Pencarian populer

Jussie Smollett Bebas dari Penjara Setelah Bayar Jaminan Rp 1,4 M

Jussie Smollett berjalan keluar dari Cook County Department Correction setelah mendapat jaminan di Chicago, Illinois, AS. Foto: REUTERS/Joshua Lott

Aktor Jussie Smollett menjadi tersangka atas kasus dugaan kekerasan rasial palsu yang ia rencanakan sendiri. Dia pun ditangkap kepolisian Chicago atas kasus tersebut pada Kamis (21/2) waktu setempat.

Dilansir Deadline, Smollett sempat mendekam di penjara selama beberapa jam sebelum dia dipanggil untuk sesi court hearing. Saat court hearing, sejumlah bukti disertakan, yakni pesan singkat antara Smollett dan kakak-beradi Osundairo, Olabinjo dan Abimbola.

Dari isi pesan singkat tersebut, ketiganya saling berkomunikasi dan merencanakan penyerangan sejak bulan lalu, mulai dari menyiapkan uang untuk membeli barang-barang, membeli narkoba, merencanakan tempat untuk bertemu, dan memastikan topi bertuliskan 'Make America Great Again' digunakan saat penyerangan.

Jussie Smollett berjalan keluar dari Cook County Department Correction setelah mendapat jaminan di Chicago, Illinois, AS. Foto: REUTERS/Joshua Lott

Di luar ruangan, Asisten Jaksa Wilayah untuk Kantor Kejaksaan Cook County, Ressa Lanier, mengungkap bahwa rencana awalnya, Smollett meminta untuk diguyur bensin, bukan pemutih seperti yang sudah terjadi. Penyerangan tersebut juga tadinya hendak dilakukan pada 28 Januari. Tapi, karena pesawat yang ditumpangi Smollett dari New York ke Chicago mengalami delay, penyeragan terpaksa dilakukan keesokan harinya.

Smollett hanya menggelengkan kepalanya saat bukti-bukti tersebut dibacakan. Kedua matanya juga kerap bergerak ke kanan dan ke kiri sambil sesekali dirinya menarik napas panjang.

Jussie Smollett berjalan keluar dari Cook County Department Correction setelah mendapat jaminan di Chicago, Illinois, AS. Foto: REUTERS/Joshua Lott

Setelah sejumlah bukti dibacakan, Smollett diminta menyerahkan paspornya untuk mencegahnya pergi ke luar negeri. Pemeran Jamal Lyon dalam serial 'Empire' ini juga diminta untuk membayar jaminan sebesar USD 100 ribu atau Rp 1,4 miliar. Dia juga diminta untuk lebih dulu memberikan USD 10 ribu atau Rp 140 juta sebagai 10 persen dari total uang jaminannya.

Salah satu pengacara Smollett, John Prior, mengklaim Smollett perlu kembali bekerja untuk syuting serial 'Empire'. Court hearing pun selesai dalam waktu kurang dari 15 menit.

Sebelum court hearing selesai, Hakim John Lyke menyebut dugaan serangan palsu yang dilakukan Smollett sangatlah keterlaluan dan hal itu merupakan perbuatan tercela jika sang aktor ternyata bersalah. Pihak Jussie Smollett pun menjawab bahwa pihakya siap menghadapi dakwaan yang akan datang demi membersihkan namanya.

Jussie Smollett berjalan keluar dari Cook County Department Correction setelah mendapat jaminan di Chicago, Illinois, AS. Foto: REUTERS/Joshua Lott

Smollett meninggalkan penjara Cook County, Illinois, AS, dan langsung pergi menuju lokasi syuting musim ke-5 'Empire'.

"Tuan Smollet adalah pria muda dengan karakter dan integritas sempurna yang dengan sengit dan sungguh-sungguh, mempertahankan kepolosannya dan merasa dikhianati oleh suatu sistem yang tampaknya ingin melewati proses hukum dan langsung menuju hukuman," bunyi pernyataan dari pihak Smollett beberapa jam setelah Smollett melakukan court hearing.

"Hari ini, kami menyaksikan tontonan penegakan hukum terorganisir yang tidak memiliki tempat dalam sistem hukum Amerika. Anggapan tidak bersalah, landasan dalam mencari keadilan, diinjak-injak dengan mengorbankan Tuan Smollett, terutama menjelang pemilihan walikota," lanjut bunyi pernyataan tersebut.

Jika Smollett terbukti bersalah atas kasus dugaan kekerasan rasial yang sebenarnya tidak dialaminya, pemain film 'Alien: Covenant' ini bisa dipenjara selama tiga tahun lamanya.

Aktor Jussie Smollett di kantor Departemen Kepolisian Chicago. Foto: REUTERS

Jussie Smollett mengaku mengalami kekerasan rasial saat dirinya sedang dalam perjalanan kembali ke apartemennya di Chicago, AS. Di perjalanan, dia diserang dua orang tak dikenal yang mengikatkan tali ke lehernya dan mengguyurnya dengan cairan pemutih. Mereka juga menyerang Smollett hingga dirinya mengalami luka ringan sambil meneriakan kata-kata yang berhubungan dengan rasialisme dan orientasi seksual.

Kepolisian Chicago pun menyelidiki kasus yang dialami Smollett. Dua orang yang diduga menyerang Smollett pun diringkus polisi. Mereka adalah kakak-beradik berdarah Nigeria, Olabinjo dan Abimbola Osundairo.

Setelah beberapa hari, keduanya dibebaskan. Berkat mereka, kepolisian Chicago mendapatkan bukti baru terkait kasus penyerangan Smollett. Kabarnya, Olabinjo dan Abimbola sengaja dibayar oleh sang aktor untuk melakukan penyerangan tersebut.

Tak hanya itu, mereka diduga dibayar sebesar USD 3.500 atau sekitar Rp 49, 3 juta untuk menyerang aktor berumur 36 tahun itu. Mereka juga dijanjikan uang tambahan sebesar USD 500 atau Rp 7 juta untuk kepulangan mereka ke Nigeria.

Tak hanya itu, menurut laporan The Hollywood Reporter, Jussie Smollett juga dikabarkan terlihat bersama kakak-beradik Osundairo beberapa jam sebelum dirinya diserang.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33