kumparan
18 Apr 2018 20:02 WIB

Korban Abu Tours Nantikan Dukungan Dewi Gita

Dewi Gita. (Foto: Munady Widjaja)
Belakangan ini, kasus yang menimpa jemaah umrah nampaknya sedang marak terjadi. Abu Tours menjadi salah satu biro perjalanan umrah yang harus berurusan dengan hukum setelah terbukti tak dapat memberangkatkan lebih dari 80 ribu orang.
ADVERTISEMENT
Dewi Gita menjadi salah satu artis yang turut menjadi korban dalam penipuan tersebut. Ia bahkan telah membeli enam paket umrah untuk keluarga dan asistennya sejak Agustus 2017. Hingga kini, keenamnya pun belum diberangkatkan.
Kini, para mitra dan agen travel Abu Tours yang juga menjadi korban sedang menuntut hak mereka. Didampingi kuasa hukum mereka, M. Zakir Rasyidin, orang-orang itu menagih hak mereka.
Nina Hadi dan kuasa hukum, M. Zakir Rasyidin. (Foto: Giovanni/kumparan)
“Hari ini kita datang ke kantor pengurus kemudian kita menindak-lanjuti putusan Pengadilan Negeri Makassar yang kaitannya dengan pembayaran utang dari Abu Tours kepada jemaah,” kata Zakir ketika ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (18/4).
Menurutnya, sebagai salah satu korban, kehadiran Dewi sangat dinantikan untuk meperjuangkan hak-hak mereka bersama. Namun, Dewi masih belum sempat merespons ajakan tersebut.
ADVERTISEMENT
“Kita minta pada Ibu Dewi Gita juga, paling tidak ikut men-support langkah daripada para korban-korban. Karena bagaimana pun, juga Beliau adalah korban yang sama-sama senasib dengan korban lain,” katanya.
Meski begitu, Zakir berkata bahwa dirinya akan mengambil data pelantun 'Seperti Legenda' itu untuk membantunya mengembalikan haknya. Karena menurut Zakir, angka kerugian yang didapat tentu tidak main-main.
“Kalau satu orang di angka 20 juta (rupiah), empat atau lima orang sudah 100 juta (rupiah). Itu kan uang. Nah, ini yang kemudian kita ajukan tagihannya,” ungkapnya.
Nina Hadi, salah satu agen Abu Tours yang juga sedang memperjuangkan haknya mengaku tak terlalu tahu berapa total kerugian yang dialami oleh istri dari Armand Maulana tersebut. Nina juga mengaku bahwa Dewi memang beberapa kali mengisi acara untuk Abu Tours.
ADVERTISEMENT
“Sebenernya sih, dia enggak mau ya, terlalu diekspos. Cuma kan, karena korban juga,” tutur Nina.
Suasana kantor Abu Tours. (Foto: Instagram/@official_abutourspalu)
Tak hanya Dewi, Nina juga mengaku ada beberapa korban lain yang berasal dari kalangan selebritis. Mereka semua diakui Nina sering terlihat di beberapa acara Abu Tours.
“Ada MC, penyanyi, kebanyakan kalau enggak salah MC. Acara manasiknya kan, Abu Tours selalu 'wah', selalu di hotel,” ujarnya.
Namun, Nina mengaku tak memiliki daftar nama artis yang turut menjadi korban dalam kasus penipuan umrah tersebut. Nina juga menegaskan bahwa tidak pernah ada endorse atau hal serupa yang diberikan kepada penyanyi berusia 47 tahun itu.
“Enggak ada, dia murni bukan endorse, murni jemaah bayar, ya,” pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan