kumparan
18 Sep 2019 20:47 WIB

Ikut Panjat Dinding di '6,9 Detik', Ariyo Wahab Jadi Susah Mandi

Ario Wahab di Konferensi pers film ‘Love For Sale 2’. Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Kisah inspiratif atlet panjat dinding Indonesia, Aries Susanti Rahayu, diangkat ke layar lebar lewat film '6,9 Detik'. Disutradarai oleh Lola Amaria, Aries memerankan dirinya sendiri, sementara Ariyo Wahab dipilih untuk berperan sebagai pelatihnya, Hendra Basir.
ADVERTISEMENT
Ariyo mengaku agak kepayahan dalam mendalami karakter Hendra. Sebab, waktunya tidak banyak untuk mencari referensi diri Hendra yang ternyata tidak terlalu suka diekspos.
"Referensiku paling cuma dari satu atau dua kali interview sama Mas Hendra. Akhirnya, ya, aku banyak ngobrol sama sutradara Lola, tanya gimana caranya atau apa yang mau diambil dari Mas Hendra. Di film, aku tumpahkan saja semua," ungkap Ariyo ketika ditemui di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/9).
Selain ditantang untuk mendalami karakter Hendra dalam waktu yang sempit, ia juga ditantang oleh Lola untuk melakukan olahraga panjat dinding. Ia sempat enggan, karena merasa perannya hanya sebagai pelatih, bukan atlet.
"Lola bilang, 'Yo, lo ikut manjat, ya. Latihan, workshop'. Gue balikin, 'Hah? 'Kan gue pelatih', tapi Lola kekeuh," tuturnya seraya tertawa.
ADVERTISEMENT
Baru sekali melakukan panjat dinding, Ariyo mengaku tidak mengalami cedera atau terluka parah. Lucunya, panjat dinding malah membuatnya kesulitan untuk mandi.
"Luka, sih, enggak terlalu (parah), cuma besoknya enggak bisa mandi saja, sabunan susah banget. Aku, sih, memang sering push up, plank, sepedahan. Cuma, otot yang dipakai untuk manjat 'kan beda, ya. Cuma, ya, sudah, aku coba terus saja, menyesuaikan diri," kata Ariyo Wahab.
Pelatihan panjat dinding juga dirasa membantu Ariyo untuk mendalami karakternya di film '6,9 Detik'. Sebab, ia jadi lebih mengapresiasi prestasi Aries di Asian Games 2018.
"Pelatihan itu membuat aku semakin kagum sama Aries. Karena dia bisa manjat hanya dalam waktu 7 detik. Aku 10 menit saja enggak sampai-sampai," tutup Ariyo Wahab.
ADVERTISEMENT
Film '6,9 Detik' bercerita tentang perjuangan hidup Aries sebagai atlet, hingga dirinya mencatatkan rekor hebat di Asian Games 2018. Film ini rencananya rilis 26 September mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan