Pencarian populer

5 Penyanyi Luar Negeri yang Pernah Membatalkan Konser di Indonesia

Para musisi yang sempat batal konser di Indonesia Foto: Infografik: Putri Sarah Arifira/kumparan

Saat menggelar tur dunia, beberapa penyanyi Internasional kerap menyambangi Tanah Air untuk menghibur penggemar mereka. Tiket konser mereka pun ludes dalam waktu yang cepat.

Namun, saat berbagai persiapan sudah dilakukan, ada beberapa di antara mereka yang terpaksa batal menggelar konser di Indonesia, karena berbagai alasan. Meski ada juga beberapa di antara mereka yang menjadwalkan ulang

Siapa saja mereka? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Lauv

Lauv di Java Jazz 2018 Foto: Garin Gustavian/kumparan

Penyanyi muda asal Amerika Serikat, Lauv dijadwalkan untuk menggelar konser di Indonesia pada 24 Mei lalu di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat.

Konser tersebut dibatalkan karena mengutamakan keselamatan Lauv. Ya, belum lama ini, terjadi kericuhan di beberapa wilayah Jakarta selama beberapa hari.

Loading Instagram...

"Lauv mementingkan keselamatan dan kenyamanan para penggemarnya, serta staff tur yang bertugas,” tulis Sound Rhytm, promotor konser Lauv, dalam foto yang diunggah ke Instagram.

“Dia juga menyampaikan permintaan maafnya yang terdalam. Atas nama artis dan semua yang terlibat, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," lanjutnya.

Pihak promotor pun berusaha untuk mencari waktu yang tepat untuk pelaksanaan ulang konser dari pelantun lagu ‘Paris in the Rain’ itu.

2. Kehlani

Penyanyi Kehlani di Ray Dolby Ballroom, Hollywood, California. Foto: AFP/Valerie Macon

Penggemar Kehlani di Indonesia harus dibuat kecewa karena penyanyi asal Amerika Serikat itu membatalkan konser yang harusnya digelar pada 26 Mei 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat.

Sama seperti Lauv, alasan konser pelantun lagu ‘Honey’ itu dibatalkan karena mengutamakan keselamatan. Pada 2018 lalu, terjadi teror bom di Surabaya, Jawa Timur. Bom tersebut meledak di beberapa gereja.

“Karena keselamatan Kehlani adalah tanggung jawab kami. Tidak akan bijaksana bagi kami untuk melanjutkan acara dengan semua perstiwa yang terjadi belakangan ini,” tulis pihak Harika Event, promotor konser Kehlani.

Mengetahui hal tersebut, lewat akun Twitter pribadinya, Kehlani pun mendoakan agar Indonesia tetap aman. Selain itu, ia juga berharap bisa segera menemui penggemarnya di Tanah Air.

“Seperti yang kalian ketahui, pertunjukan di Jakarta harus dijadwal ulang karena alasan keamanan nasional. Hatiku bersama kalian Jakarta, tetap aman dan aku akan bertemu kalian segera,” tulis Kehlani dengan diakhiri emoji patah hati.

3. Ed Sheeran

Penyanyi Ed Sheeran tampil menghibur penggemarnya saat konser di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (3/5). Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Pada 9 November 2017, Ed Sheeran batal tampil di ICE BSD, Tangerang. Ia membatalkan konsernya setelah mengalami kecelakaan saat sedang bersepeda di London, Inggris yang membuat tangannya patah.

Selain Tanah Air, pelantun lagu ‘Shape of You’ ini juga batal tampil di beberapa negara Asia lainnya, yakni Taiwan, Jepang, Korea Selatan, dan Hong Kong.

Sayangnya, Marygops, promotor konser Ed Sheeran pun tidak bisa menjadwal ulang konser dari penyanyi asal Inggris itu karena keterbatasan tanggal.

"Kami meminta maaf secara resmi kepada semua penggemar yang seperti yang kita tahu sedang menunggu pertunjukan ini dengan penuh harap," tulis Bookmyshow selaku penjual tiket konser Sheeran di Indonesia.

Konser Ed Sheeran di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Foto: Dok. PK Entertainment

Akhirnya, rasa sedih penggemar Sheeran bisa terobati setelah pelantun lagu ‘Perfect’ itu menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 3 Mei lalu.

Kedatangan Sheeran ke Indonesia kali ini, dibawa oleh promotor yang berbeda dengan sebelumnya. Ya, ia dibawa oleh PK Entertainment.

4. Paramore

Paramore Foto: facebook.com/paramore/

Vokalis Paramore, Hayley Williams sempat mengalami infeksi tenggorokan. Hal tersebut menjadi alasan band rock asal Amerika Serikat ini membatalkan konsernya secara mendadak di ICE BSD, Tangerang pada 16 Februari 2018.

Selain di Indonesia, mereka juga membatalkan konsernya di Manila, Filipina. Konser tersebut dibatalkan setelah pelantun lagu ‘Ain’t It Fun itu memeriksakan kondisinya ke dokter.

Hal tersebut disampaikan melalui unggahan di akun resmi facebook Paramore. Mereka pun tak lupa untuk menyampaikan permohonan maafnya.

“Aku ingin memberi tahu kalian bahwa aku sedang melawan penyakit tenggorokan dan infeksi saluran pernapasan bagian atas selama dua hari ini, dan gejalanya malah semakin memburuk,” tulis Williams.

Konser Paramore di ICE, BSD, Sabtu (24/8). Foto: Dokumentasi: Sonic Live, POP, MCM

“Aku minta maaf atas kekecewaan ini, terutama kepada kalian yang telah menantikan dua konser kami. Tidak ada kalimat yang bisa mengurangi rasa kecewa kalian,” sambungnya.

Setelah itu, Paramore memberi kabar baik. Mereka kembali ke Indonesia pada 24 Agustus 2018 untuk mengobati rasa kecewa dari para penggemarnya. Pelantun lagu ‘Decode’ itu tampil di tempat sama seperti sebelumnya.

5. Lady Gaga

Lady Gaga Foto: REUTERS/Mike Blake

Konser Lady Gaga bertajuk ‘The Born This Way Ball’ yang rencananya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat pada 3 Juni 2012 terpaksa harus dibatalkan.

Alasan konser tersebut dibatalkan karena polisi belum mengeluarkan izin. Mereka melakukan hal tersebut demi keamanan. Sebab sebelumnya, mereka mendapat masukan dari berbagai pihak tentang konser tersebut.

Bahkan, ada beberapa pihak yang menolak konser dari pelantun lagu ‘Bad Romance’ itu diselenggarakan di Tanah Air, mereka adalah Forum Umat Islam (FUI) dan Front Pembela Islam (FPI).

Mengetahui konsernya di Indonesia batal, pemilik nama Stefani Joanne Angelina Germanotta ini mengungkapkan rasa sesalnya lewat tulisan di akun Twitter pribadinya.

“Kami harus membatalkan konser di Indonesia. Saya sangat menyesal kepada para penggemar dan hati saya sama hancurnya dengan kalian. Kalian segalanya bagiku,” tulis Lady Gaga.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61