Pencarian populer
Kilas Balik Tyo Nugros, Mantan Drummer Dewa 19 yang Tampak Awet Muda
Tyo Nugros (Foto: Instagram @realnugros, YouTube Aquarius Musikindo, Infografik: Nunki Lasmaria Pangaribuan)
Para penggemar Tyo Nugros sontak kegirangan. Mereka dikejutkan dengan pengumuman di media sosial bahwa pemain drum kelahiran 21 Desember 1970 itu akan turut beraksi dalam konser 'Dewa 19 Reunion Live in Malaysia feat Ari Lasso & Once Mekel' di Stadium Malawati, Shah Alam, pada 2 Februari mendatang.
Sejak masih menjadi personel Dewa 19, Tyo memang cukup populer, bukan hanya lantaran kepiawaiannya dalam menggebuk drum, melainkan juga berkat wajahnya yang tampan. Kini, tak sedikit yang sependapat bahwa ia justru tampak kian memikat di usia 48 tahun.
Mengilas balik, pemilik nama lengkap Setyo Nugroho tersebut telah dekat dengan musik sejak kecil. Sang ayah mengajarinya memainkan berbagai alat musik di rumah, terkecuali drum.
Tyo Nugros (Foto: Instagram @realnugros)
Meski kerap bermusik, Tyo sesungguhnya jatuh hati pada olahraga bela diri. Namun, cita-citanya untuk menjadi atlet tak kesampaian. Ia pun memutuskan untuk menekuni drum, alat musik yang dirasa paling sejalan dengan olahraga tersebut.
Tyo tak main-main dalam menggeluti dunia drum. Ia mempelajarinya secara formal di Sekolah Musik Farabi hingga Percussion Institute of Technology (PIT) Musicians Institute (MI) di Hollywood, Amerika Serikat.
Kariernya di industri musik Indonesia berawal ketika Tyo bergabung dengan Getah pada 1996. Dalam grup band beraliran rock itu, ia menggantikan Reeve yang harus kembali ke Amerika Serikat.
Tyo Nugros di Video Klip Dewa 'Separuh Nafas' (Foto: YouTube Aquarius Musikindo)
Bungsu dari lima bersaudara tersebut memutuskan hengkang dari Getah ketika mendapat tawaran untuk bergabung dengan Dewa 19. Pada 1999, Tyo resmi menempati posisi drum dalam grup band yang dibentuk pada 1986 itu.
Saat Tyo bergabung, Dewa 19 sesungguhnya sedang berada dalam masa sulit. Bagaimana tidak, hanya tersisa Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan (gitar) dalam grup band tersebut setelah Wong Aksan dikeluarkan karena permainan drumnya yang kental dengan jazz serta Ari Lasso (vokal) dan Erwin Prasetya (bas) didepak akibat terjerumus narkoba.
Tanpa disangka, meski kehilangan vokalis setelah berhasil menelurkan empat album yang laris manis, Dewa 19--yang kala itu menggunakan nama Dewa--justru mencapai puncak keemasan. 'Bintang Lima' (2000), album kelima Dewa dengan Tyo sebagai pemain drumnya, meledak di pasaran dan menjadi album terlaris sepanjang karier grup band tersebut.
Tyo Nugros di Video Klip Dewa 'Risalah Hati' (Foto: YouTube Aquarius Musikindo)
Imbasnya, nama Tyo ikut melambung. Ia menjadi bagian dari kejayaan Dewa 19 melalui sejumlah lagu hit, seperti 'Roman Picisan', 'Separuh Nafas', 'Cemburu', 'Risalah Hati', dan 'Lagu Cinta'.
Masih bersama Tyo sebagai pemain drum, Dewa 19 merilis album 'Cintailah Cinta' pada 2002 dan 'Republik Cinta' pada 2006, serta mengadakan konser di berbagai negara, seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, hingga Australia.
Tyo kemudian memutuskan untuk hengkang dari grup band yang telah membesarkan namanya itu pada 2007. Desas-desus menyebutkan cedera pergelangan kaki menjadi salah satu alasannya undur diri.
Electron 45, grup musik Tyo Nugros (Foto: Instagram @realnugros)
Meski demikian, Tyo tak lantas benar-benar undur diri dari dunia musik Tanah Air. Sempat menggeluti bisnis bersama sejumlah rekan, menjelang akhir 2014 ia mengaku sedang mempersiapkan karya terbarunya bersama Electron 45.
Dalam grup musik itu, ia tak hanya menjadi pemain drum, melainkan juga manajer, produser, konseptor, hingga pencipta lagu. Beraliran modern pop rock, Electron 45 beranggotakan Dmust Akira (synthesizer, backing vocal, dan rap), DJ Romi (gitar, programming, dan synthesizer), serta Dearly Dave Sompie alias Dirly (vokal).
Tyo, bersama Electron 45, merilis album perdana bertajuk 'Cerita Hidup' pada awal 2015. Single perdananya berjudul 'Ambigu'.
Direct Action (Foto: Albert Wolf/onik+PR)
Tyo kemudian bergabung dengan grup musik Direct Action pada 2017. Ia bersama seorang personel lainnya, Joseph Saryuf, kemudian merilis single beraliran math rock berjudul 'Blush Blush'.
Ia juga bermusik bersama Aryo Wahab, Noey 'Java Jive', dan Kin 'The Fly' melalui grup musik yang diberi nama T.A.N.K, sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing dari mereka.
Bicara menyoal asmara, pada awal tahun 2000-an, Tyo sempat menjalin kisah cinta dengan Audy Item. Hubungan mereka kandas pada 2004. Kala itu, isu adanya orang ketiga di antara mereka santer terdengar.
Audy Item dan Alexandra Gottardo (Foto: Munady Widjaja)
Ialah Alexandra Gottardo, yang diduga menjadi orang ketiga dalam hubungannya dengan Audy. Namun, Tyo membantah gosip itu. Menurutnya, mereka baru saling mengenal dan menjalin kedekatan setelah kisah cintanya dengan Audy berakhir.
Empat tahun kemudian, yakni pada 2008, jalinan asmara antara Tyo dan Alex berakhir. Dalam sebuah wawancara, Alex mengatakan bahwa perpisahan itu sudah mereka sepakati bersama.
Setelahnya, kehidupan asmara Tyo Nugros tak lagi tercium publik. Hingga kini, menjelang usia 50 tahun, ia belum pernah menikah alias masih melajang. Dengan paras dan penampilan yang tampak kian memesona, tak mengherankan jika dirinya menjadi idola banyak perempuan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: