Pencarian populer

Alasan Jerinx 'SID' Cuma Serang Via Vallen

Via Vallen. (Foto: Munady Widjaja)

Drummer grup musik Superman Is Dead, Jerinx hanya 'menyerang' pedangdut Via Vallen lantaran menyanyikan lagu milik SID tanpa izin. Via diketahui menyanyikan lagu 'Sunset di Tanah Anarki' yang dirilis pada tahun 2013.

Lewat unggahan di akun Instagram miliknya, Jerinx memberikan penjelasan alasannya hanya menyerang Via, dan tidak melakukan hal serupa kepada musisi lain yang juga menyanyikan lagu milik SID.

Karena untuk tipe penyanyi genre tersebut, dia yang paling terkenal,” tulis Jerinx dalam akun Instagram miliknya, Senin (12/11).

Jerinx mengatakan, tindakannya kepada Via Vallen bisa berdampak besar bagi penyanyi lain. Sebab, menurut dia, hal itu mampu menyadarkan para penyanyi lain, baik sengaja atau tidak cari makan dengan cara merusak roh lagu orang lain, untuk tidak melakukan hal serupa.

Jerinx mengaku tidak pernah berniat untuk mencari ketenaran dengan menyerang Via. Sebab, menurut dia, SID sudah memiliki pasar tersendiri sejak dulu.

Saya angkat isu ini sekarang karena kami baru rilis album dan tak mau lagu-lagu baru kami diperlakukan seperti SDTA,” tulis Jerinx.

Selain itu, Jerinx mengaku tidak melakukan hal tersebut demi mencari materi. Ia mencontohkan pernah menolak pihak Istana yang ingin membeli lagu miliknya.

Kami bukan pelacur. Silakan google,” tulis Jerinx.

Pria berusia 41 tahun itu melakukannya hanya untuk meningkatkan kesadaran para musisi lain. “Jika tak paham akan lirik atau esensi lagu SID, tolong jangan dirusak. Dan jika paham, lakukanlah dengan kesadaran dan itikad baik; untuk sesama, sejarah, masa depan, serta bumi pertiwi,” tulis Jerinx.

Via Vallen dan Jerinx SID. (Foto: Instagram/@viavallen dan @jerinx.sid)

Tak hanya dibawakan saat di atas panggung, Via juga merilis penampilannya saat membawakan lagu ‘Sunset di Tanah Anarki’ dalam bentuk DVD. Lewat keterangan yang diunggah dalam akun Instagram miliknya pada Minggu (11/11), Via membantah dirinya memperkaya diri lewat lagu tersebut.

“Sampai detik ini saya belum pernah merasakan 1 rupiah pun yang dari hasil penjualan fisik VCD atau digital (YouTube dll) dari lagu tersebut seperti yang Anda tuduhkan,” kata Via.

Bahkan, pelantun lagu ‘Sayang’ itu menambahkan selama ini dirinya tidak pernah memperoleh uang dari video yang diunggah ke akun YouTube Via Vallen Official. Apabila ia meng-cover lagu dan mengunggahnya ke akun YouTube miliknya, hal itu dilakukan bukan untuk mencari uang.

“Jadi selama ini saya hanya mendapatkan uang dari off air panggung ke panggung, bukan dari digital. Dan saya rasa itu sudah lebih dari cukup untuk hidup saya dan keluarga saya,” ucap Via Vallen.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31