kumparan
2 Jun 2018 10:52 WIB

Anak Sulung Tika Ramlan Ngambek jika Tak Dibangunkan untuk Sahur

Tika Ramlan (Foto: Giovanni/kumparan)
Tika Ramlan berkisah bahwa ia mengenalkan ibadah puasa terhadap anak-anaknya sejak usia dini. Seperti yang dilakukan sebagian orang tua, mantan personel duo T2 itu awalnya mengiming-imingi mereka hadiah, dengan syarat mampu berpuasa penuh.
ADVERTISEMENT
"Awalnya memang diajarin, dikenalin untuk puasa. Ramadhan tahun kemarin diiming-imingi, kalau puasa sampai magrib, dikasih bonus uang jajan buat tabungan dia," tutur Tika ketika ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
Rupanya, apa yang dilakukan Tika cukup berhasil membangkitkan semangat anak sulungnya, Arkana Uno Raharso, untuk berpuasa. Kini Arkana telah menjalani ibadah puasa dengan kesadaran sendiri.
Pemilik nama lengkap Kartika Yudia Ramlan tersebut mengaku tak pernah memaksa Arkana. Menurutnya, bocah berusia delapan tahun itu bahkan merasa kesal jika tak dibangunkan untuk sahur.
"Anakku yang pertama sudah puasa, tanpa dipaksa. Alhamdulillah banget, di bulan puasa, sekarang dia lagi semangat. Kalau sahur enggak dibangunin, dia ngambek, marah," ungkap Tika.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, tahun ini untuk pertama kalinya Tika melalui bulan Ramadhan dalam keadaan berhijab. Ia mengaku bersyukur dan tak menyangka dirinya mendapat berkah berlimpah pada momen suci tersebut.
"Alhamdulillah, berkah. Awalnya kan enggak kepikiran bakal banyak mengisi acara di bulan Ramadhan. Kan job nyanyi sudah dibatasi semenjak aku pakai hijab. Ya, berarti ini rezeki," ucapnya sembari tersenyum.
Tika Ramlan (Foto: Yurika Kencana/kumparan)
Meski demikian, Tika tetap ingin memperbanyak ibadah pada bulan suci ini. Perempuan berusia 32 tahun itu juga berharap dapat sekaligus lebih kerap meluangkan waktu untuk keluarga.
"Tapi, sekarang pengin dibenerin di ibadahnya. Terus, juga pengin lebih banyak ngeluangin waktu, kumpul sama anak, sama suami," tandasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan