Pencarian populer

Dua Lipa dan Anne Marie, Siapa Penyanyi Cewek Kesukaanmu?

Dua Lipa dan Anne Marie (Foto: Instagram @dualipa/Munady)

Spotify telah mengumumkan deretan musisi yang populer di Indonesia sepanjang tahun. Dua penyanyi Inggris, Dua Lipa dan Anne Marie, masuk dalam daftar tersebut.

Penasaran ingin tahu lebih jauh tentang keduanya? Mari melihat kehidupan Dua Lipa dan Anne Marie. Meski sama-sama berasal dari Inggris, latar belakang dan kehidupan pribadi keduanya ternyata cukup berbeda.

1. Masa kecil

Dua Lipa merupakan anak tertua dari pasangan Dukagjin Lipa dan Anesa Lipa. Ia lahir di Inggris setelah kedua orang tuanya kabur dari kampung halaman mereka, Pristina, Kosovo, pada 1992.

Kata Dua di nama Dua Lipa merupakan bahasa Kosovo yang berarti ‘cinta’. “Aku sangat bangga dengan nama itu. Tapi, ketika kecil, aku ingin dipanggil Hannah, Sarah, Ella, atau apapun yang normal. Namun, Dua menjadi tanda bahwa aku orang Kosovo,” katanya di acara Patrizia Pepe.

Selain bekerja sebagai pebisnis, ayah Lipa merupakan vokalis grup musik rock bernama Oda. Dari sanalah Lipa mulai tertarik dengan dunia tarik suara.

Berbeda dari Lipa, Anne Marie lebih terkenal sebagai juara karate ketika muda. Ia pernah meraih beberapa medali dari berbagai kompetisi, seperti dua medali emas di Funakoshi Shotokan Karate Association World Championships 2002, medali emas dan silver di Funakoshi Shotokan Karate Association World Championships 2007, dan medali emas di United Kingdom Traditional Karate Federation National Championships.

Namun di tengah prestasi bela dirinya itu, Marie ternyata juga sering bersenandung dan bernyanyi sejak kecil. Meski kadang suara Marie mengganggu orang tuanya, ia tetap punya mimpi bisa berprofesi sebagai penyanyi ketika dewasa.

"Aku tak punya rencana karier selain menjadi penyanyi, sejak kecil aku tahu aku ingin menjadi penyanyi. Saat beranjak dewasa, aku semakin dekat dengan musik. aku juga masuk sekolah musik," ungkap Marie ketika ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

2. Awal karier

Di usia 14 tahun, Dua Lipa sering membuat video cover dari lagu-lagu karya musisi populer, seperti Nelly Furtado dan Pink. Setahun setelahnya, Lipa juga mulai bekerja sebagai model dan bintang iklan.

Pada 2015, Lipa menandatangani kontrak dengan Warner Music Group untuk merampungkan album perdana. Di tahun itu pula, Lipa merilis ‘New Love’ dan ‘Be The One’ yang cukup populer di beberapa negara Eropa, seperti Belgia, Polandia, dan Slovakia.

Pada awal 2016, Lipa merilis ‘Last Dance’ dan ‘Hotter than Hell’. Namanya semakin dikenal setelah dirinya diajak berkolaborasi oleh rapper Sean Paul di lagu ‘No Lie’. Setelah booming berkat lagu tersebut, perempuan berusia 23 tahun itu pun merilis ‘Scared To Be Lonely’ yang berkolaborasi dengan Martin Garrix. Namanya pun menjadi fenomena dunia.

Pada 2013, Anne Marie bergabung dengan Rocket untuk membuat satu single bertajuk ‘Summer Girl’. Berkat single tersebut, Marie dipercaya untuk mengisi vokal di lagu ‘Gorgon City’ karya Magnetic Man dan ‘Raized’ karya Wolves.

Dewi fortuna berpihak padanya. Kolaborasi tersebut membawa Marie berkenalan dengan grup musik drum and bass Rudimental. Dalam album ‘We the Generation’ milik Rudimental, Marie mengisi total empat track, termasuk ‘Rumour Mill’ yang meledak di Inggris Raya.

