Pencarian populer
​Kidal, Moldy 'Radja' Ciptakan Akor Gitarnya Sendiri
Moldy Radja. (Foto: Instagram @moldy_radja)
Di era 2000-an, para penikmat musik Tanah Air sempat disuguhkan dengan lagu-lagu dari band Radja. Band yang digawangi Ian Kasella, Moldyansyah Kusnadi, Indra Riwayat, dan Seno Wibowo ini terbilang terkenal lewat lagu-lagunya seperti ‘Jujur’ dan ‘Tulus’.
Lagu-lagu Radja tak lepas dari melodi ciamik yang dilantunkan oleh sang gitaris, Moldy. Siapa sangka gitaris kidal ini rupanya membuat akor gitarnya sendiri demi melengkapi keistimewaannya tersebut.
“Kebetulan saya kan mainnya cacat, terbalik. Jadi, menciptakan chord sendiri. Kalau mau belajar kan susah, enggak ada guru kidal,” ungkapnya ketika ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.
Dalam menciptakan akor gitarnya tersebut, ia mencoba menyesuaikan bentuk dasar dari sebuah akor yang ada. “Saya menciptakan akor sendiri yang sebisa mungkin saya bentuk sendiri akor itu sesuai dengan gitar orang kanan. Saya coba bermain dengan akor saya sendiri dengan cara kidal,” kata pria berusia 42 tahun itu.
Moldy menampik dugaan orang yang menyebutnya membalik senar untuk tetap dapat bermain dengan akor normal. Menurutnya, lantaran keterbatasan alat, Moldy memilih untuk untuk menciptakan akornya sendiri. “Susah minjem gitar orang (kalau dibalik). Saya kan biar gampang minjemnya,” ujarnya.
Moldy mengaku bahwa saat belajar bermain alat musik petik itu, ia memang lebih sering meminjam gitar dari sekolahnya. Moldy mengaku jatuh cinta dengan gitar sejak duduk di bangku SD.
“Kalau saya kan otodidak, apa yang saya lihat, saya dengar, saya tiru, saya memplagiat orang-orang hebat, saya suka style gitarnya Paul Gilbert, saya contoh gaya blues-nya,” terangnya.
Permainan gitarnya yang terbalik itu diakui Moldy sebagai sebuah atraksi di atas panggung guna menghilangkan jenuh para penonton. Menurut gitaris kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan itu, bermain dengan cara terbalik juga dilakukannya karena melihat salah satu musisi legendaris dunia.
“Waktu gaya terbalik itu yang pertama kan Jimi Hendrix, kan. Saya mainnya sama terbaliknya, cuma senarnya enggak saya balik,” pungkasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: