Pencarian populer

Cerita Andien soal Kawa Ikut Baby Gym Bareng Anak Berkebutuhan Khusus

Andien Foto: Munady Widjaja
Putra sulung penyanyi Andien, Anaku Askara Biru atau yang akrab dipanggil Kawa telah menginjak usia 2 tahun.
ADVERTISEMENT
Sejak kecil, Kawa kerap mencuri perhatian publik. Selain selalu tampil menggemaskan, Kawa juga terbilang anak yang cerdas.
Pelantun 'Gemintang' itu pun mengaku saat ini kecerdasan sang anak sedang terus berkembang.
Karena itu, Andien mengaku butuh bantuan banyak orang di sekitarnya untuk turut mengajarkan Kawa cara menjadi pribadi yang baik.
Loading Instagram...
Ia kemudian memberi tahu metode terbaiknya dalam mendidik buah cintanya dengan Irfan Wahyudi alias Ippe.
"Anak itu pengkopi yang sangat ulung. Jadi, kalau cuma dibilangin, paling masuk kuping kanan, keluar kuping kiri. Tapi, kalau Semua memberi contoh itu akan menjadi masukan yang sangat berarti untuk pendidikan dia," ungkap Andien ketika ditemui di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, penyanyi berusia 33 tahun ini juga secara aktif mengajak Kawa ikut berbagai acara sosial. Dengan cara itu, Andien berharap Kawa bisa belajar bersosialisasi dan bertoleransi.
Loading Instagram...
"Aku ajak dia bertemu orang dari lintas profesi, ekonomi, dan agama juga. Aku rasa dengan begitu cepat atau lambat dia akan sadar kalau keluarganya membuka diri pada banyak hal," tuturnya.
Untuk masalah pendidikan, Kawa saat ini memang baru diperkenalkan pada kelas baby gym. Uniknya, Andien memasukkan Kawa ke kelas inklusi yang berisikan banyak anak-anak berkebutuhan khusus.
"Baby gym-nya dia itu gabungan antara anak-anak yang tidak berkebutuhan khusus dan anak-anak berkebutuhan khusus, ada yang autis, down syndrome, hydrocephalus, itu dalam satu kelas yang sama," kata Andien.
ADVERTISEMENT
Mungkin ini hal yang jarang dilakukan para orang tua di Indonesia, namun Andien memiliki pandangan tersendiri. Menurutnya, ada manfaat baik yang nampak dari cara hidup Kawa.
"Dari kacamata aku sebagai ibunya, dia ini sekarang jadi anak yang mudah beradaptasi. Jadi, jalan di pinggir jalan, ayo, ke tempat yang harus menjaga manner, ayo. Bahkan, berkunjung ke kolong jembatan juga ayo. Kalau harus ada di backstage, temenin aku nyanyi, ayo. Dia bisa menjadi manusia yang fleksible gitu sih," imbuhnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86