kumparan
11 Okt 2018 16:54 WIB

Kyoto International Film Festival 2018 Resmi Dibuka

Kyoto International Film Festival resmi dibuka, Kamis (11/10/2018). (Foto: Anissa Maulida/kumparan)
Kyoto International Film Festival (KIFF) kembali digelar untuk ke-5 kalinya. Diadakan oleh Yoshimoto Creative Agency sejak tahun 2014, festival film dan seni ini dibuka di Southern Noh Stage, Kuil Nishi Hongwanji, Kyoto, Jepang, pada Kamis (14/10).
ADVERTISEMENT
Acara pembukaan KIFF dimulai dengan acara karpet merah terlebih dahulu, yakni sekitar pukul 13.00 waktu setempat. Di karpet merah, terlihat beberapa pesohor di dunia film, mulai dari artis asal Korea Lim Won Hee dan Park Gyuri 'Kara', para pemain dan kru 'Love Drives You Crazy', duo komedi Miki, hingga Ichiya Nakamura, Chairman KIFF 2018 dan Sadao Nakajima, Honorary Chairman KIFF 2018. Mereka tampil rapi mengenakan gaun dan setelan jas meski cuaca siang itu 20 derajat celcius.
Karpet merah Kyoto International Film Festival. (Foto: Anissa Sadino/kumparan)
Tak hanya orang-orang dari dunia perfilman Jepang saja yang hadir di acara tersebut. Para kru dan pemain 'Bayang', satu-satunya film Indonesia yang tayang di KIFF 2018 pun hadir. Mereka adalah Alfrits John Robert selaku sutradara, Novinta Dhini, eks anggota JKT48 yang menjadi pemeran utama di film tersebut, dan pemain-pemain lainnya.
ADVERTISEMENT
Novinta Dhini, pemain film Bayang di Kyoto International Film Festival 2018. (Foto: Anissa Sadino/kumparan)
Gelaran karpet merah selesai, acara dilanjutkan di dalam kuil dan dibuka dengan penampilan teuchi, tarian dan nyanyian tradisional Jepang dari Gion Kobu yang dilakukan oleh para geisha pada pukul 14.00 waktu setempat. Lebih dari 200 tamu undangan yang hadir langsung pun memenuhi Noh Stage.
Pembukaan Kyoto International Film Festival (Foto: Dok. KIFF 2018)
Presenter Takashi Fujii dan Satomi Hirano pun mempersilakan beberapa orang naik pentas untuk memberikan speech. Beberapa sosok mulai dari Sadao Nakajima, Ichiya Nakamura, ambassador KIFF 2018, Yoshiko Mita, dan beberapa sosok lainnya dari Yoshimoto Creative Agency pun muncul bergantian untuk memberikan speech. Apa yang mereka sampaikan sama, mereka berharap KIFF dapat memperkenalkan dan membawa Kyoto sebagai kota seni di mata dunia.
Karpet merah Kyoto International Film Festival. (Foto: Anissa Sadino/kumparan)
Di acara pembukaan ini juga, diserahkan penghargaan Shozo Makino Award dan Toshiro Mifune Award. Furuhata Junpei membawa pulang Shozo Makino Award, dan Sato Koushi mendapat penghargaan Toshiro Mifune.
ADVERTISEMENT
Acara pembukaan pun berakhir pada pukul 16.00 waktu setempat. Namun, tidak berhenti sampai di situ, acara dilanjutkan ke Hotel Okura Kyoto untuk melaksanakan pembukaan KIFF secara resmi.
Acara dimulai pukul 16.30 waktu setempat di ballroom Hotel Okura. Acara pembukan di hotel ini jauh lebih ramai jika dibandingkan dengan pembukaan di Kuil Nishi Hongwanji yang sangat khusyuk tanpa dekorasi apa pun.
Pembukaan Kyoto International Film Festival (Foto: Dok. KIFF 2018)
Setelah beberapa orang memberikan sambutan, para pelaksana KIFF naik ke atas panggung untuk melakukan pembukaan secara resmi. Mereka memukul sebuah gentong yang disebut dengan kagami biraki dengan palu beramai-ramai pada kehitungan ketiga, hingga bagian atas gentong tersebut hancur. KIFF 2018 pun resmi dibuka.
Acara pembukaan pun berakhir dengan tepuk tangan meriah dan makan malam, tepatnya pada 18.00 waktu setempat.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan