kumparan
13 Jun 2018 9:35 WIB

Indah Dewi Pertiwi Ingat Masa Lalu Jadi Model Majalah Dewasa

Video
Indah Dewi Pertiwi, penyanyi yang namanya mulai melejit berkat lagu 'Hipnotis' di tahun 2010, menyambut bulan Ramadhan 2018 ini dengan berhijrah. Ia mulai menutup aurat dan berusaha menjadi individu yang lebih baik lagi sejak April lalu.
ADVERTISEMENT
Jika kita menengok ke belakang, sosok Indah ternyata juga pernah mengalami dinamika hidup yang hanya diwarnai oleh nafsu duniawi. Ia pernah menjadi model majalah dewasa, bahkan jauh sebelum namanya dikenal sebagai penyanyi seksi. Saat itu, usianya masih menginjak belasan tahun.
Kisah itu diceritakan oleh penyanyi berusia 27 tahun ini saat berbincang bersama kumparan di kediamannya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, dipandu oleh Ustaz Erick Yusuf.
Indah Dewi Pertiwi (Foto: Tomy Wahyu Utomo/kumparan)
"Iya, betul (pernah jadi model majalah dewasa). Waktu itu tahun 2007," ungkap Indah mula-mula, seraya tersenyum malu.
Penyanyi berdarah Sunda tersebut mengaku bahwa saat itu ia bersedia untuk menjadi model majalah dewasa karena dirinya yang masih remaja memiliki hasrat yang begitu besar untuk bisa tampil di depan umum. Segala cara dilakukannya agar bisa menjadi terkenal, kala itu.
ADVERTISEMENT
"Aku senang banget tampil. Waktu itu, ada teman yang nawarin, 'Mau enggak jadi model, tapi di majalah dewasa'. Terus karena keinginan duniawi dan nafsu yang besar, aku bilang, 'Enggak apa-apa deh', dan pada saat itu kita fotonya di Bali," kenang Indah.
"Aku enggak mikir terlalu banyak waktu itu, karena anggap saja seakan-akan mau berenang. Keinginan untuk tampil yang menggebu-gebu buat aku mikir, 'Enggak apa-apa deh tampil di majalah dewasa, yang penting aku bisa tampil'," imbuhnya.
Bakat seni yang dimiliki oleh Indah dan keinginan untuk tampil di depan banyak orang ternyata memang sudah muncul sejak dirinya masih kecil. Dulu, sang ayahlah yang mengenalkan Indah ke dunia seni.
"Kebetulan bapak juga senang sama musik, ya sudah aku senang juga. Dulu aku sukanya musik dangdut. Manggung pas kecil jadi latihan tampil buat aku. Bahkan dulu aku juga penginnya enggak cuma nyanyi, tapi juga main sinetron. Pokoknya, yang penting bisa tampil," tandas Indah.
ADVERTISEMENT
Setelah menjalani profesi sebagai model majalah dewasa selama beberapa waktu, akhirnya tawaran untuk menjadi penyanyi profesional pun datang menghampiri Indah. Ia diajak oleh label musik Keci Music untuk merilis single 'Hipnotis' di tahun 2010.
"Di sana itu, seinget aku, kok ternyata (lagunya) bagus ya, akhirnya dibuatkanlah album. Alhamdulillah, albumnya kita kerjasama sama restoran cepat saji, dan meledak, penjualan bisa sampai 2 juta kopi, di saat pembajakan lagi marak," kata Indah.
Indah Dewi Pertiwi (Foto: Tomy Wahyu Utomo/kumparan)
Dari situ, karier Indah mulai melesat naik di industri musik Indonesia. Ia dikenal sebagai penyanyi yang selalu tampil enerjik di atas panggung. Selain itu, ia juga kerap mengenakan pakaian seksi dalam setiap penampilannya.
Ternyata, ada satu sosok penyanyi yang menjadi kiblat Indah dalam dunia musik. Dia adalah Beyonce. Ia selalu ingin tampil seperti pelantun lagu 'Single Ladies' tersebut saat sedang berada di atas panggung.
ADVERTISEMENT
"Suka banget sama Beyonce, karena perform-nya bagus sekali, enerjik, terus total banget gitu. Jadi, aku kalau mau perform, ya lihat dia, bagaimana sih gayanya. Cuma kan untungnya di Indonesia mayoritas muslim, jadi bajunya enggak seperti itu (seksi) banget, tapi ya memang kebuka," kata pelantun lagu 'Jangan Sedih' itu.
Di balik masa lalu Indah sebagai model majalah dewasa dan penyanyi seksi, ternyata ada sebuah rahasia yang tersimpan di belakangnya. Indah bercerita, semua pekerjaan tersebut rela ia lakukan sebagai bentuk dendam dan pelampiasan atas kondisi keluarganya yang terpecah belah, saat ia sedang beranjak dewasa.
Indah Dewi Pertiwi (Foto: Tomy Wahyu Utomo/kumparan)
Kala itu, di saat usianya masih menginjak 13 tahun, sang ayah meninggalkannya bersama ibu beserta adik-adiknya yang masih kecil. Rasa marah, kecewa, dan benci bercampur menjadi satu di dalam hati Indah.
ADVERTISEMENT
"Di situ aku marah. Dulu mamaku harus bekerja, aku harus ditinggalin, pindah-pindah di rumah saudara, di rumah kakek, numpang gitu, karena kita belum ada uang untuk ngontrak, mama harus bekerja sendiri, jadi asisten rumah tangga dan bawa adik-adik yang masih kecil-kecil," kenang Indah yang mulai menitikkan air matanya.
Perpisahan kedua orang tua juga membuat perempuan yang kerap disapa IDP ini mengenal dunia malam. "Nakal banget aku. Dulu bahkan sampai mengenal dunia malam, ya seperti itulah," terangnya.
Indah Dewi Pertiwi (Foto: Tomy Wahyu Utomo/kumparan)
Penyanyi kelahiran 30 Januari 1991 itu menuturkan bahwa di masa itu sebenarnya ia sedang butuh figur ayah dan ibu sekaligus untuk membimbingnya, sama seperti remaja lain seusianya. Tapi, apa yang ia harapkan berbanding terbalik dengan kenyataan.
ADVERTISEMENT
"Aku enggak terima, bahkan aku sampai ketemu sama bapak, aku marah, dendam. Dulu sempat pas pulang dari rumah bapak sempat ada cekcok, aku sampai bilang 'Aku akan tunjukan, suatu saat aku akan sukses'. Saat itu juga aku bilang 'Enggak apa-apa deh aku jadi model majalah dewasa, yang penting aku tampil, mungkin di situ jalannya aku'. Aku kepengin nunjukin aku bisa, aku mampu dengan keadaan seperti itu," lanjut Indah dengan menggebu-gebu.
Alhasil, berkat kerja keras dan tekat yang kuat, Indah berhasil menjadi penyanyi sukses di usianya yang baru menginjak 20 tahun. Ia bahkan mendapat berbagai macam penghargaan atas karya gemilangnya. Salah satunya adalah dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yang memberinya penghargaan atas penjualan album fisik terbanyak.
ADVERTISEMENT
Dalam story berikutnya, Indah akan bercerita tentang bagaimana kehidupannya berubah setelah menjadi penyanyi sukses di usia muda, serta tentang kegalauan hatinya saat sedang berada di puncak karier. Nantikan kisahnya dalam topik Selebriti Hijrah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan