Pencarian populer

Mardial Gabungkan EDM dan Unsur Dangdut di Lagu 'U Turn'

Musisi Mardial. Foto: Alexander Vito Edward Kukuh/kumparan.

Nama Mardial mungkin sudah cukup populer di kalangan remaja milenial dan pecinta musik EDM. Ya, Mardial adalah salah satu DJ dan produser yang gemar membuat musik dubstep di awal era 2010-an.

Kini, Mardial bergabung ke Uprising Records yang juga menaungi beberapa DJ, produser, dan penyanyi, seperti CVX, Dexfa, Avia Athalia, dan Delia. Ketika Uprising Records bekerjasama dengan Falcon Music, Mardial pun merilis sebuah single bertajuk 'U-Turn'.

Di lagu itu, Mardial berkolaborasi dengan seorang penyanyi muda bernama Moneva. Saat ditemui di RBOJ Cafe, Warung Jati, Jakarta Selatan, Kamis (4/4), Mardial menjelaskan alasan utama mengajak Moneva berkolaborasi.

Loading Instagram...

"Gue suka sama karakter vokalnya dan sudah lama juga sih mau kolaborasi sama dia. Menurut gue dia berkabat dan kebetulan, Moneva itu juga pemain saxophone. Jadi, talenta seperti dia bolehlah kita angkat," ungkap Mardial.

"Ada sedikit permainan saksofon Moneva juga di lagu ini," sambungnya.

Pria yang juga terkenal sebagai 'Mamang Kesbor' itu sempat menjelaskan bahwa lagu 'U Turn' bercerita tentang seorang pria yang ingin agar sang mantan kekasih mau kembali padanya. Ia pun menjelaskan berapa lama proses penggarapan keseluruhan lagu.

"Sebenarnya proses aransemen itu cuma 3 hari, tapi setelah itu diskusinya lama. Gue pertama bikin lirik sendiri, tapi karena enggak pede gue minta bantuan dari Avia Athalia. Proses itu kira-kira 2 minggu. Gue kontak Moneva-nya juga seminggulah," tuturnya.

Loading Instagram...

Lagu 'U-Turn' yang bergenre EDM pun tergolong unik karena Mardial membubuhkan unsur suling dan gendang dangdut. Ia pun menjelaskan alasan utamanya.

"Awalnya banget, unsur dangdut itu datang dari jokes bikinan gue di Youtube. Jadi, kalau gue keluarin single yang serius orang banyak bilang, 'Mana suara koplonya?' gitu," kata Mardial.

"Akhirnya, gue masukin bercandaan itu, tapi di lagu serius. Jadi, ada unsur dangdut yang gue arrange sedemikian rupa supaya nuansanya jadi enggak dangdut," sambungnya.

Meski aneh, Mardial sejak awal yakin bahwa unsur suling dan gendang dangdut akan terdengar manis di lagu 'U-Turn'. Sebab, unsur-unsur seperti itu sudah umum dipergunakan oleh musisi EDM internasional.

"Udah umum sih instrumen alat tiup di EDM. Kan ada Timmy Trumpet dan segala macam. Menurut gue nuansa suara si suling dan trompet itu sama," paparnya.

Musisi Mardial dan sejumlah artis Uprising Records. Foto: Alexander Vito Edward Kukuh/kumparan.

Selain Mardial, ada tiga musisi lain yang merilis single ketika Uprising Records dan Falcon Music bekerjasama. Mereka adalah Night Flight dan Gerald Gerald dengan lagu 'Dalam Sepi', CVX dan Dalia dengan lagu ''Trust', juga Avia Athalia dengan lagu 'Bulan'.

Semua lagu itu rencananya akan dirilis melalui berbagai platform streaming digital dan bisa didengarkan esok hari pada Jumat (5/4).

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20