kumparan
19 Jul 2019 15:10 WIB

Firman 'Idol' Curiga Dapat Berlian Palsu Saat Ikut Kontes di Malaysia

Firman ‘Idol’ Siagian Foto: Alexander Vito/kumparan
Firman Siagian, jebolan Indonesian Idol musim kedua yang juga mantan vokalis grup musik The Fly, tengah ramai dibicarakan di Malaysia. Ia dikabarkan menerima anting berlian palsu sebagai hadiah juara kelima dalam kontes Gegar Vaganza musim keempat.
ADVERTISEMENT
kumparan kemudian menghubungi Firman 'Idol' untuk mendapat penjelasan secara langsung mengenai kabar tersebut.
Penyanyi berusia 40 tahun itu mengawali kisahnya dengan mengilas balik masa ketika ia mengikuti Gegar Vaganza. Ajang pencarian bakat yang digelar di Malaysia pada Oktober hingga Desember 2017, menurut Firman 'Idol', menjanjikannya sejumlah hadiah, salah satunya anting berlian.
"Waktu penyerahan hadiah, istri sudah tanya, 'Ada sertifikatnya enggak, ya?' 'Ada kali, nanti dikasih.' Berlian itu hadiah dari sponsor, di luar penyelenggara," ucap Firman 'Idol' saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (19/7).
Selang beberapa waktu kemudian, sertifikat anting berlian itu tak juga didapatkannya. Meski demikian, Firman 'Idol' memilih untuk tetap berpikir positif dan percaya bahwa suatu hari nanti sertifikat tersebut pasti diberikan kepadanya.
ADVERTISEMENT
"Setelah itu saya balik ke Indonesia, menjalani kehidupan, pekerjaan. Lupa. Mana barang ini, setelah jadi koleksi istri, kan seringnya disimpan saja," ujar pelantun lagu 'Kehilangan' tersebut.
Pada Maret 2018, Firman 'Idol' tertarik mengecek harga anting berlian itu saat sedang berjalan-jalan dengan istrinya di salah satu pusat perbelanjaan di Bandung, Jawa Barat. Hanya saja, pemilik toko perhiasan menolak memeriksa berlian tersebut lantaran Firman tak dapat menunjukkan sertifikatnya.
"Ketika saya tanya apakah ini asli atau palsu, dia bilang harus lihat sertifikatnya dulu. Dia sempat bilang, 'Kayaknya asli.' Tapi, menurut saya, kayaknya dia bilang begitu karena enggak enak sama saya," kata Firman 'Idol'.
Meski mulai mencurigai keaslian anting berlian itu, terlebih mengingat sertifikatnya tak kunjung diberikan, Firman 'Idol' lagi-lagi masih berupaya berpikir positif. Ia meyakinkan diri dengan anggapan bahwa stasiun televisi penyelenggara Gegar Vaganza tak mungkin menerima sponsor yang tak bertanggung jawab.
ADVERTISEMENT
Beberapa bulan kemudian, tepatnya pada Agustus 2018, ia mendengar kabar bahwa Aishah—peraih juara pertama Gegar Vaganza—mengungkap kepada publik perihal hadiah berlian yang diterima ternyata palsu.
"Yang juara 1 saja palsu, apalagi yang juara kelima, saya pikir begitu. Tapi, lagi-lagi saya lupakan saja. Nah, kemarin pagi (Kamis (18/7), muncul lagi beritanya Aishah. Dia memenangkan kasus itu. Dia menuntut dan diganti senilai perhiasannya," tutur Firman 'Idol'.
Ia tergugah memperjuangkan haknya sebagaimana yang Aishah lakukan. Hanya saja, sebelum menyeret Datuk Seri Vida selaku sponsor hadiah berlian itu, Firman 'Idol' berupaya menempuh cara kekeluargaan.
Lelaki kelahiran 3 November 1978 tersebut kemudian mencoba menghubungi Datuk Seri Vida dan menanyakan secara baik-baik perihal dugaan bahwa anting berlian yang didapatnya palsu. Namun, ia tak kunjung mendapat respons.
ADVERTISEMENT
"Saya sempat tanya bos televisinya. 'Ah, itu orang memang penipu. Sudah, Firman, kamu blow up saja. Coba tunggu, tapi saya rasa dia tak akan balas.' Sampai saat ini, chat saya belum dibalas juga," tuturnya.
Menurut Firman 'Idol', pengacara yang mendampingi Aishah dalam kasus tersebut telah menghubunginya untuk menawarkan bantuan hukum. Hanya saja, ia masih ingin menanti iktikad baik Datuk Seri Vida.
"Tunggu dulu. Kalau hari ini benar-benar enggak ada respons, saya akan ke jalur hukum. Tapi, selain itu saya juga mau kembali ke toko perhiasan untuk pastikan apakah berlian ini asli atau tidak," pungkas Firman 'Idol'.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·