Pencarian populer

Iwan Fals hingga Adi Putra Masuk Daftar 74 Ikon Prestasi Pancasila

Aksi panggung Iwan Fals saat "Konser Aku Cinta" di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta (30/3). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Pemerintah, melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, baru saja menetapkan 74 Ikon Apresiasi Pancasila 2019. Tokoh yang masuk dalam daftar berasal dari beragam latar belakang, mulai dari penyanyi senior Iwan Fals hingga seniman muda Adi Putra.
ADVERTISEMENT
Adiputra adalah sutradara dan seniman fotografi yang sempat melenggang di karpet merah Cannes Film Festival 2012 lewat filmnya berjudul ‘Adam’ di kategori Short Corner. Saat itu usia Adi masih 22 tahun.
'Adam' diputar bersama film Indonesia lainnya yakni 'Lewat Djam Malam' karya Usmar Ismail (pembuka seksi Cannes Classics) dan 'Postcards From The Zoo' karya Edwin.
Adi juga pernah berkolaborasi dengan musisi Moby di video klip 'A Case For Shame’ serta menggelar pameran foto di Amerika Serikat hingga Jepang. Karya eksperimentalnya mengajak Anda masuk ke dalam dunia surealisme dengan permainan komposisi warna yang nostalgic.
Ada juga Yoseph Anggi Noen, sutradara yang baru saja berkompetisi di Locarno Film Festival di Italia lewat film ‘The Science of Fictions’ serta pasangan Ari Sihasale dan Nia Zulkarnain yang karya selalu memiliki nilai-nilai sosial.
ADVERTISEMENT

Nama lain dari dunia musik mencakup Erros ‘Sheila on 7’, Addie MS hingga Trie Utamie.
Nama yang ada dalam daftar 74 Ikon Apresiasi Pancasila ini dinilai memiliki peran penting dalam mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila dalam karya mereka. Masing-masing nama berkontribusi di bidang masing-masing, mulai dari sains dan inovasi, olahraga, seni budaya, bidang kreatif hingga social entrepreneur. Berikut daftar lengkapnya:
Daftar 74 Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila 2019 Foto: dok.BPIP
Daftar 74 Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila 2019 Foto: dok.BPIP
Daftar 74 Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila 2019 Foto: dok.BPIP
Daftar 74 kon Apresiasi Prestasi Pancasila 2019 Foto: dok.BPIP
Daftar 74 Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila 2019 Foto: dok.BPIP
Daftar 74 Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila 2019 Foto: dok. BPIP
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86