kumparan
7 Sep 2018 18:25 WIB

Karya Joko Anwar di Serial 'Folklore' Tayang di HBO 7 Oktober

Adegan serial 'Folklore'. (Foto: HBO ASIA)
HBO Asia akan segera merilis serial original antologi horor pertama yang bertajuk 'Folklore'. Dalam serial tersebut, terdapat enam episode berdurasi panjang yang mengambil lokasi di enam negara Asia, yakni Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, dan Thailand.
ADVERTISEMENT
'Folklore' akan mengisahkan berbagai mitos dan takhayul legendaris dari sejumlah negara di Asia yang memiliki ciri khas masing-masing. Setiap episode yang difilmkan akan menggunakan bahasa negara tempat asal cerita. 'Folklore' berusaha menggali disfungsi sosial dengan gaya khas dari setiap negara namun membawa tema yang akan bergaung ke seluruh kawasan Asia.
Sutradara Joko Anwar, dipercaya untuk menggarap legenda mistis Indonesia dalam sebuah episode yang berjudul 'A Mother's Love'. Episode ini akan dibintangi oleh Marissa Anita dan Muzakki Ramdhan.
'A Mother's Love' bercerita tentang seorang ibu dan anaknya yang mendapati sekelompok anak berpenampilan kotor dan kelaparan tinggal di loteng rumah mewah. Ibu dan anak ini berusaha menyelamatkan anak-anak tersebut dan mengembalikan mereka ke keluarganya.
ADVERTISEMENT
Hanya saja, ibu dan anak itu tak sadar jika apa yang mereka lakukan tersebut ternyata mengusik keberadaan sang ibu angkat, yaitu Wewe Gombel. Hantu perempuan yang selama ini diceritakan memiliki sepasang payudara panjang itu merasa jika anak-anaknya direnggut oleh ibu dan anak tersebut. Ia pun mengamuk dan mencoba untuk membalas dendam.
Adegan serial 'Folklore'. (Foto: HBO ASIA)
'A Mother's Love' akan menjadi episode 'Folklore' pertama yang tayang di HBO. Episode ini akan ditayangkan pada Minggu, 7 Oktober mendatang sekitar pukul 21.00 WIB.
Sebelumnya, 'A Mother's Love' terpilih untuk ditayangkan perdana di program Primetime dalam ajang Toronto International Film Festival® (TIFF). Satu episode ‘Folklore’ lainnya juga terpilih untuk tayang perdana di TIFF adalah ‘Pob’, karya sutradara Thailand Pen-Ek Ratanaruang.
ADVERTISEMENT
Terpilihnya ‘A Mother’s Love’ dan ‘Pob’ menandai pertama kalinya serial TV Asia masuk ke dalam program Primetime TIFF, yang dimulai sejak tahun 2015 lalu.
Adegan serial Folklore (Foto: HBO Asia)
'Pob' sendiri bercerita tentang seorang jurnalis yang bertemu dengan Pob, hantu khas Thailand, yang mengaku melakukan pembunuhan. Merasa menemukan tempat berbagi cerita, Pob menjelaskan bagaimana pembunuhan itu terjadi dan meminta kisah tersebut dipublikasinya. Sang jurnalis menolak dan akhirnya membuat kesepakatan seumur hidup. Episode ini ditayangkan pada Minggu, 28 Oktober mendatang.
Selain 'A Mother's Love' dan 'Pob', serial lain yang juga termasuk ke dalam rangkaian serial 'Folklore' adalah 'Tatami' dari Jepang yang tayang pada 14 Oktober, 'Nobody' asal Singapura yang dijadwalkan tayang pada 21 Oktober, 'Toyol' dari Malaysia yang tayang pada 4 November, dan 'Mongdal' yang berasal dari Korea dan akan tayang pada 11 November.
ADVERTISEMENT
Masing-masing episode dalam serial 'Folklore' akan tayang dengan durasi satu jam. Selain di HBO, serial tersebut jika bisa disaksikan di HBO GO dan akan tersedia pula di HBO On Demand. 'Folklore' mulai ditayangkan pada Minggu, 7 Oktober mendatang, dan episode baru selanjutnya tayang pada jam yang sama setiap Minggu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan