Pencarian populer

Adhyaksa: Keinginan Debby Nasution Meninggal saat Taklim Terpenuhi

Musisi Debby Nasution (Foto: Debby Nasution/Facebook)

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault menjadi salah satu sosok yang turut mengantarkan musisi Debby Nasution ke tempat peristirahatan terakhir. Debby yang meninggal dunia di usia 62 tahun, dimakamkan di TPU Pasir Putih, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Minggu (16/9).

Seusai pemakaman, Adhyaksa mengatakan sudah mengenal almarhum dari sejak era 80-an. Selama ini, lanjut dia, Debby tidak pernah mengeluhkan apa pun.

“Puluhan tahun tidak pernah mengeluh. Selama saya jadi menteri, tidak pernah minta sekalipun minta sesuatu dari saya. Dia selalu ikhlas,” kata Adhyaksa.

Pria berusia 55 tahun itu terakhir kali berkomunikasi dengan Debby Nasution pada minggu lalu. Dalam sebuah pembicaraan, Adhyaksa pernah meminta pria yang membentuk band dengan nama Gank Pegangsaan itu untuk berobat ke rumah sakit.

“Saya pernah bilang ke beliau, ‘Ayo bang, saya bawa ke rumah sakit’. Dia bilang sama saya ‘Sudahlah, kalau sudah waktunya, ane mah mati dadakan aja, enggak usah nyusahin orang. Kalau bisa mati pas lagi taklim, lagi ngajar’,” tutur Adhyaksa.

Adhyaksa Dault di acara 212 (Foto: Adhim Mugni/kumparan)

Adhyaksa tak menyangka bahwa Allah mengabulkan permintaan Debby. Berdasarkan keterangan dari kerabat Debby, Kadri Mohammad, rekannya sempat mengalami kolaps saat mengisi kajian di Masjid Al Ikhlas, Cipete, pada Sabtu (15/9). Menurut Kadri, Debby kerap mengisi kajian pada Sabtu dan Minggu di Masjid Al Ikhlas, Cipete.

“Ternyata Sabtu kemarin terpenuhi ya. Kami semua kaget dia meninggal di usia 62, belum terlalu tua,” ucap Adhyakasa.

Pemakaman Debby Nasution (Foto: Alexander Vito/kumparan)

Istri kedua Debby, Sitoresmi Prabuningrat, merasa sedih karena sang suami telah pergi untuk selama-selamanya. Di mata dia, Debby tak hanya seorang suami, tapi juga guru.

“Saya secara pribadi mengatakan bahwa saya pribadi benar-benar merasa seperti kehilangan guru. Saya tidak pernah lepas dari bimbingannya. Walau kami berada dalam dua tempat berbeda, saya di Yogya, dia di Jakarta, tapi saya merasa kehilangan,” kata Sitoresmi.

Sitoresmi Prabuningrat, istri kedua alm. Debby Nasution. (Foto: Vito/kumparan)

Menurut Sitoresmi, segala pembicaraannya dengan Debby merupakan sesuatu yang bermakna. Dalam pembicaraannya, Sitoresmi biasanya berkonsultasi mengenai agama.

“Walaupun hanya bertemu sebentar saja. Tapi pasti ada makna,” ucap Sitoresmi.

Pemakaman Debby Nasution (Foto: Alexander Vito/kumparan)

Sitoresmi sempat menjelaskan soal makam Debby Nasution yang tidak ditaburi bunga. Menurut dia, hal itu merupakan bagian dari tradisi.

“Memang tradisi yang diterapkan dalam kehidupan kami seperti itu,” tandas Sitoresmi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: