• 27

Julia Perez Meninggal Dunia

Julia Perez Meninggal Dunia


Julia Perez meninggal dunia

Julia Perez meninggal dunia (Foto: Instagram/@anggitheperez)
Setelah berjuang melawan kanker serviks yang dideritanya, Julia Perez mengembuskan napas terakhirnya siang hari ini, Sabtu (10/6), di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Hal itu dikonfirmasi oleh adik Jupe, Nia Anggia, melalui akun Instagramnya.
Jupe diketahui mengidap kanker serviks dengan diagnosa awal stadium 2A pada akhir tahun 2014. Ia sempat menjalani pengobatan di sebuah rumah sakit di Singapura.
Kondisi kesehatan Jupe belum stabil sejak saat itu. Sekarang kanker yang diidap selebriti berusia 36 tahun ini memasuki tahap stadium 4. Bahkan kemudian kaki dan perut Jupe juga sempat membengkak.
Rabu kemarin (19/4), Jupe sempat dikabarkan kritis dan tak sadarkan diri. Namun pada Minggu (23/4), kondisi Jupe disebut keluarga sudah berangsur membaik. Berat badan Jupe beberapa waktu lalu diketahui sekitar 48 kg.
Selebriti berusia 36 tahun ini sudah sekitar 3 bulan menjalani perawatan intensif di RSCM akibat menderita kanker serviks stadium 4 --berkembang makin ganas sejak pertama kali ia idap pada 2014 lalu.
Jupe sebelum ini bahkan mengalami gagal ginjal hingga menjalani operasi besar karena mengalami gangguan pencernaan.
Julia Perez sebenarnya baru saja melangsungkan operasi pencernaan Kamis kemarin (8/6). Operasi itu dilakukan karena adanya gangguan pada alat pencernaan Jupe sehingga ia harus melakukan operasi besar pada bagian perut.
Sahabat Jupe, Ruben Onsu meluapkan kesedihannya melalui postingan di Instagramnya. Ruben mengaku ikhlas melepas kepergian sang sahabat.
Karier Sebagai Pekerja Seni
Sejak tahun 2007, Jupe telah bermain untuk sejumlah film, beberapa di antaranya adalah 'Nagabonar Jadi 2' (2007), 'Beranak Dalam Kubur' (2007), 'Susahnya Jadi Perawan' (2008), 'Jeritan Kuntilanak' (2009), 'Te(Rekam)' (2010), 'Gending Sriwijaya' (2013), dan 'Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar' (2014).
Berkat aktingnya di film 'Gending Sriwijaya', ia berhasil membawa pulang piala Maya untuk kategori 'Aktris Utama Terpilih' di tahun 2013.
Jupe juga memiliki 4 album musik, yakni 'Kamasutra' (2008), 'Aku Rapopo' (2014), 'Dangdut Galau 2016' (2016), dan 'The Best of Julia Perez' (2016). Single-single-nya yang paling terkenal meliputi 'Jupe Paling Suka', 'Aku Rapopo', dan 'Belah Duren'.
Ia juga tergabung dengan grup musik dangdut Trio Cecepy bersama Ayu Ting Ting dan Zaskia Gotik.

Julia Perez

Julia Perez (Foto: Instagram/@juliaperrezz )

