Pencarian populer

Ki Joko Bodo: Aku Udah Dari Dulu Hijrah

Penampilan Ki Joko Bodo. Foto: Jafri Anto/kumparan dan Instagram/@feripurwo

Nama Ki Joko Bodo mendadak ramai diperbincangkan saat ini. Paranormal yang memiliki nama asli Agus Yulianto itu disebut-sebut telah berhijrah.

Kini, Ki Joko Bodo yang biasa dikenal dengan penampilan serba hitam dengan jenggot dan rambut gondrongnya, terlihat berbeda. Ia memilih memotong pendek rambutnya dan mencukur habis jenggotnya.

Lantas, benarkah Ki Joko Bodo mendapatkan hidayah di bulan Ramadhan ini?

"Ah....itu bisa-bisanya media menulis. Sebetulnya dari dulu sudah hijrah. Dari dulu aku sudah begini, sudah berapa tahun ya. Potong rambut juga sudah lama kok," ungkap Ki Joko Bodo kepada kumparan, Selasa (14/5).

Ki Joko Bodo menuturkan bahwa perubahan penampilannya itu bukan sekonyong-konyong karena dirinya ingin disebut religius. Pria berusia 45 tahun ini mengaku mengubah penampilan sesuka hatinya saja.

"Ini hanya penampilan fisik saja. Sebenarnya aku bisa saja kalau mau tetap gondrong, cuma sekarang aku lagi mau berambut pendek. Karena nih ya, kalau dilihat paranormal zaman dulu dan sekarang itu berbeda. Kita harus ikutin zaman, jadi lebih dinamis," bebernya sambil diselingi tawa.

Meski disebut telah berhijrah, namun rupanya Ki Joko Bodo tak pernah meninggalkan profesinya sebagai paranormal. Justru ia menuturkan kalau dirinya hanya berusaha menyeimbangkan kehidupan duniawi dan juga rohani.

"Kalau profesi itu enggak bisa ditinggalkan. Ya, kalau dulu mungkin salatnya jarang, sekarang jadi lebih taat," katanya.

Ki Joko Bodo. Foto: Jafri Anto/kumparan

"Gini, kehidupan dunia ini enggak bisa ... kalau mau akhiratmu maju, jangan meninggalkan dunia juga. Yang jelas, dunia harus seimbang dengan akhirat. Jangan pincang. Jadi, aku tetap salat dan puasa juga, sama aja," tambah Ki Joko.

Ki Joko sendiri mengaku heran saat dirinya disebut hijrah hanya lantaran penampilannya yang kini sudah berbeda dari sebelumnya. Menurutnya, jika seorang manusia ingin berubah menjadi lebih baik, itu sesuatu hal yang wajar.

"Aku tuh enggak memutuskan apa-apa. Emang kalau disebut hijrah tuh gimana sih? Kan aku udah hijrah, dari kecil ke gede aja hijrah. Enggak ada (hidayah) yang penting salat dijalani, zakat dijalani, puasa dijalani," ujarnya.

Ki Joko Bodo menegaskan bahwa dirinya saat ini hanya menjalani hidup yang lebih berimbang dan tak hanya memikirkan duniawi.

"Enggak boleh mikirin dunia doang atau akhiratnya saja. Dulu aku mungkin dieksposenya kehidupan sebagai paranormal, sekarang lebih religius. Tapi secara pribadi aku itu seimbang hidupnya. Dan dalam soal mencari nafkah, masih sama kok," tandasnya

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53