kumparan
6 Jul 2018 20:30 WIB

Gara-gara 'Si Doel', Maudy Koesnaedi Jadi Makin Cinta Budaya Betawi

Maudy Koesnaedi, pemeran Zaenab di film Si Doel (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Aktris Maudy Koesnaedi terpilih menjadi salah satu None Jakarta pada 1993. Dari situ, dia mulai banyak mempelajari tentang budaya Betawi. Dari yang awalnya mempelajari, akhirnya menimbulkan rasa cinta terhadap kebudayaan Betawi.
ADVERTISEMENT
Satu tahun setelahnya, Maudy mulai terjun ke industri hiburan Tanah Air. Perempuan kelahiran Jakarta itu bermain dalam sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’.
Di 'Si Doel Anak Sekolahan', Maudy dipercaya untuk memerankan sosok Zaenab, seorang gadis Betawi. Pemain film ‘Garuda di Dadaku’ ini beradu akting dengan mendiang Benyamin Sueb, Rano Karno, Mandra dan pemain lainnya yang kental akan budaya Betawi. Hal itu membuatnya semakin cinta pada kebudayaan Betawi.
“Kerja sama yang singkat dengan keluarga ‘Doel’ ini memberikan pengalaman, membuka mata saya dan menambah kecintaan saya terhadap dunia Betawi,” kata Maudy saat ditemui di TPU Karet Bivak, Jakarta Selatan, Jumat (6/7).
Lantaran semakin mencintai budaya Betawi, perempuan berusia 43 tahun itu sempat berseloroh bahwa dia lebih memahami budaya tersebut dibandingkan dengan Sunda.
ADVERTISEMENT
“Masuk (sinetron), eh malah semakin dalam (cinta Betawi). Jadi, akhirnya saya lebih ngerasa lebih paham Betawi daripada Sunda, padahal saya orang Sunda,” kata Maudy
Hari ini, para pemain film 'Si Doel The Movie', seperti Maudy, Rano Karno, Suti Karyo, dan Mandra, melakukan napak tilas sekaligus ziarah ke makam pemain sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’, yakni Benyamin Sueb, Pak Tile, dan Basuki. Saat napak tilas, para pemain mengenang mereka.
Maudy misalnya. Meski jarang mengobrol dengan Benyamin, dia mengaku mengagumi sosok pemain film 'Samson Betawi' itu.
“Kemarin juga saya sama keluarga Abang None bikin atribut buat Babeh (Benyamin). Biografi dari beliau kecil sampai enggak ada. Melihat apa aja sifat-sifat yang membuat jadi legenda seperti sekarang,” ucap Maudy.
Foto pemeran film ‘Si Doel The Movie’ di makam Benyamin Sueb, TPU Karet Bivak. (Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan)
Setelah banyak membaca biografi tentang sosok Benyamin, Maudy menganggap bahwa pria yang wafat di usia 56 tahun itu,memiliki kepribadian yang pandai bekerja dan memiliki bakat yang luar biasa, terutama dalam bernyanyi. Selain itu, menurut dia, Benyamin merupakan sosok legenda Betawi.
ADVERTISEMENT
“Dari sosok Benyamin ini, saya pribadi dan anak-anak teater Abang None memainkan ini dengan tokoh Benyamin bukan hanya sebagai sosok babeh di keluarga ‘Si Doel’, tetapi juga seorang legenda Betawi dan banyak sekali yang bisa kita ambil dari sosoknya,” ungkap Maudy.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·