Digerogoti penyakit kanker stadium 4
Jupe divonis kanker serviks pada September 2014. Segala cara ia tempuh untuk melawan penyakit tersebut, termasuk menjual mobil hingga rumahnya. Satu bulan kemudian, ia mengungkap bahwa dirinya menderita kanker stadium 2 dan harus segera dioperasi. Ia pun bertolak ke Singapura untuk menjalani pengobatan.
[Baca juga: Mengenang Jupe]
Di tahun 2015, Jupe mengumumkan bahwa ia sudah sembuh total dari penyakit kanker. Namun, pada Juni 2016, ia kembali dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Di akhir tahun 2016, Jupe mengatakan bahwa kanker serviks yang dideritanya telah memasuki stadium 4.
Ya, perjuangan Jupe selama 2 tahun terakhir ini memang tak bisa dibilang mudah. Dengan tegar, menghadapi kenyataan pahit akan kehidupannya itu. Tak hanya harta yang menyusut, fisiknya juga ikut menyusut. Rambut hitamnya juga habis karena efek kemoterapi yang ia jalani.
Jenazah Julia Perez dibawa dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ke rumah duka di kediamannya di Perumahan Raffles Hills, Cluster Beauty, Blok X, Nomor 6, Cibubur, Jakarta Timur.
Pantauan kumparan (kumparan.com), jenazah Jupe dibawa dengan ambulans. Sejumlah rekan sesama artis ikut mendampingi jenazah Jupe mulai dari kamar, lalu digotong ke ambulans untuk menuju rumah duka.
Tampak Ruben Onshu, Luna Maya, dan Zaskia Gotik yang ikut mengantar jenazah Jupe dari kamar rumah sakit ke ambulans untuk kemudian menuju rumah duka. Ruben tampak masuk ke ambulans untuk menemani Jupe. Adik Jupe, Nia Anggia juga terlihat masuk ke dalam ambulans.
Luna Maya yang mengenakan kemeja berwarna hijau juga tampak berdiri di sisi jenazah Jupe yang hendak dimasukkan ke dalam ambulans. Jupe rencananya akan dimakamkan di TPU Pondok Ranggon, Cipayung sore ini.
Mantan suami Jupe, Gaston Castano kaget mendengar kabar meninggalnya orang yang pernah sangat dekat dengannya itu. Gasto tak kuasa menahan air mata. Kini dia tengah berjuang mencari tiket dari Thailand agar bisa melayat Jupe.
Kepada kumparan (kumparan.com), Gaston sempat menyampaikan kenangannya soal Jupe. Gaston mengenang Jupe sebagai sosok yang kuat dalam menghadapi penyakit yang sudah dideritanya dalam 3 tahun terakhir.
"Dia luar biasa. Dia memang kuat. Tapi Tuhan ada rencana lain buat dia," ujar Gaston ketika dihubungi, Sabtu (10/6).
"Yulia itu manis, yang paling saya suka dari dia, senyumannya," ujar pria asal Argentina tersebut.
Gaston benar-benar merasa kehilangan. Jupe, bagaimana pun pernah menjadi persinggahan hatinya.
Lewat akun instagramnya, Gaston mengenang masa-masa kebersamaan dengan Jupe. Gaston mengawali kenangannya dengan kata pembuka "Selamat jalan, kekasih'.
Sementara itu, salah satu sahabat Jupe, Ustadz Zaki Mirza mengungkapkan obrolan terakhirnya dengan Jupe. Kala masih bisa berbicara, Jupe sempat menanyakan cara meminta maaf kepada seseorang tanpa harus bertemu.
Jenazah Jupe tiba di rumah duka di Raffles Hills, Cibubur, pukul 14.00 WIB. Teman-teman sesama artis langsung berdatangan ke rumah duka untuk melayat.

Jenazah Jupe diantarkan ke dalam masjid

Jenazah Jupe diantarkan ke dalam masjid (Foto: Kelik Wahyu/kumparan)

Pukul 15.58 WIB, jenazah Jupe disalatkan di Masjid Al Ikhlas, yang berada di perumahan Raffles Hills. Ustadz Zaki Mirza menjadi imam salat.
Setelah disalatkan, jenazah langsung dibawa ke TPU Pondok Ranggon untuk dimakamkan. Jupe akan dimakamkan di di TPU Pondok Ranggon blok AA1.
Pukul 16.35 WIB, jenazah tiba di pemakaman. Suasana penuh sesak, semua orang termasuk warga sekitar berebut tempat demi mendapat terbaik untuk menyaksikan Yulia Rahmawati dikebumikan. Nampak sosok Pretty Asmara, Luna Maya, Ruben Onsu, dan Diana, asistennya, terlihat di pemakaman.
Selain menjadi salah satu orang yang mengangkat keranda jenazah Jupe, Ustaz Zaki Mirza juga bertugas untuk memimpin doa. Ayat-ayat suci Alquran pun dilantunkan, seiring jenazah Jupe diturunkan ke liang lahat. Isak tangis terdengar dari beberapa sisi, seiring kalimat 'Lailaha ilallah' diucapkan dari ratusan mulut yang menyaksikan kepergian Jupe untuk selama-lamanya.
Liang lahat Jupe akhirnya sudah ditutup tanah, lengkap dengan nisan dari kayu tertancap di bagian kepala kuburannya. Terlihat air mata tak berhenti mengalir dair mata sang bunda, Sri Wulansih, dan kedua adiknya, Nia Anggia dan Della Wulan. Ustaz Zaki Mirza kembali membacakan doa, dan pihak kerabat dan keluarga dipersilakan untuk menaburi bungan di atas kuburan Jupe. Sahabatnya, Ruben Onsu, Zaskia Gotik, Ayu Ting Ting, dan Luna Maya juga terlihat menitikan air mata.
Della, sang adik, adalah sosok yang terlihat paling terpukul. Ia terus meremas bunga-bunga yang ditaburi di atas makam kakaknya dan mengelusnya berulang kali seakan ia belum bisa mengikhlaskan sang kakak. Di satu sisi, Ustaz Zaki Mirza masih melantunkan ayat suci Alquran mengggunakan mic.
Pukul 17.20 WIB, pemakaman ditutup dengan surat Al-Fatihah.

HiburanSelebritiJulia PerezJupe MeninggalBerita Duka

500

Baca Lainnya