Merasa butuh pengalaman baru, Marie meninggalkan Rudimental untuk fokus belajar cara terbaik membuat karya sendiri. Alhasil, EP bertajuk ‘Karate’ dirilis pada 2015 dan perempuan berusia 27 tahun itu mulai berani tampil di berbagai festival musik di Inggris.

3. Puncak karier

Karier Dua Lipa mulai meroket berkat album self-titled dan single perdana bertajuk ‘New Rules’ yang rilis pada Juni 2017. Lagu itu selama berminggu-minggu menduduki posisi puncak tangga lagu di Inggris Raya dan menjadikan Lipa sebagai perempuan kedua setelah Adele yang mampu menorehkan prestasi serupa.

Pada 2017, kepopuleran Lipa membuatnya dinobatkan sebagai 'Young and Promising International Artist' oleh SCTV Music Awards. Pada 2018, Lipa menjadi perempuan pertama yang mendapat total lima nominasi di Brit Awards, termasuk British Female Solo Artist, British Breakthrough Act, MasterCard British Album of the Year - Dua Lipa, British Single of The Year - 'New Rules', dan British Video of The Year untuk ‘New Rules’.

Di akhir 2018, Dua Lipa terpilih sebagai artis perempuan paling populer di Indonesia versi Spotify. Kesuksesannya itu tidak lepas dari single ‘IDGAF’ yang telah didengarkan oleh lebih dari 653 juta pengguna Spotify.

Di awal tahun 2016, Anne Marie merilis single ‘Alarm’ yang selama berminggu-minggu menduduki posisi dua tangga lagu di Inggris Raya. Di bulan yang sama, Marie bersama Sean Paul mengisi vokal di lagu ‘Rockabye’ karya Clean Bandit yang memperoleh multi-platinum di Eropa dan Amerika Utara.

Satu tahun berselang, single ‘Ciao Adios’ rilis dan Marie mulai menggembar-gemborkan tajuk album perdananya, yakni ‘Speak Your Mind’. Benar saja, ketika album tersebut rilis pada 2018 bersama single ‘2002’ dan ‘FRIENDS’, Marie mendulang popularitas di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Pada akhir tahun 2018, lagu ‘2002’ milik Marie menjadi yang terpopuler di Indonesia versi Spotify. Ia menemani Dua Lipa menjadi dua dari lima artis perempuan Inggris terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2018.

4. Kehidupan pribadi

Pada 2016, Dua Lipa diketahui menjalin hubungan asmara dengan Paul Klein, vokalis grup musik LANY. Beberapa kali keduanya terlihat bemesraan sebelum akhirnya dikabarkan putus pada akhir 2017.

Berpisah dari Lipa sepertinya membuat Klein amat sedih sehingga membuat satu lagu berjudul ‘Hericane’. Lipa dan Klein lantas berkali-kali berbalas perasaan melalui lagu.

Dua Lipa dalam Giambattista Valli (Foto: REUTERS/Eddie Keogh)

Contohnya, Klein membuat lagu ‘Super Far’ dan ‘ILYSB’ yang menunjukkan rasa patah hatinya putus dari Lipa. Sementara, Lipa justru membuat lagu ‘IDGAF’ yang seolah memberi isyarat bahwa ia sudah tidak ingin lagi menjalin hubungan asmara dengan Klein.

Anne Marie jauh lebih tertutup soal hubungan asmara ketimbang Dua Lipa. Namun, Marie memang terkenal dekat dengan banyak artis pria, seperti Ed Sheeran, Marshmello, dan James Arthur.

Anne Marie (Foto: Munady Widjaja)

Dilansir Express, Marie pernah mengakui tengah berpacaran dengan seorang musisi terkenal. Namun, ia tidak mau memberi tahu identitasnya.

Marie juga pernah membuat sebuah lagu tentang mantan pacar yang dibencinya seperti Lipa. Ya, lagu itu adalah ‘Ciao Adios’ yang populer pada 2017.

Nah, di antara dua cewek ini, siapa penyanyi favoritmu?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: