Pencarian populer

Ayah Michael Jackson Meninggal Dunia, Dimakamkan Dekat Putranya

Joe Jackson. (Foto: AFP/LOIC VENANCE )
Pada 27 Juni lalu, dunia musik berduka atas kepergian Joe Jackson, ayah Michael dan Janet Jackson. Joe yang merupakan sosok di balik kesuksesan The Jackson 5 meninggal dunia di usia 89 tahun setelah berjuang melawan kanker pankreas yang diidapnya selama ini.
ADVERTISEMENT
Berita kepergian Joe untuk selama-lamanya pun disampaikan oleh pihak keluarga melalui sebuah pernyataan.
“Kami ingin berterima kasih atas segala dukungan yang telah kalian tunjukkan pada kami ketika kami berdua untuk patriark kami. Kami berduka karena kehilangan ayah kami dan kami ingin merayakan kehidupan seorang pria yang telah berkorban banyak untuk memberi kami kehidupan dan kesuksesan yang kami miliki saat ini. Terima kasih telah menghormati privasi kami selama ini," bunyi pernyataan tersebut seperti dikutip dari People.
Loading Instagram...
Sebelumnya, TMZ melaporkan bahwa Joe sudah dirawat di rumah sakit sejak 22 Juni lalu. Joe juga didampingi keluarganya. Istrinya, Katherine, dikabarkan terus berada di sisi Joe, sedangkan cucu-cucunya termasuk dua anak Michael Jackson, Prince dan Paris Jackson, juga berada di sana menemani sang kakek.
Joe Jackson. (Foto: AFP/Rod ROLLE)
Sepanjang hidupnya, Joe memang memiliki riwayat kesehatan yang kurang bagus. Pada November 2012, Joe mengalami stroke ringan di kediamannya di Las Vegas, Amerika Serikat. Tiga tahun kemudian, pada Juli 2015, Janet Jackson terpaksa menunda latihan untuk persiapan tur dunianya yang bertajuk 'Unbreakable World Tour' karena sang ayah kembali terserang stroke dan mengalami aritmia. Hal itu terjadi di Brazil saat Joe berulang tahun yang ke-87.
ADVERTISEMENT
Pada Mei 2016, Joe dirawat di rumah sakit karena demam tinggi. Pada Juni 2017, dia kembali dirawat karena mengalami kecelakaan mobil di Las Vegas.
Hari ini, Selasa (3/7), jenazah Joe dimakamkan di Forest Lawn Memorial Park, Glendale, California, AS, secara tertutup. Ya, Joe dikebumikan di tempat yang sama dengan peristirahatan terakhir mendiang putranya, Michael Jackson.
Joe Jackson dikenal sebagai sosok di balik popularitas The Jackson 5, Michael Jackson, dan Janet Jackson. Awalnya, ayah 11 anak ini melihat bahwa putra-putranya memiliki kelebihan masing-masing di dunia hiburan, khususnya musik.
Joe Jackson dan Janet Jackson. (Foto: AFP/LUCY NICHOLSON)
“Seseorang di dalam diriku mengatakan bahwa ada sesuatu yang lebih nyata dari kehidupan ini,” kata Joe saat dimintai komentar soal karier anak-anaknya di dunia musik, seperti dikutip dari buku biografi 'Michael Jackson: The Magic, the Madness, the Whole Story' karya J. Randy Taraborrelli.
ADVERTISEMENT
Meski menjadi kunci kesuksesan anak-anaknya, Joe juga dikenal sebagai sosok yang emosional dan kerap melakukan kekerasan secara verbal mau pun nonverbal pada anak-anaknya ketika mereka masih kecil. Namun, hal itu dianggap sebagai bagian dari syarat kesuksesan karier Michael dan yang lain di dunia hiburan.
Joe Jackson dan Michael Jackson. (Foto: AFP/CARLO ALLEGRI )
Michael sendiri--selama hidupnya--memaafkan sang ayah atas perlakukan kasarnya di masa lalu. Dia pun tak segan untuk memperlihatkan rasa cintanya pada Joe yang juga manajer The Jackson 5 di muka umum.
"Aku selalu merasa sakit hati (saat berhadapan dengan Joe). Di satu sisi, dia adalah pria yang mengerikan. Lalu, sisi lain, dia adalah manajer yang luar biasa," ucap Michael seperti dikutip People.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86