalam sebuah wawancara pada 2014 lalu, istri Ruben Onsu ini mengatakan jika suaminya lah yang lebih banyak berpikir soal urusan penggantian namanya itu. Salah satu alasannya mengganti nama, karena dia sering sakit-sakitan.
“Dia (Ruben) sih yang lebih mirikin. Aku sakit melulu, capek. Diinfus melulu, sakit juga badannya. Kalau memang ini terbaik, kenapa enggak dicoba, enggak ada salahnya," imbuh Sarwendah.
  1. Titi Rajo Bintang
Titi Rajo Bintang. Foto: Instagram/@titirajobintang
Pada Februari 2013 lalu, Titi Sjuman mengganti nama panggungnya menjadi Titi Rajo Bintang, yang diambil dari nama aslinya. Sedangkan Sjuman adalah nama belakang dari mantan suaminya, Aksan Sjuman.
ADVERTISEMENT
Perempuan berumur 38 tahun ini mengaku jika dia mengubah nama panggungnya, bukan hanya karena dirinya bercerai dengan pria yang akrab disapa Wong Aksan itu.
“Satu hal yang penting adalah dengan ada atau tidak ada perceraian ini, saya mulai 10 Februari yang bertepatan dengan hari kelahiran saya, saya akan memakai kembali nama asli saya. Nama lahir saya, nama ayah saya tercinta, Titi Rajo Bintang,” ujar Titi dalam sebuah wawancara.
  1. Mulan Jameela
Penyanyi Mulan Jameela saat hadir di Gempita Indonesia di hotel Sultan Jakarta Minggu (23/3). Foto: Ronny/kumparan
Di awal kariernya, Mulan Jameela lebih dikenal dengan nama Mulan Kwok. Saat itu, ia masih bergabung dengan grup duo Ratu, bersama Maia Estianty.
Pada 2007, istri dari Ahmad Dhani ini hengkang dari Ratu. Di tahun yang sama, dia bergabung dengan Republik Cinta Management dan meluncurkan album solo perdananya yang bertajuk ‘Mulan Jameela’.
ADVERTISEMENT
Sejak saat itu, perempuan kelahiran Garut, Jawa Barat ini tak lagi menggunakan nama Mulan Kwok sebagai nama panggung. Judul albumnya itu sekaligus menjadi nama panggungnya sampai saat ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan