Pencarian populer

Kelly Courtney, Guru TK yang Mengedukasi Lewat TikTok

Kelly Courtney. Foto: Alexander Vito Edward Kukuh/kumparan

Mungkin nama Kelly Courtney tergolong asing bagi kebanyakan orang. Namun, bagi komunitas pemain TikTok atau yang biasa disebut TikTokers, Kelly adalah salah satu figur publik yang mengispirasi.

Dalam acara 'TikTok Creator Conference' bertajuk '[REC]reate' di Singapura, Kelly turut menjadi wakil dari Indonesia. Ia bersanding dengan banyak TikTokers ternama dari negara-negara Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Pada kumparan, Kelly terang-terangan bercerita tentang bagaimana TikTok mengubah hidupnya. Ia pun tak ragu menceritakan latar belakangnya sebelum menjadi setenar sekarang.

"Iya, profesi aku itu memang guru TK. Tapi, memang basic aku dancer dan aku suka banget bikin video," ungkap Kelly ketika ditemui di Marina Bay Sands, Singapura, baru-baru ini.

Kelly Courtney. Foto: Alexander Vito Edward Kukuh/kumparan

Sejak dahulu, memang perempuan asal Surabaya itu sudah bercita-cita ingin menjadi penari profesional. Dengan teknologi yang mumpuni, TikTok mampu mewujudkan impiannya.

"Tapi, dance itu 'kan tidak mudah, apalagi kalau dance cover yang harus bisa mengingat betul gimana gerakan-gerakannya. Nah, dengan TikTok ini, aku merasa semua dipermudah," kata Kelly.

"Dengan durasi yang cuma 15 detik, pasti bisa, dong, menghafalnya. Awalnya dengar-dengar doang, sih, dan enggak tertarik, tapi saat aku coba sendiri, kok, seru gitu," sambungnya.

Kelly pun bisa dikatakan sebagai salah satu orang yang mencipta satu tren hashtag challenge di TikTok. Ia pun menginspirasi banyak Gen Z pengguna TikTok untuk menjadi pengguna yang kreatif.

"Waktu itu aku pernah buat '#jwalkchallange'. Jadi, kayak, aku 'kan dancer, tapi tertarik juga sama comedy. Akhirnya, aku gabungin itu dan engagement-nya memang banyak, tuh, yang mengikuti aku seperti itu. Itu banyak banget sih, yang ngikutin sampe aku di-tag gitu sama orang-orang," ujar Kelly.

Meski sangat aktif sebagai influencer TikTok, Kelly tetap peduli pada pendidikan, mengingat profesi aslinya sebagai guru TK.

Karena itu, ia pun memanfaatkan platform tersebut untuk jadi sarana mengajar. Menurutnya, TikTok punya nilai yang lebih dari sekadar hiburan bagi Gen Z.

"Aku biasanya hadir di gathering community. Jadi, diundang ke community di daerah mana gitu dan kita beri mereka edukasi. Bentuk edukasinya mungkin kayak gimana cara membuat video yang kreatif dan baik, juga bisa diterima oleh orang-orang," ujarnya.

Karena prestasinya di TikTok, di kehidupan nyata pun Kelly menjadi guru yang dicintai oleh para orang tua murid. Kelly mengaku, banyak orang tua yang menjadikannya inspirasi bagi anak-anak.

"Orang tua murid-murid aku tuh pada tahu gitu aku main TikTok dan suka tunjukin video-video aku ke anak-anaknya gitu. 'Ini Kak Kelly kreatif, nih', gitu," tutupnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.59