Pencarian populer

Aransemen Ulang 'Setia', Sheryl Sheinafia Izin ke Guruh Soekarnoputra

Sheryl Sheinafia Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Penyanyi Sheryl Sheinafia merilis single terbarunya berjudul 'Setia'. Single ini merupakan lagu ciptaan Guruh Soekarno Putra yang sebelumnya telah dipopulerkan oleh almarhum Chrisye.

"Ini tuh lagunya almarhum Chrisye dan diciptakan oleh Mas Guruh Soekarnoputra. 'Setia' ini akan menjadi salah satu lagu dalam kompilasi album 'Tribute to Guruh Soekarnoputra'. Nanti mungkin akhir tahun ini rilis atau pertengahan tahun," ungkap Sheryl saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jumat (15/2).

Single 'Setia' menjadi awal yang segar bagi Sheryl di tahun 2019. Sebab, semua single yang yang ia rilis tahun lalu selalu berkolaborasi dengan penyanyi lain.

"Sekarang aku kembali sendiri dan ini juga sebenarnya video klip pertama aku, di mana aku benar-benar sendiri enggak ada model, enggak ada dancer. Memang sengaja mau kuatkan di concept art dan makna dari lagunya sendiri," tuturnya.

Sheryl Sheinafia. Foto: Alexander Vito/kumparan

Meski tidak berkolaborasi, Sheryl Sheinafia memastikan bahwa aransemen ulang single 'Setia' tetap terdengar catchy untuk para remaja penikmat musik. Sheryl mengaku telah membubuhkan aransemen modern di lagu 'Setia' yang populer di era 80-an.

"Memang musik aslinya sudah sangat indah dikemas sama Om Erwin Gutawa. Tapi, kita bedah sedikit sound-nya, kita jadiin sedikit elektronik dan sesuai dengan notasinya sheryl," kata Sheryl Sheinafia.

Sebelum merombak lagu 'Setia', Sheryl lebih dahulu meminta izin pada Guruh. Sebab sebelumnya, ia pernah mendapat pengalaman yang kurang mengenakkan kala menyanyikan ulang 'Gita Cinta' yang juga lagu ciptaan Guruh Soekarnoputra.

"Waktu itu kan aku main film 'Galih dan Ratna' sebagai Ratna. Dan Sheryl bawain lagu 'Gita Cinta' karya Guruh Soekarnoputra juga. Lagu aslinya berdurasi 5 menit, sedangkan di radio zaman sekarang cuma muterin 2,5 sampai 3 menit. Akhirnya aku sama label coba kurangin durasinya," ujar Sheryl.

"Setelah itu aku diajak ngobrol sama Mas Guruh. Kata dia, 'Bagus, Nak lagunya. Tapi, kenapa kamu potong?' Di situ aku jadi mikir untuk minta restu dulu dari Mas Guruh," sambungnya.

Video

Sheryl sebenarnya berharap Guruh bisa membantunya dalam proses aransemen ulang. Namun, jadwal yang padat membuat Sheryl dan Guruh tidak bisa lama bertukar pikiran.

"Kebetulan Mas Guruh sibuk sekali. Jadi, selama ini komunikasinya melalui label. Tadinya malah kita maunya shooting di rumah Mas Guruh. Tapi, kita harus mulai produksi cepat karena sudah sesuai timeline. Akhirnya, tidak jadi. Mas Guruh-nya juga sering sekali ke luar negeri," ujar Sheryl Sheinafia.

Sheryl mengatakan single tersebut akan rilis dalam waktu dekat, juga berbarengan dengan video klip.

Sheryl Sheinafia. Foto: Munady Widjaja
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57