Pencarian populer

Melly Goeslaw: dari Potret Hingga 'Queen of Soundtrack'

Melly Goeslaw (Foto: Instagram @melly_goeslaw/Munady)

Sejak era '90-an hingga kini, Melly Goeslaw telah mempertahankan eksitensinya di industri musik Indonesia dengan karya-karnya yang luar biasa. Tak hanya karyanya saja, tapi penampilannya pun selalu terlihat berbeda dan mempunyai ciri khas tersendiri.

kumparan akan mengajakmu mengingat perjalanan karier Melly Goeslaw. Simak ulasan berikut ini.

Meliana Cessy Goeslaw mengawali karier bermusiknya dengan suaminya, Anto Hoed, sejak 1988. Kala itu, dia mengeluarkan album berjudul ‘Pilihanku Deritaku’. Namun, keberuntungan belum memihak Melly saat itu.

Tahun 1999, Melly muncul dengan band bernama Potret bersama suaminya, Aksan Sjuman, Nikita Dompas, dan Mery Kasiman. Potret mampu membuat para pendengar ikut menikmati musik mereka, yakni lewat lagu 'Mak Comblang', 'Bagaikan Langit', 'Salah', hingga 'Bunda'.

Masih di tahun yang sama, Melly kembali mengeluarkan album bergenre pop disco yang berjudul ‘Melly’. Melly melantunkan lagu ‘Jika’ yang ia bawakan bersama Ari Lasso, 'Kupu-kupu', dan lain-lainnya dari album itu. Dari situlah kariernya terus menanjak. Tangan dinginnya selalu berhasil menciptakan lagu dan meledak di pasaran.

Sudah 21 tahun Melly berkarya di industri musik Tanah Air. Dia sudah merilis empat album solo, enam album soundtrack film, tiga album kompilasi, dan enam album bersama Potret.

Melly juga mendapat julukan ‘Ratu Soundtrack’ atau ‘Queen of Soundtrack’ karena memang sudah banyak soundtrack film yang memperdengarkan lagu-lagu ciptaan Melly. Beberapa film yang menghadirkan lagu ciptaan Melly di antaranya adalah ‘Eiffel I'm in Love’, ‘Ada Apa Dengan Cinta?’, ‘Ayat-ayat Cinta’, ‘Ketika Cinta Bertasbih’, ‘Heart 2 Heart’, ‘Love Story’, dan masih banyak lagi.

Kurang rasanya jika penyanyi sekelas Melly tidak membuat konsernya sendiri. Pada tahun 2009, pelantun ‘Bimbang’ itu menggelar konsernya yang bertajuk ‘Glow’ di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Sepanjang kariernya, Melly telah membawa pulang beberapa penghargaan, yakni 'Artis Interprestasi Terbaik' di video klip ‘Diam’ pada tahun 1999, 'Penata Musik Terbaik' untuk soundtrack film ‘Ada Apa Dengan Cinta?’, pengalaman sebagai arranger pada tahun 2007, dan Planet Music Special Awards pada tahun 2011.

Ternyata, Melly tidak hanya berbakat dalam urusan musik. Dia pun sempat menjajal kemampuan beraktingnya dalam film ‘Kabayan Jadi Milyuner’ pada tahun 2010 dan ‘Brokenhearts’ pada tahun 2012.

Tidak hanya mendulang kesuksesan sendiri, Melly juga kerap mengorbitkan beberapa artis pendatang baru. Salah satu grup musik besutan Melly adalah Bukan Bintang Biasa atau BBB yang terdiri dari Raffi Ahmad, Dimas Beck, Laudya Cinthya Bella, Chelsea Olivia, dan Ayushita.

Untuk urusan fashion, gaya berpakaian Melly adalah hal menarik yang bisa dibicarakan. Alasannya, penampilan Melly cukup berani dan sering membuat banyak orang berdecak kagum.

Melly memang acap kali tampil luar biasa dengan gaya yang out of the box. Tampilannya memang tidak seperti penyanyi pada umumnya, seperti menggunakan aksesoris dan berbagai hiasan di kepalanya dengan warna-warna nyentrik.

Namun, setelah pergi ke Tanah Suci dan memutuskan untuk berhijab, penampilan Melly pun berubah dan sudah tidak seheboh dulu. Tapi, Melly tetap tak meninggalkan ciri khasnya yang selalu bermain dengan warna dan beberapa hiasan yang menyelimuti tubuhnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: