kumparan
25 Mei 2018 17:32 WIB

Lebih Suka Mana, Zoe Saldana sebagai Neytiri atau Gamora?

Zoe Saldana (Foto: IMDB, Wikimedia Commons)
Zoe Saldana merupakan aktris asal Amerika Serikat yang memiliki darah campuran Dominika, Puerto Riko, Lebanon, dan Haiti. Darah campuran tersebut membuatnya memiliki kecantikan yang khas dan eksotis.
ADVERTISEMENT
Keunikan wajah yang dimiliki oleh Saldana ini seringkali ditutupi oleh make up yang tebal dan menakutkan demi karakter yang ia mainkan dalam film. Wanita berusia 39 tahun ini memang tak pernah ragu untuk tampil beda demi terlihat maksimal dalam film.
Selama 18 tahun berkarier di dunia hiburan, Saldana pernah mendapatkan dua peran sebagai alien yang sangat ikonik, yakni Neytiri dalam film 'Avatar' (2009) dan Gamora dalam film 'Guardians of the Galaxy' (2014).
Di bawah ini, kumparan (kumparan.com) akan membandingkan penampilan Saldana dalam dua film tersebut.
1. Zoe Saldana di film 'Avatar'
Zoe Saldana di Film Avatar (Foto: 20th Century Fox/YouTube)
Dalam film besutan sutradara James Cameron ini, aktris kelahiran 19 Juni 1978 tersebut berperan sebagai Neytiri, makhluk Navi yang menghuni planet Pandora. Dalam film ini, diceritakan bagaimana sosok Neytiri yang dilengkapi dengan senjata andalannya begitu tangguh menjaga planet tinggalnya dari kebrutalan manusia-manusia yang serakah.
ADVERTISEMENT
Saat menyaksikan film ini, kita pasti tak akan menyangka kalau ternyata Saldana yang memerankan karakter Neytiri yang bertubuh biru itu. Demi memaksimalkan karakternya, bintang film 'Star Trek' itu harus menggunakan kostum khusus, yang disertai banyak sensor di permukaannya.
Kemudian, dari sensor tersebut, barulah tim produksi film membuat versi CGI-nya dengan menggunakan teknologi yang mutakhir. Saldana tak hanya sekadar mengisi suara Neytiri saja, ia juga harus melakukan serangkaian motion capture agar ekspresi Neytiri dalam film lebih terasa nyata dan natural.
Zoe Saldana di film Avatar. (Foto: YouTube/TheCivicR)
Saat menjalani proses syuting, Saldana mengaku bahwa helm motion capture yang ia gunakan kerap menghalangi dirinya saat akan mengeluarkan emosi dengan maksimal.
"Terkadang mengganggu. Ya, karena kami bekerja dengan tekonologi baru, saat itu kami syuting berkali-kali tanpa sadar apa dan bagaimana alat itu bekerja. Jadi, pasti ada beberapa orang yang frustasi juga," kata Saldana, dikutip dari The Wall Street Journal.
ADVERTISEMENT
"Kami butuh waktu berbulan-bulan untuk melakukan persiapan syuting. Dan saat syuting itu berjalan, kami tahu naskah itu maju mundur. Dan tak peduli seberat apapun kami menjalani proses syuting, kami selalu mengakhirinya dengan sebuah tos," lanjutnya.
Berkat kerja kerasnya dalam film 'Avatar', Saldana berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori 'Best Actress' dalam ajang penghargaan Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films, Empire Awards, dan Saturn Awards 2010.
2. Zoe Saldana di film 'Guardians of the Galaxy'
Zoe Saldana di 'Guardian of the Galaxy' (Foto: Marvel Entertainment/YouTube)
Saldana memerankan tokoh Gamora di film 'Guardians of the Galaxy' besutan James Gunn yang rilis tahun 2014. Sosok Gamora diceritakan sebagai seorang alien yatim piatu yang diangkat anak oleh Thanos dan dijadikan mesin pembunuh. Gamora yang telah dewasa ingin melakukan balas dendam atas insiden yang dialaminya di masa lalu.
ADVERTISEMENT
Jika dalam film 'Avatar' pemilik nama lengkao Zoe Yadira Zaldana Nazario ini harus melakukan serangkaian motion capture dan mengandalkan teknologi CGI untuk mewujudkan sosok Neytiri, hal tersebut tak banyak dilakukannya dalam film 'Guardians of the Galaxy'.
Hanya dibutuhkan keterampilan dari make up artist handal saja untuk menciptakan Gamora, si alien yang berkulit hijau tersebut. Butuh waktu sekitar empat hingga lima jam setiap harinya untuk mengubah penampilan Saldana menjadi Gamora.
Zoe Saldana di Guardian of The Galaxy. (Foto: Instagram @zoesaldana)
"(Butuh waktu) empat jam setiap hari! Namun kita membuat sebuah kemajuan, film pertama kita bahkan bisa sampai lima jam dan berhasil memangkas satu jam!" ucap Saldana dalam sebuah wawancara tentang film 'Guardians of the Galaxy 2' (2017).
Meskipun begitu, namun nyatanya Saldana begitu bersemangat ketika ia mendapatkan tawaran untuk berperan menjadi Gamora ini.
ADVERTISEMENT
"Aku bersemangat ketika diminta bergabung oleh James Gunn dan memainkan karakter bertubuh hijau. Sebelumnya, aku sudah pernah bertubuh biru (Avatar, 2009)," katanya.
Terlepas dari karakternya sebagai Neytiri ataupun Gamora, yang jelas Saldana sangat bangga karena ia pernah memerankan dua tokoh alien yang memiliki warna tubuh berbeda.
“Saya bangga pernah hidup di luar angkasa. Bisa berperan sebagai alien berwarna hijau dan biru, untuk menginspirasi generasi-generasi yang lebih muda,” ucap Saldana dikutip dari Hollywood Reporter.
Nah, setelah melihat perbandingan di atas, kamu lebih suka Zoe Saldana sebagai Neytiri atau Gamora? Tulis komentarmu di bawah ini, ya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·