Pencarian populer

Berkenalan dengan Ramengvrl, Rapper Lulusan Universitas Indonesia

Throwback: Ramengvrl Foto: Grafik: Basith Subastian/kumparan

Bagi pecinta musik Indonesia, nama Putri Soeharto memang asing di telinga. Padahal, Putri saat ini telah menjadi salah satu rapper paling disegani, tak hanya di Indonesia, namun juga Asia.

Putri mulanya hanya seorang lulusan Universitas Indonesia yang bekerja kantoran layaknya sarjana S1 kebanyakan. Bermodalkan ijazah yang telah dimiliki, Putri berpindah-pindah kantor, mulai dari perusahaan e-commerce hingga media.

"Cukup lama kok, gue bekerja kantoran gitu. Karena memang ijazah gue 'kan Ilmu Komunikasi ya, Universitas Indonesia," kata Putri pada kumparan saat berbincang dengannya di kantor Juni Records, Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Ramengvrl sebelum terkenal seperti sekarang Foto: last.fm

Di waktu senggang, Putri sering kali menelurkan lagu-lagu rap di Soundcloud dengan nama Putrisoezzz pada 2013. Modalnya pun saat itu sangat sederhana, hanya mikrofon murah dan audio editor Audacity yang terkenal ramah bagi pemula yang baru mempelajari teknik recording.

"Waktu itu Rich Brian, Rich Chigga, belum kedengeran. Young Lex saja masih main di scene indie dan ya, Soundcloud memang yang bikin gue di-notice banyak orang," tuturnya.

Karena karya-karyanya mulai sering didengarkan oleh khalayak ramai, Putri pun memutuskan untuk bertransformasi menjadi Ramengvrl. Ya, Putri Soeharto ini bukanlah anak dari presiden kedua Republik Indonesia, melainkan nama asli dari Ramengvrl.

Putri pun menjelaskan alasan utama mengapa dia memilih 'Ramengvrl' sebagai nama panggungnya.

"Ya, gue mau pakai nama yang enggak anak nama asli gue saja. Terus 'kan nama rapper tuh pasti begitu, Lil Wayne atau Young Lex gitu 'kan, gue mau pakai nama yang enggak rapper banget gitu," ujarnya.

Pada 2016, Ramengvrl akhirnya setuju untuk bergabung ke Underground Bizniz Club (UBC), sebuah perkumpulan rapper ibu kota yang menaungi nama-nama besar seperti Matter Mos, GBrand, dan Keilaniboi. Single pertama Ramengvrl yang bertajuk 'I'm Da Man' akhirnya rilis dan menjadi sensasional dalam waktu singkat.

Hingga hari ini, video klip lagu itu telah ditonton oleh lebih dari 870 ribu pengguna YouTube. Ramegvrl pun menjadi rapper perempuan kedua setelah Yacko yang bisa meraih popularitas hebat di Indonesia.

Hingga hari ini, Ramengvrl pun telah merilis banyak sekali single hebat dan sudah bermain di berbagai festival besar Indonesia, termasuk Synchronize Fest dan We The Fest. Ia juga menjadi bagian dari Juni Records, label rekaman yang menaungi Raisa, Kunto Aji, dan Tashoora.

Anugerah Musik Indonesia 2018 pun menjadi ladang subur bagi Ramengvrl. Sebab, di ajang penganugerahaan musik tersebut, dia berhasil memenangkan kategori 'Karya Produksi Rap/Hip-Hop Terbaik' dan 'Karya Produksi Kolaborasi Terbaik' berkat lagu 'Decide'.

Pada 26 April lalu, mixtape perdana Ramengvrl bertajuk 'No Bethany' yang berisikan total 6 lagu rilis secara digital. Dalam mixtape itu, Ramengvrl diketahui berkolaborasi dengan banyak musisi, mulai dari Rayi 'RAN' hingga rapper perempuan asal Malaysia, Hullera.

Satu hal unik dari Ramengvrl adalah, fakta bahwa kebanyakan fansnya merupakan perempuan remaja berhijab. Jadi, apa yang membuat Ramengvrl bisa menjadi rapper yang digemari oleh mereka?

"Karena mungkin rapper lain mengangkat tema tentang having fun atau isu-isu sosial Kalau gue lebih yang kayak identitas perempuan. Kayak opini orang, stereotip orang soal cewek gendut, misalkan. Hal itu yang biasanya gue angkat dalam lagu," terangnya.

Prestasi segudang tidak membuat Ramengvrl berhenti berkarya. Tahun ini, dia ingin menelurkan album dan banyak melakukan eksplorasi yang ingin ia lakukan dari segi musikalitas.

"Kalau lo lihat Swae Lee, dia disebut rapper, tapi sebenarnya 'kan dia bernyanyi, bukan nge-rap. Gue juga ingin membuat karya yang seperti itu," katanya.

"Selama ini juga, rap gue 'kan selalu dibilang enggak lyrical. Gue ingin membuktikan kalau gue juga bisa melakukan itu. Toh, rapper hebat juga enggak selalu harus lyrical, Lil Uzi Vert bisa dapat respect tuh, padahal sering dibilang mumble rapper," sambungnya.

Ya, nyatanya seorang Putri Soeharto adalah seorang perempuan hebat yang telah berhasil keluar dari zona nyamannya dan bertransformasi menjadi Ramengvrl, salah satu rapper Indonesia yang disegani di era milenial. Perjalanannya pun masih panjang dan banyak karyanya yang layak untuk dinantikan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.34