Pencarian populer

AriReda Rilis 'Perjalanan', Album Terakhir yang Direkam Ari Malibu

AriReda adalah Ari Malibu dan Reda Gaudiamo Foto: Dok. Yose Ariandi

Tepat satu tahun yang lalu Ari Malibu, rekan Reda Gaudiamo dalam duo folk AriReda, meninggal dunia. Untuk mengenang almarhum Ari, AriReda merilis sebuah album bertajuk ‘Perjalanan’.

‘Perjalanan’ merupakan musikalisasi puisi karya Todung Mulya Lubis. ‘Perjalanan’ menjadi album terakhir yang direkam oleh mendiang Ari bersama Reda.

Loading Instagram...

Proses rekaman album 'Perjalanan' berlangsung di Studio Sangkar Emas, Yogyakarta, pada Maret 2018. Reda mengatakan proses rekaman biasanya berlangsung cukup cepat. Meski begitu bukan berarti tidak ada hambatan.

Ari dan Reda selalu beradu argumen ketika menggarap komposisi lagu. Hal itu pun terjadi saat mereka proses rekaman ‘Perjalanan’.

“Untuk album ini (‘Perjalanan’), proses itu berlangsung lebih alot dari sebelumnya, karena semua lagu kami buat sendiri, tak ada komposisi musisi lain,” kata Reda dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan, Jumat (14/6).

Loading Instagram...

Album ‘Perjalanan’ juga menjadi pintu masuk untuk memamerkan seluruh perjalanan karier AriReda. Dalam perjalanannya, mereka memiliki misi untuk mempopulerkan musikalisasi puisi sejumlah sastrawan Indonesia.

Saat ini eksibisi itu masih dalam pengerjaan. Namun, ada rencana eksibisi itu akan diselenggarakan pada Juli mendatang di Jakarta.

“Lewat eksibisi ini, saya dan Felix ingin berbagi cerita perjalanan AriReda, duo yang mulai nyanyi-nyanyi sejak lama, bertahan, dan kemudian menemukan sahabat barunya di ujung perjalanan. Semoga saja ada yang bisa dipelajari, diserap, dimanfaatkan oleh teman- teman,” tutur Reda.

Album 'Perjalanan' sendiri sudah tersedia dalam versi digital. Ada delapan lagu di dalam album tersebut.

AriReda adalah Ari Malibu dan Reda Gaudiamo Foto: Dok. Yose Ariandi

Di sisi lain, setelah ditinggal pergi oleh almarhum Ari, Reda saat ini sedang menyusun kembali karier bermusiknya. Ia mencoba sejumlah eksperimen baru, yakni mengolah sebuah materi lalu dengan kerangka penyanyi solo yang juga bermain gitar.

Hal ini tentu tidak mudah. Sebab, Reda selama ini tidak pernah menyanyi seorang diri.

"Jadi ketika Ari pergi, sebenarnya saya sangat ragu untuk terus melanjutkan kegiatan ini. Tapi saya juga tak punya alasan kuat untuk berhenti. Percakapan saya dengan Ari perihal karier adalah kami akan membuat album solo," tuturnya.

Itu sebabnya, Reda akan terus aktif bermusik dan melakukan tur seperti yang biasa ia jalani bersama Ari di AriReda. "Saya pikir Ari akan senang melihat saya jalan terus. Saat ini proses pembuat lagu masih berlangsung, sambil terus melancarkan jari memainkan kwasa, guitalele kesayangan," tutupnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31