kumparan
15 Sep 2019 17:07 WIB

Kerja Sama Tya Ariestya dan Suami dalam Mengurus Anak

Tya Ariestya bersama anak dan suaminya, ditemui di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (14/9). Foto: D.N Mustika Sari/kumparan
Sejak menikah dengan Irfan Ratinggang pada 2014, aktris Tya Ariestya telah dikaruniai dua orang anak. Mereka adalah Muhammad Kanaka Ratinggang dan Muhammad Kalundra Ratinggang.
ADVERTISEMENT
Soal mengurus anak, Tya dan Irfan selalu bekerja sama. Kata Tya, suaminya kerap ambil bagian dalam mengurus anak di malam hari.
"Kalau malam itu jatah ayah, kalau ganti diapers, terus kalau anak nangis, itu ayah. Kalau siang lebih ke aku, kita banyak bagi tugas, ya," ucap cewek berumur 33 tahun itu saat ditemui di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, baru-baru ini.
Artis Tya Ariestya dan suaminya Irfan Ratinggang saat konferensi pers kelahiran anak ke 2 di RS Bunda Jakarta, Rabu, (2/5). Foto: Ronny
Tya menambahkan, jam kerja suaminya cukup fleksibel. "Jadi, kalau anaknya rewel tengah malam, dia bisa bangun agak siang," tutur Tya.
Terkait anak ke-2 mereka, pemain film 'I Love You Masbro' ini menjelaskan bahwa Kalundra sudah bisa melakukan banyak hal.
"Bisa guling-guling, mulai ngerangkak mundur-mundur, kepala sudah tegak, sudah kuat. Perkembangan cukup cepat, ya. Dia baru tengkurap, sih, lagi aku ajarin telentang," katanya.
ADVERTISEMENT
Tya Ariestya mengaku, Kanaka sangat sayang pada adiknya. Namun, tingkah laku Kanaka yang masih anak-anak kadang tidak bisa diterapkan pada Kalundra yang masih bayi.
"Kadang dia mau sayang adik, mau bercanda, tapi agak kekencengan. Aku biarin, memang. Kalau ada sampai beberapa kali adiknya sampai ketendang dikit, aku liatin saja," jelas Tya.
"Kalau dia enggak nangis, enggak apa-apa. Cuma, kalau adiknya nangis, aku kasih tahu, 'Tuh, adiknya nangis, kamu tadi kekencengan'. Lebih gitu saja, jadi dilibatkan, jangan sampai dilarang," sambungnya.
Bahkan, kata Tya Ariestya, Kanaka pernah membuat menggigit telinga sang adik karena gemas.
"Aku suruh gigit dirinya sendiri. 'Coba kakak gigit tangannya, sakit enggak?' Dia bilang enggak sakit, tapi gigitnya pelan. Terus aku bilang, adiknya masih bayi, jadi kalau masih bayi, gigit-gigit, tuh, sakit. Jadi, enggak boleh gigit lagi, ya," terang Tya.
ADVERTISEMENT
Cewek bernama asli Ariestya Noormita Azhar itu memang menanggapinya dengan santai, tapi tidak dengan Irfan. Tya bilang, Irfan suka panik melihat keadaan seperti itu. Meski dirinya cuek, Tya tetap mengawasi kedua anaknya.
"Kalau kita ke mana-mana yang kedua harus selalu dijagain. Kalau aku lagi ke kamar mandi, harus ada yang nungguin, (entah) asistenku, papaku, mama, atau ayahnya (Irfan). Jangan sampai mereka berdua (bertengkar). Karena 'kan, maksudnya bercanda, tapi jadi kayak berantem," ujar bintang film 'Panggil Namaku Tiga Kali' itu.
Saat ditanya siapa yang paling posesif terhadap anak, Tya melirik suaminya.
"Dia juga, nih, ayah posesif. Di setiap sudut rumah ada CCTV, 'kan bisa lihat di handphone. Jadi, pernah, tuh, 'Babe, anaknya tuh tidur di bawah lantai, tuh', terus dipindahin. Posesif, bapak ini," tutup Tya Ariestya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan